Safety meeting rapat yang membahas keselamatan proyek

Safety meeting rapat yang membahas keselamatan proyek merupakan acara penting yang perlu diadakan secara rutin dalam proses pelaksanaan proyek, jadwalnya bisa diatur seminggu atau sebulan sekali. meskipun kelihatanya cukup merepotkan dan buang-buang waktu, namun rasa lelah itu akan terbayar ketika proyek selesai dengan tanpa adanya kecelakaan kerja, atau istilah kerenya “zero accident”.

 

Contoh foto pelaksanaan safety meeting proyek

safety meeting proyek

safety meeting proyek

Setiap subkontraktor, pemborong, atau mandor menugaskan secara khusus seorang personil yang bertugas untuk memastikan bahwa setiap pekerjaan yang dilaksanakanya dalam keadaan sudah diminimalisir berbagai kecelakaan kerja yang mungkin terjadi, serta sluruh pekerja yang ada dibawah kendali perusahaanya sudah menggunakan alat pelindung diri serta berperilaku aman dalam bekerja.

Dalam acara safety meeting seluruh personil tersebut diundang untuk berkumpul dalam sebuah ruang rapat atau ditempat yang sudah diinfokan sebelumnya, tujuanya untuk koordinasi, membahas berbagai temuan safety serta menentukan langkah-langkah kedepan yang sekiranya bermanfaat untuk kesehatan, keselamatan serta keamanan kera di proyek konstruksi bangunan.

Perwakilan subkontraktor yang tidak bisa hadir dalam rapat diwajibkan melakukan pemberitahuan sebelumnya, atau jika memang sengaja tidak datang, maka bisa dikenakan denda dengan sistem pemotongan pembayaran, atau opname hasil pekerjaan. hal ini bisa dilakukan apabila sudah disebutkan secara jelas dalam pasal surat perjanjian borong (SPB) mengenai K3.

Rapat bisa dipimpin oleh project manajer atau safety personil dari main kontraktor. temanya disesuaikan dengan waktu serta kondisi pekerjaan yang akan dan sedang dikerjakan, penggalian macam-macam resiko yang mungkin terjadi bisa dilakukan untuk mempersiapkan upaya pencegahan agar tidak sampai terjadi musibah yang tidak diharapkan seluruh pihak.

Di akhir acara, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk menyampakaikan gagasan atau unek-unek yang sebaiknya dijelaskan secara gamblang demi kelancaran penyelesaian pekerjaan proyek. setelah selesai lalu ditutup dengan doa bersama agar selamat.

 

Meskipun safety meeting ini sifatnya penting, namun pelaksanaanya tidak perlu tegang. perlu disediakan makanan cemilan, serta minuman ditambah lagi sedikit guyonan agar rapat tidak menegangkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.