Penyebab kehilangan ilmu

Sebelumnya kita sudah membahas bahwa investasi ilmu itu jauh lebih berharga dibanding harta, oleh karena itu diperlukan niat dan usaha yang sungguh-sungguh dalam menuntutnya. Ada sebuah pepatah populer berbunyi “tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri indonesia :-)” kita anggap saja kata mutiara tersebut benar dan kalau salah silahkan dianggap benar 🙂 , Selanjutnya ketika ilmu tersebut sudah terkuasai dan melekat dalam diri maka masih diperlukan usaha agar ilmu tersebut tidak hilang begitu saja. Oleh karena itu perlu kita ketahui macam-macam hal yang dapat menjadi penyebab kehilangan ilmu, sehingga investasi kita yang sangat tinggi harganya itu tidak hilang entah kemana. o.k, langsung saja kita bahas disini.

 

Penyebab kehilangan ilmu

  1. Tidak menggunakan ilmu yang dikuasai sehingga dapat memberi manfaat kepada diri sendiri maupun lingkungan sekitar, banyak kondisi membuktikan bahwa yang namanya ilmu itu semakin banyak digunakan maka semakin terasah.
  2. Mendebat orang-orang bodoh yang sukanya mencari ilmu agar bisa dianggap lebih pintar dari orang lain, ini adalah sebuah tindakan yang sia-sia, selain membuang-buang waktu juga beresiko menggoyahkan dan melunturkan ilmu yang sudah dikuasai.
  3. Tidak melaksanakan ibadah wajib, terutama syahadat,shalat,zakat,puasa dan haji. Tuhan yang menciptakan manusia tentu punya metode terbaik agar ciptanyaa bisa berfungsi dengan maksimal, Nah.. ketika manusia tidak melaksanakan metode tersebut maka ada sebagian fungsi yang tidak bisa digunakan. Jadi kewajiban itu sebenarnya bukan untuk memberatkan, tapi karena Tuhan menyayangi manusia. Contohnya: banyak penelitian membuktikan bahwa bersujud itu dapat menyegarkan dan mencerdaskan otak, puasa itu dapat menjaga kesahatan badan,dll.
  4. Tidak mengajarkan ilmu kepada orang-orang sekitar, Manusia punya sifat pelupa. Jadi ketika kita melupakan suatu ilmu maka orang-orang sekitar yang sebelumnya kita ajari bisa gantian mengingatkan kembali.
  5. Tidak menjaga kesehatan juga berperan besar dalam mempengaruhi rontoknya ilmu dalam diri, contohnya ketika seseorang stres karena banyak memikirkan masalah maka sebagian ilmu menjadi terlupakan.
  6. Ketika manusia mati maka ilmunya juga ikut mati kecuali ilmu yang bermanfaat, diabadikan dalam bentuk karya atau tulisan, diajarkan atau dibagi-bagikan selama masih hidup.

 

Terlalu banyak hal yang bisa menyebabkan kehilangan ilmu, karena yang namanya ilmu itu adalah amanah maka tugas kita menjaga amanat tersebut agar tnggunakanya agar bisa bermanfaat dengan baik, apalagi ya.. penyebab ilmu dalam diri? Tentu saja masih banyak, jadi silahkan dibahas disini 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.