Tabel berat besi

Dalam perhitungan struktur bangunan maupun pembuatan bestat besi diperlukan data berat per m sehingga dapat dihitung total berat struktur yang akan dihitung atau jumlah besi dalam kg yang harus dibeli untuk melaksanakan sebuah kegiatan pembangunan struktur beton bertulang.

Harga besi yang terkadang naik sehingga membuat biaya pembangunan melonjak dapat dihemat dengan cara menghitung struktur bangunan yang menggunakan besi sedikit mungkin namun tetap kuat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut ini tabel berat besi yang dapat digunakan untuk menghitung volume besi atau struktur besi.

besi

 

 

TABEL BESI
BESI BETON POLOS & ULIR
UKURAN BERAT
(mm) (Kg/m)
6 0.221
8 0.395
9 0.500
10 0.617
12 0.888
13 1.040
16 1.578
19 2.223
22 2.985
25 3.853
28 4.830
29 5.185
32 6.313
36 7.990
6p 0.22
8p 0.4
9p 0.5
10p 0.62
12p 0.89
13p 1.04
16p 1.57
19p 2.23
22p 2.98
25p 3.85
28p 4.83
29p 5.19
32p 6.31
36p 7.99

keterangan P = polos, yang tidak ada p nya berarti ulir.

 

Contoh perhitungan volume besi dalam kg

misalnya kita akan membangun suatu bagian struktur bangunan yang membutuhkan besi diameter 8 dengan panjang 22 meter, lalu berapa kg besi dimater 8 yang harus dibeli? karena panjang dan diamter besi sudah kita ketahui maka kita dapat melakukan langkah pertama yaitu melihat tabel berat besi dimana kita lihat berat/m besi diameter 8 menurut tabel adalah 0.395

  • maka volume besi dalam kilo gram =  V= 0.395 x 22 = 8.69 KG
  • Untuk mengetahui jumlah batang bisa dibagi dengan panjang perbatang, jika panjang besi perbuah 11 m maka besi yang dibutuhkan adalah 22/11 = 2 batang

Untuk lebih lengkapnya Baca Juga = Cara menghitung volume besi beton bertulang

Jadi setelah kita hitung total keseluruhan kg besi yang harus didatangkan adalah 8,65 Kg atau 2 batang selanjutnya tinggal datang ke toko bangunan untuk membeli besi sesuai dengan kebutuhan, terkadang juga perlu membeli lebih dari perhitungan sebagai faktor keamanan, buat jaga-jaga kalau ternyata salah hitung, ada kehilangan, atau salah potong 🙂

Ini jika yang kita hitung adalah besi bulat dan apabila menggunakan struktur baja dengan aneka bentuk maka bisa menuju ka artikel download tabel baja untuk perhitungan struktur dalam format microsoft excel yang tersedia dalam berbagai macam ukuran baja sesuai ukuran pabrik yang dijual dipasaran.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

77 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ridwan
Ridwan
12 years ago

sapa bisa bantu saya untuk Pekerjaan Penyusunan Strategi Pengembangan Pemukiman dan Infrastruktur Perkotaan.

abie mulya
abie mulya
10 years ago
Reply to  Ridwan

boleh mas yg penting FEE nya jelas????

zakir
zakir
9 years ago
Reply to  Ridwan

saya bisa mencoba,!?

ang
ang
12 years ago

kalo menghafal segitu banyaknya bisa lupa mas.
asal rumusnya = 1/4 x pi x BJ x d2 x p

didapatkan koefisien 0.006165 kg/mm2/m’ x d2 x p
contoh :
berat per 1 m’ = 0.006165 x (8×8) mm = 0.395 kg/m’
berat per btg = 0.006165 x (8×8) mm x 12 m = 4.74 kg

jadi, cukup mengingat koefisien 0.006165

ahadi
ahadi
12 years ago
Reply to  ang

@ang, wah itu yang ditunggu – tunggu pak, terimakasih atas rumus perhitungan besi tersebut, sedikit menambahkan : 0.006165 x d2 x p , d2 = diameter besi yang mau dihitung di kuadratkan/ pangkat dua, p = panjang besi yang mau di hitung berapa beratnya, 🙂

Amin Zumadi
Amin Zumadi
6 years ago
Reply to  ahadi

selamat sore?
besi beton polos 10 mm,panjang 12 mtr,berat 6,2 kg , untuk kandunganya berapa yah pk ,dan harga brp ?
di tunggu hasilnya pk ?

sigit
sigit
12 years ago
Reply to  ang

@ang, itu untuk besi polos,, trus bagaimana dengan ulir.?? 😀

rustam
rustam
10 years ago
Reply to  ang

Terimakasih sekali atas bantuannya,,semoga ilmu saya bertambah trus

Adisaputra
Adisaputra
6 years ago
Reply to  ang

Terimakasih pak ang, semoga bermanfaat buat semua 😊 berbagi ilmu membangun bangsa hehe

kf48
kf48
12 years ago

mantabbb..saya dapet ilmu yg aplikatif di sini

aang
aang
12 years ago

Thanks atas ilmunya
sangat membantu ni

roytoa
roytoa
12 years ago

@ang:nah aq bingung pke 0.006165 atw 0.006162…..ada dua versi tuh……mana yg benar ya,,,,cb anda cek di berat jenis besi mreka pakai 0.006162…..kalo saya sih biasax 0.006165
tolong donk yg mna yg bener?

Arianto Sumantri
Arianto Sumantri
5 years ago
Reply to  roytoa

yang benar 0.006165, koefisien ini di dapat dari pembulatan rumus 1/4xpi()x7850, dimana angka 7850 adalah BJ baja

Haris
Haris
12 years ago

Terima kasih banyak atas infonya.

suhaemi fattah
suhaemi fattah
12 years ago

Salam, ini kebetulan ada rencana kami membuat pabrik Beton Pracetak sheet pile Tiang pancang dll mohon ada info yang lengkap atau mau kerja sama, terutam pemasok besinya tq

poenggoeng P
poenggoeng P
12 years ago

barang kali bapak bapak yang pumya daftar tabel berat besi baja saya mohon di e-mailkan kepada sata

yono
yono
12 years ago

bos utk profil CNP nya gimana blom ada niiiih

rahmat
rahmat
11 years ago

@aang….makasih banget nih kang..
saya lagi menghitung tulangan abudment..

kebetulan pas banget nemu ilmu anda….

thank u ya

ahmad
ahmad
11 years ago

mas kalo berat jenis pasir besi berapa?

ade
ade
11 years ago

pa..kalo rumus sambungan besi gimana yah

ahadi
ahadi
11 years ago

panjang sambungan besi dihitung dengan rumus 40 kali diameter besi yang digunakan

ade
ade
11 years ago

@ahdi.,trims infonya, kalo yang 1/8h itu rumus apa yah ?

ade
ade
11 years ago

.,trims infonya, untuk yang 1/9h itu rumus apa…/

iva
iva
11 years ago

gmana ngitung berat besi menggunakan sigma ?

Dwi
Dwi
11 years ago

Mohon bantuannya (bung Admin ato siapa saja):
Lantai untuk jemuran tepat di atas kamar 4×5 m (rencana panjangnya akan diubah jd kamar tidur).
Berapa kebutuhan materialnya (besi kolom,pasir,semen,krakal…dsb), misal pasir brp kubik,semen brp sak dsb..
Jika sudah ketemu akan sy hitung nilai rupiah material, shg bisa ketemu budget/anggaran yg harus disediakan khusus utk material (non upah).
Atas bantuannya…Terima kasih.

gagah nugraha
gagah nugraha
11 years ago

siiiip ilmu yang bermanfaat…thx

gubraaksip
gubraaksip
11 years ago

seharusnya seorang engineer udah tau hal begituan, jadi gak harus di publikasikan lagi, apalagi sampe ada yg ucapin trima kasih sgala lagi lebayy ahh..

taufik
taufik
10 years ago
Reply to  gubraaksip

ilmu itu berkembang bung… dengan kita saling sharing ..berarti kita menambah wawasan kita. and belum tentu apa yang kita tau sudah cukup baik..

Gatot Ujianto
Gatot Ujianto
11 years ago

berbagi tabel ilmu sangat membantu meningkatkan SDM kita.,.

77
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x