modal yang harus di keluarkan untuk membuka usaha toko kecil material bangunan

Kali ini kita bagikan info berapa modal yang harus di keluarkan untuk membuka usaha toko kecil material bangunan. ini sekaligus menjawab pertanyaan pak Ryoutaru

Kira kira berapa modal yang harus di keluarkan untuk membuka usaha toko kecil material?

O.k kita berikan gambaranya, barangkali bisa menjadi pertimbangan bagi para sahabat yang hendak terjun ke usaha ini.

 

Tempat usaha

Bisa berupa toko milik sendiri atau sewa, jika milik sendiri dengan membangun dari awal maka perlu menyediakan biaya pembangunan sesuai ukuran dan bentuk masing-masing, sekedar info biaya bangun toko +/- Rp.2.500.000,- x luas m2 lantai bangunan.

Jika sewa toko maka perlu tahu terlebih dahulu berapa harga kontraknya.

isi dagangan

Rincian belanja barang dagangan saat membuka toko material skala kecil, disini harganya hanya perkiraan saja, kita bulatkan saja biar mudah dalam menghitung perkiraanya.

  • pasir 1 truck = Rp.2.500.000,-
  • koral 1 truck = Rp.2.5000.000,-
  • semen  = Rp.2.000.000,-
  • batu bata = Rp.3.000.000,-
  • Besi tulangan = Rp.5.000.000,-
  • Alat -alat bangunan = Rp.10.000.000,-

total biaya isi dagangan = +/- Rp.25.000.000,- ( dua puluh lima juta rupiah)

Peralatan

Dalam menjalankan toko material bangunan memerlukan bermacam peralatan, misalnya mobil pengangkut. Untuk toko material skala kecil bisa memakai mobil pick up, bisa beli baru atau bekas. Harga pick up bekas untuk toko material sekitar Rp.25.000.000,-

Tenaga kerja

Karena tokonya masih skala kecil maka penjaga toko, sopir pick up bisa dikelola oleh keluarga sehingga bisa menghemat biaya upah. Hanya perlu mempekerjakan tukang angkut untuk memindahkan material ke atas pickup atau menurunkan.

Persediaan upah pekerja 3 bulan = 90hari x Rp.100.000,- = Rp.9.000.000,-

 

Begitulah kira-kira gambaran modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha toko bangunan skala kecil dan semoga kedepanya bisa bertambah besar. Jangan lupa memanfaatkan media online juga untuk memasarkan barang dagangan agar semakin laris manis.

Ketika toko material bangunan sudah berjalan biasanya akan berdatangan sales menawarkan barang dagangan, harap berhati-hati dan selektif jika ingin mengambil barang dari sales tersebut. Pastikan harganya yang termurah, bisa dipercaya, barangnya bagus, bisa tukar barang jika ada yang tidak laku atau rusak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.