Takut tidak kuat ketika tetangga merenovasi rumah menjadi bertingkat

Hidup didunia ini tidak bisa seenaknya sendiri, termasuk dalam hal membangun rumah yang lokasinya bertetangga. Contohnya dikomplek perumahan yang seringkali temboknya berhimpitan. Ada potensi takut tidak kuat ketika tetangga merenovasi rumah menjadi bertingkat

Jika bangun rumahnya strukturnya tidak kuat maka tetangganya bisa ikutan khawatir kalau ikut terkena efeknya. Misalnya kalau roboh maka rumah tetangganya bisa ikutan kejatuhan.

Tapi dari sisi tetangga yang melihat juga harus ada dasar kekhawatiranya. Apakah memang struktur rumahnya sudah kuat atau belum. Jika belum maka bisa mengingatkan dengan cara yang baik, pasti akan berterimakasih dari pada terkena musibah dikemudian hari. Jika tidak mampu mengingatkan sendiri maka bisa bermusyawarah di RT, RW, atau kelurahan.

Contohnya pak nandang yang sedang curhat memikirkan rumah tetangga dan bertanya disini tentang renovasi rumah tetangga di komplek perumahan. Jika ada rekan yang mau memberikan tanggapan silahkan dibahas disini.

Nandang Rahmat = “Assalamu’alaikum, saya sedikit curhat saja, di kompleks perumahan saya, ada tetangga renovasi rumah, bagian belakang dapur sampai tengah rumah ukuran kurang lebih 7m x 6 m itu mau dibuat 2 lantai.

Struktur yang saya lihat dikasih cakar ayam ukuran 50cm x 50cm x 25cm, dipasang 6 titik pakai besi 8 mm.

Di sini tadak dipasang kolom struktur yang biasanya, jadi mengandalkan kekuatan dinding dan kolom praktis saja.

Balok nya 15cm x 25cm pakai besi d 8 – 6 behel 6 mm – 200mm. Lantai pakai bondek dan wire mesh m8.

Kepada pembaca khususnya ahli sipil mohon tanggapannya. Atas perhatian dan masukannya trimakasih. Oh iya diatas lantai 2 mau pasang torn yang 500 liter”

 

membangun rumah yang kuat

membangun rumah yang kuat

Pondasi

Kalau kita lihat sekilas ada tambahkan pondasi cakar ayam 50cm x 50cm x25cm itu sudah bagus untuk perubahan rumah 1 lantai standar perumahan menjadi bertingkat. Besinya bisa pakai diamater 10mm.

Kolom struktur

Untuk kolom strukturnya kalau hanya mengandalkan kolom praktis saja itu tidak kuat. Perlu dibuat kolom baru diatas pondasi cakar ayam. Bisa dibuat menempel ke dinding yang sudah ada.

Kolomnya bisa dibuat ukuran 15cm x 40cm, atau 20cm x 20cm dengan besi tulangan pokok 6D10, dan besi begel D8-200. untuk kolom area tandon air perlu dibuat dengan ukuran lebih besar dan besi lebih banyak.

Balok struktur

Balok strukturnya 15cm x 25cm untuk standar rumah tinggal sudah cukup, besi tulangan pokoknya bisa pakai 6D10 dengan begel D8-200. untuk Balok area tandon air bisa diperbesar.

Plat Lantai

Kalau lantainya pakai bondex dan besi wiremesh dengan tebal pengecoran 12cm itu sudah bagus. untuk area dak bisa ditambah pembesian dan tebal cornya.

 

Kurang lebih begitulah sekilas tentang penambahan struktur pada rumah perumahan yang mau direnovasi menjadi 2 lantai. Itu besar kaitanya dengan anggaran biaya sekaligus kekhawatiran tetangga sehingga harus dipikirkan dan dilakukan dengan sebaik mungkin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.