Safety belt sebagai alat pelindung diri saat bekerja di tepi ketinggian

Para pekerja wajib memakai Safety belt sebagai alat pelindung diri saat bekerja di tepi ketinggian untuk menahan tubuh agar tetap aman ketika terpeleset atau terjatuh. bisa dibayangkan bagaimana bahayanya bekerja ditepian gedung pencakar langit, dilantai 40 misalnya, apalagi ketika cuacanya sedang hujan atau sedang panas terik mataari disertai angin kencang, dimana saat itu ketahanan tubuh harus benar-benar kuat agar bisa bekerja sekaligus mempertahankan dari agar tidak sampai terjatuh, namun apabila sampai jatuh maka masih ada safety belt disertai tali yang menahan tubuh, berikut contoh foto dan penjelasanya.

 

Tukang bangunan memakai safety belt saat bekerja di tepi gedung

safety belt pekerja di tepi ketinggian

safety belt pekerja di tepi ketinggian

Pada foto tersebut dapat kita lihat contoh seorang tukang bangunan yang peduli terhadap keselamatan diri, bapak tersebut sedang memasang papan bekisting ditepian gedung yang lantainya tergolong tinggi. ia mengenakan helm proyek, uga safety belt yang terpasang dengan benar, yaitu diikatkan secara kuat pada pinggang, dan tali pengaitnya di kaitkan pada tali tambang yang sudah dipasang secara kuat pada bangunan.

 

Anggapan pekerja yang merasa repot memakai safety belt

Alat ini terlihat sederhana dan mudah digunakan, namun dalam prakteknya ternyata banyak pekerja yang menyepelekan, alasanya hanya kerja di area itu untuk sebentar saja, atau merasa bahwa selama ini bekerja tanpa sabuk pengaman juga aman-aman saja, mereka merasa bahwa alat tersebut merepotkan sehingga tidak memakainya bisa lebih praktis serta tanpa ribet, padahal ibarat peribahawa sepandai-pandai hewan tupai yang ahli melompat, ada saatnya bisa terjatuh juga. begitu juga seorang tukang bangunan yang terkadang ada kondisi tubuh sedang lemah, atau situasi sedang membahayakan, untuk itu memakai safety belt sebagai alat pelindung diri saat bekerja di tepi ketinggian merupakan pilihan bijak.

Petugas safety harus mengawasi, mengingatkan bahkan memberi sanksi untuk memastikan bahwa setiap pekerja yang sedang beraktifitas di tepian tinggi dalam kondisi memakai safety belt atau sabuk pengaman agar aman dari kemungkinan terjatuh, semoga selamat 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.