Railing sementara pada lobang void struktur agar aman dari bahaya jatuh

Pembangunan gedung bertingkat tinggi itu rata-rata akan terdapat banyak lobang saat pelaksanaan pekerjaan struktur bangunan, dari mulai lobang tangga, lift, void dan sejenisnya. nah.. lobang tersebut cukup membahayakan apabila tidak dilakukan penanganan dengan baik, berbagai alat dan rambu-rambu perlu dipasang untuk mengamankan seluruh pekerja agar jangan sampai ada yang terperosok jatuh, misalnya dengan memasang railing sementara pada lobang void struktur agar aman dari bahaya jatuh.

Contoh pemasangan railing safety pada lobang void struktur

railing safety lobang void struktur

railing safety lobang void struktur

Pada gambar tersebut bisa kita lihat railing yang terbuat dari besi dirangkai menggunakan sambungan las, besinya bisa memanfaatkan waste sisa potongan di proyek, diameternya juga terserah karena semakin besar tentunya akan semakin kuat, tapi sebaiknya tidak lebih kecil dari diameter 10mm, railing dilengkapi juga dengan garis safety line untuk lebih memperjelas keberadaan lobang tersebut, tidak jauh dari lokasi lobang dipasang rambu-rambu berwarna kuning bergambar simbol orang jatuh disertai dengan tulisan “awas jatuh”. foto tersebut merupakan contoh bagus, namun ada satu hal yang menurut saya akan lebih aman jika posisi pemasangan railingnya tidak terlalu dekat ke tepian, minimal 50cm dari tepi void.

 

Disamping itu area lobang juga perlu dilakukan beberapa tindakan lain agar lebih aman, misalnya memberikan lampu penerangan yang cukup, menjaga kebersihan lokasi, dan jika memungkinkan bisa menutup sekalian lobang tersebut dengan material aman, misalnya menggunakan kawat ram galvanis, papan kayu, plat besi atau bahan bangunan sejenisnya.

Dari sisi pekerja juga perlu selalu diingatkan agar senantiasa berhat-hati dalam bekerja agar jangan sampai mengalami kecelakaan kerja, serta perlu ada petugas safety yang siap melakukan patroli untuk memantau area proyek agar setiap pekerja mengenakan alat pelindung diri secara lengkap serta dalam sikap kerja yang aman, begitulah penjelasan mengenai Railing sementara pada lobang void struktur agar aman dari bahaya jatuh semoga selamat, oh ya.. untuk area tepian struktur gedung bisa dipasang safety railing agar aman

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.