Penyebab Kenapa MCB jeglek di rumah

Penyebab Kenapa MCB jeglek di rumah itu ada beberapa kemungkinan. Dari mulai penggunaan arus yang melebihi batas MCB, terjadi konsleting atau memang sengaja dijeglegkan, he he.

Terkait hal ini mari kita simak penjelasan dari bapak ngeng berikut ini.

Ngeng = “MCB itu akan jeglek kalau arus melebihi batasan yang tertera. Kalau rumah kapasitas 900 VA. Kalau kita pakai MCB 4A, artinya maksimal 880VA listrik akan jeglek.

Ini rugi karena harusnya bisa sampai 900VA. Nah kalo pakai MCB 6A, artinya MCB masih tahan sampai 1320VA, tapi karena kapasitas rumah 990VA jadi ya gak bisa pakai lebih dari 990VA.

Terus VA itu ga sama seperti Watt. Semua tergantung pf dari setiap peralatan yang dipakai di rumah. Mungkin rata rata pf peralatan rumah itu 0.9-0.95. Jadi kalau 900 VA itu artinya maksimal biasanya sekitar 810 Watt.”

 

Jadi beberapa faktor yang bisa menyebabkan MCB jeglek yaitu

Arus melebihi batas MCB

Penggunaan arus listrik melebihi batas MCB, seperti yang sudah dijelaskan oleh pak Ngeng, jika pakai MCB 4A berarti maksimal arus tidak boleh lebih dari 880 VA, jika lebih dari itu berarti secara otomatis akan padam.

Konsleting

Terjadinya konsleting pada instalasi listrik di rumah bisa disebabkan beberapa hal, seperti kesalahan penyambungan. kerusakan pada instalasi sehingga terjadi hubungan arus pendek, basah terkena air, atau hal-hal lainya.

Dijeglekan

Sengaja dibuat jeglek, ini sering dilakukan ketika sedang melakukan perbaikan instalasi sehingga aman dari bahaya kesetrum. Juga sebagai langkah pengamanan ketika penghuni rumah hendak meninggalkan hunianya sehingga lebih tenang dari resiko kebakaran akibat konsleting.

 

MCB jeglek merupakan satu hal yang justru dibutuhkan untuk menyelamatkan rumah dari bahaya kebakaran. Kalau tidak jeglek justru bahaya, karena tidak ada pengaman yang bisa memadamkan listrik di rumah ketika terjadi konsleting.

Oleh karena itu, jangan sampai menggunakan MCB melebihi kapasitas dari PLN, misalnya jika pakainya listrik 900VA makai pakai MCB nya jangan lebih dari 4A. Karena kalau lebih dari 4A maka bisa dipastikan listrik dirumah tidak akan pernah jeglek sehingga tidak ada pengaman dari bahaya kebakaran akibat konsleting listrik.

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.