Tinggi balok itu apakah sudah termasuk tebal plat lantai? begini penjelasanya

Balok dan plat lantai merupakan bagian dari struktur bangunan yang perletakanya seringkali berdekatan, yaitu balok terletak dibawah plat lantai.

Balok berfungsi untuk menghubungkan antar kolom sekaligus menahan beban dari plat lantai. Sedangkan plat lantai berfungsi untuk menahan beban diatasnya.

Nah.. dalam pelaksanaanya, adakalanya timbul pertanyaan mengenai tinggi balok itu apakah sudah termasuk tebal plat lantai? begini penjelasanya.

Pertanyaan =

Contohnya seperti yang ditanyakan oleh salah satu sahabat ilmusipil ini.

Nur kholis = “Pak balok 15 × 35 itu sudah termasuk plat lantai atau cuma balok saja? Apa balok + plat lantai = 35 + 12 =47 atau 35 sudah termasuk balok dan plat lantai, terima kasih ”

 

Jawaban =

Agar lebih mudah dalam membayangkan sekaligus menjelaskan, maka kita buatkan gambar detailnya satu persatu yaitu potongan balok, plat dan bagaimana ketika keduanya digabungkan.

Detail plat lantai

detail plat lantai

detail plat lantai

Pada gambar tersebut bisa kita lihat detail potongan dak lantai beton bertulang setebal 12cm, memakai besi tulangan dua lapis dimater 10mm dipasang setiap jarak 20cm. Kualitas beton yang dipakai K250.

Tebal plat 12cm ini biasa dipakai untuk rumah tinggal dan perkantoran.

Detail balok

detail balok

detail balok

Pada gambar tersebut dapat kita lihat balok ukuran 15cm x 35cm, memakai besi tulangan pokok 6bh diamater 12mm. juga memakai besi cincin atau begel diameter 8mm dipasang setiap jarak 20cm.

Detail balok dan plat lantai

detail balok

detail balok

Nah.. jika plat dan balok itu digabungkan maka tingginya tetap setebal balok yaitu 35cm, jadi ada sebagian tinggi balok setebal 12cm yang juga berfungsi sebagai plat lantai, dengan kata lain 35cm itu sudah termasuk tinggi balok dan plat lantai. Kalau digambarkan menjadi satu jadinya seperti ini.

detail struktur balok dan plat lantai

detail struktur balok dan plat lantai

 

Jadi jangan salah pasang ya! memang lebih kuat jika tinggi baloknya ditambah tebal plat lantai namun akan terjadi pemborosan penggunaan adukan beton, sambungan besinya juga perlu dikaitkan dengan aman.

Demikian penjelasan sederhana ini semoga bisa memberi manfaat yang luar biasa bagi para sahabat semuanya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.