saran bagi yang mau membeli tanah kavling

Sekedar saran saja bagi yang mau beli tanah kavling agar lancar tanpa masalah dikemudian hari. Membeli tanah itu tidak semudah beli gorengan, bayar sepuluh ribu dapat sebungkus lalu bawa pulang habis dimakan.

Jika membelinya tanah model begini sangat beresiko sekali.

Ada legalitas hukum yang perlu diperhatikan agar tidak menderita kemudian hari.

Setidaknya perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Cek dan minta tunjukin sertifikat aslinya
  2. Cari pemilik lahan aslinya. Tanya apakah sudah dibayar lunas atau belum
  3. Cek di notarisnya apakah sertifikat ditangan notaris
  4. Perhatikan betul status tanah pertanian atau bukan
  5. Saran saja kalo membeli yg sudah pecah.
  6. Cek juga di BPN
  7. Jangan tergiur harga murah, fasilitas lengkap, all in
  8. Transaksi jual beli dan pembayaran secara tertulis dan tanda tangan diatas materai

 

saran bagi yang mau membeli tanah kavling

saran bagi yang mau membeli tanah kavling

Cek surat tanah dan minta tunjukan sertifikat aslinya

Dengan langsung melihat sertifikat asli maka kita bisa yakin bahwa penjual memang benar-benar pemilik sah atas tanah tersebut. Dari situ juga bisa dilihat bagaimana bentuk tanah beserta luas, lokasi serta informasi lain yang berkaitan.

Cari pemilik lahan aslinya, dan tanyakan tanahnya sudah lunas atau belum

Jika membeli lewat referensi makelar tanah maka kita perlu menyelidiki siapa pemilik lahan aslinya.

Temui beliau, sehingga bisa bertanya hal-hal yang berkaitan dengan tanah seperti status sertifikat apakah sedang ditangan atau digadaikan ke bank, sudah lunas dari pembelian sebelumnya atau belum.

Jangan sampai sudah membayar pembelian tanahnya, lalu masih harus melunasi hutang dari pemilik sebelumnya yang berkaitan dengan tanah tersebut.

Cek di notarisnya apakah sertifikat ditangan notaris

Jika penjual menginformasikan bahwa sertifikatnya ada di notaris. Maka sebaiknya segera mendatangi notaris tersebut untuk memastikan bahwa sertifikatnya benar-benar berada ditanganya. Jangan sampai justru sertifikatnya sedang digadaikan ke bank atau koperasi untuk mendapatkan hutangan.

Perhatikan status tanahnya pertanian, pemukiman, atau yang lain

Ini juga sangat penting untuk memastikan tanahnya berstatus apa. Perlu diketahui bahwa tanah yang statusnya pertanian harus diubah dulu sertifikatnya menjadi pemukiman jika hendak mendirikan rumah diatasnya. Hal ini tentu berkaitan dengan biaya yang tidak sedikit.

Ada juga tanah dengan status daerah khusus persawahan yang tidak bisa dirubah menjadi pemukiman. Hal ini berarti dilarang mendirikan bangunan diatasnya oleh pemerintah.

Beli yang sertifikat tanahnya sudah dipecah ke setiap kavling

Pengembang perumahan membeli sepetak tanah luas dengan sertifikat global menjadi satu. Kemudian tanah tersebut dipecah menjadi beberapa kavling untuk dijual.

Nah disitu sertifikatnya juga harus dipecah berdasarkan setiap kavling.

Sebagai pembeli sebaiknya memilih tanah yang sertifikatnya sudah per kavling, karena mengurus dikemudian hari ketika kavlingnya sudah dibeli banyak orang akan lebih ribet dan juga membutuhkan biaya tambahan.

Cek legalitas tanah di BPN

Akan lebih baik jika kita datang ke kantor badan pertanahan nasional untuk mengecek legalitas tanah yang hendak dibeli. Hal ini untuk menghindari adanya sengketa dikemudian hari.

Jangan tergiur harga murah, fasilitas lengkap, all in

Jika memang tanahnya bagus maka sudah pasti banyak peminatnya dan tidak perlu dijual dengan harga murah untuk mendapatkan pembeli. Kecuali pengembangnya sedang baik hati ingin berbagi rezeki. Jadi janganlah tergoda dengan iming-iming harga murah, atau hadiah tertentub sehingga lupa mengecek kondisi serta legalitas tanahnya.

Dalam membayar juga jangan langsung lunas sebelumnya sertifikatnya diberikan.

Transaksi jual beli dan pembayaran secara tertulis dan tanda tangan diatas materai

Lakukan penandatangan diatas materai secara terulis ketika melakukan kesepakatan jual beli atau melakukan pembayaran.

Jangan hanya sekedar kesepakatan lesan saja. Akan lebih baik jika menggunakan jasa notaris terpercaya untuk melakukan transaksi.

 

Demikian beberapa saran bagi yang mau membeli tanah kavling semoga mendapatkan barang yang bagus baik itu dari segi lokasi, harga, maupun legalitas sehingga tidak perlu menanggung masalah dikemudian hari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.