Safety Patrol dan induction untuk menjaga keselamatan kerja proyek

Safety Patrol dan induction untuk menjaga keselamatan kerja proyek merupakan bagian penting dalam rangkaian proses kegiatan pelaksanaan pembangunan, dilakukan oleh petugas khusus, satpam, atau karyawan kontraktor dengan cara jalan-jalan dilokasi proyek, tugasnya melihat keadaan atau item pekerjaan yang sedang dilaksanakan serta kondisi pekerja untuk melihat potensi penyebab terjadinya kecelakaan lalu melakukan upaya antisipasi agar jangan sampai musibah tersebut terjadi. misalnya memasang ralling pada tepi lantai, menutup lobang void dan memantau para pekerja agar selalu mengenakan alat pelindung diri dengan lengkap sesuai item pekerjaan serta kondisi area yang sedang dilaksanakan.

 

Contoh foto safety patrol induction

safety patrol induction

safety patrol induction ( 2 petugas safety sedang memberikan pengarahan kepada para tukang bangunan)

Pada foto tersebut terlihat dua orang petugas safety patrol sedang melakukan induction atau pengarahan sejenak kepada para pekerja sebelum memulai aktifitas pekerjaanya, terlihat seluruh pekerja memakai healm safety dan sepatu, itu bagus. tapi ada pekerja yang memakai celana pendek sehingga perlu diingatkan untuk berganti dengan celana panjang agar kaki aman dari berbagai benturan yang mungkin terjadi.

Sebagai contoh bagus bisa kita lihat dari bapak yang memakai baju warna merah, dari mulai kaki memakai sepatu safety, dipinggang ada safety belt alias sabuk keselamatan, serta dibagian kepala mengenakan helm safety proyek. nah.. yang berbaju warna merah itulah petugas yang melakukan safety patrol dengan memantau kondisi setiap sudut area proyek agar jangan sampai terjadi kecelakaan kerja atau musibah yang tidak diharapkan.

 

Pekerja yang tidak mengenakan alat pelindung diri bisa dikenakan tilang pada saat dilakukan safety patrol, sanksinya bisa dengan cara diberikan teguran agar segera memakainya, atau diberikan sanksi berat berupa dikeluarkan dari lokasi proyek, bisa juga memakai sistem denda pemotongan gaji dengan menahan pembayaran opname subkontraktor atau mandor. hal ini untuk menimbulkan efek jera sehingga pekerja tersebut bisa lebih tertib untuk kedepanya, serta menjadi contoh bagi yang lainya agar jangan sampai macam-macam dengan menyepelekan keselamatan kerja di proyek konstruksi bangunan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.