ukuran kolom rumah 2 lantai dan besi yang dipakai

Kali ini kita bahas mengenai ukuran kolom rumah 2 lantai dan besi yang dipakai tukang bangunan dalam membangun suatu hunian.

Sebenarnya ada banyak faktor yang harus diperhitungkan untuk menentukan dimensi suatu struktur kolom.

Faktor tersebut diantaranya yaitu desain rumah, berat bangunan, beban hidup, beban gempa, beban angin dan yang lainya.

Namun disini kita cari mudahnya saja, biasanya masyarakat pakai kolom seperti apa? sedangkan perhitungan struktur secara teliti itu memerlukan ilmu teknik sipil sehingga bisa menentukan kolom yang kuat namun hemat.

 

kolom 25 x 25

dimensi ini lebih banyak dipakai karena bentuknya persegi empat sama sisi sehingga lebih mudah dalam pembuatan besi tulangan serta cetakan bekisting.

kolom 25 x 25

kolom 25 x 25

Bisa memakai besi tulangan pokok 8bh diamater 12 mm, besi begel dipasang setiap jarak 20mm dengan diamater 8mm.

kolom 15 x 40

Ukuran persegi panjang 15cm x 40cm ini cocok dipakai jika ingin tampilan dinding terlihat rata. Jika tidak ingin ada banyak tonjolan kolom sehingga bisa menyusahkan dalam menaruh perabot juga menambah biaya pekerjaan finishing dinding.

kolom 15 x 40

kolom 15 x 40

Besinya tulanganya bisa pakai 8bh diamater 12mm, sedangkan besi begel atau cincinya bisa menggunakan dimater 8mm dipasang setiap jarak 20cm.

 

itu tadi ukuran kolom beserta besi yang bisa dpakai untuk rumah 2 lantai, itu sudah cukup kuat untuk rumah standar dengan beban lantai 250kg/m2.

Tapi sebenarnya dimensi beserta besi tersebut masih bisa dihemat lagi jika dhitung dengan rumus teknik sipil menyesuaikan dengan desain rumah yang akan dibangun.

One Response

  1. yudha 26 December 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.