RKS wewenang pemberi tugas untuk memasuki tempat pekerjaan, fasilitas lapangan

Contoh isi RKS wewenang pemberi tugas untuk memasuki tempat pekerjaan, fasilitas lapangan dalam dokumen rencana kerja dan syarat (RKS) proyek konstruksi bangunan gedung bertingkat tinggi yang pembangunanya dipercayakan kepada kontraktor atau pemborong.

 

WEWENANG PEMBERI TUGAS UNTUK MEMASUKI TEMPAT PEKERJAAN

Pemberi Tugas dan para wakilnya mempunyai wewenang untuk memasuki tempat pekerjaan dan bengkel kerja atau tempat-tempat lainnya dimana Pelaksana Pekerjaan / Pemborong melaksanakan pekerjaan, dan bilamana pekerjaan harus dilaksanakan di bengkel kerja atau tempat-tempat lain kepunyaan Sub-Pelaksana Pekerjaan / Pemborong, maka Pelaksana Pekerjaan / Pemborong menurut ketentuan-ketentuan dalam Sub-Pelaksana Pekerjaan / Pemborong itu harus bisa mendapatkan jaminan agar Pemberi Tugas dan para wakilnya mempunyai wewenang untuk memasuki bengkel kerja dan tempat lain kepunyaan Sub-Pelaksana Pekerjaan / Pemborong.

FASILITAS LAPANGAN

  1. Pelaksana Pekerjaan / Pemborong harus menyediakan atas biaya sendiri fasilitas-fasilitas penunjang yang dibutuhkan didalam pelaksanaan dan menyelesaikan pekerjaan, antara lain :
  • Kantor Pelaksana Pekerjaan / Pemborong.
  • Kamar mandi dan WC lengkap dengan septic-tank untuk kebutuhan para pekerja Pelaksana Pekerjaan / Pemborong.
  • Ruangan-ruangan lainnya seperti gudang bahan-bahan, tempat-tempat kerja, pos keamanan dll.

Bangunan-bangunan yang disediakan harus kuat, cukup luas sesuai dengan kebutuhannya dan dilaksanakan sesuai dengan gambar bestek, bersih, dan lengkap dengan peralatannya dan harus dengan persetujuan Konsultan Pegawas. Semua biaya untuk keperluan tersebut harus sudah termasuk dalam harga penawaran. Setelah diselesaikannya pekerjaan, bahan-bahan bekas fasilitas penunjang tersebut tetap merupakan milik Pemberi Tugas.

  1. Pelaksana Pekejaan / Pemborong harus menyediakan atas biayanya sendiri fasilitas -fasilitas pembantu untuk melaksanakan pekerjaan, seperti :
  • Listrik :

Untuk melaksanakan pekerjaan, keamanan dan penerangan didalam bangunan-bangunan sementara, halaman-halaman dan tempat-tempat pekerjaan yang dianggap perlu.

  • Air bersih :

Yang sesuai untuk kebutuhan, baik untuk pelaksanaan pekerjaan, air minum, kebersihan, air hydrant dll.

  • Alat-alat Pemadam Kebakaran :

Diletakkan ditempat yang strategis dilokasi pekerjaan dan dilengkapi dilengkapi dengan sirine / alarm untuk keadaan darurat (emergency).

  • Alat-alat PPPK :

Harus Lengkap guna keperluan pertolongan pertama pada kecelakaan dan harus selalu berada ditempat pekerjaan.

  • Alat-alat Komunikasi Proyek :

Telepon, handy talki dll.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.