Membuat bangunan yang go green

Membuat bangunan yang go green merupakan suatu kewajiban bagi setiap pribadi yang berkecimpung dibidang konstruksi seperti sarjana teknik sipil,arsitek maupun tukang bangunan. hari ini bisa jadi kita masih menikmati indahnya bumi yang hijau namun apakah kita hendak mewariskan kerusakan kepada anak cucu kita dimasa depan dengan bumi yang tidak lagi hijau sebagai akibat dari proses pembangunan tanpa memperhatikan lingkungan. mengenai apa itu bangunan go green disini ada rekan kita yang memberikan ide bagus dan patut dilaksanakan.

 

Tri setiyono

INGIN MEMBUAT BANGUNAN YANG GO GREEN.

  1. Hemat energi / Conserving energy : Pengoperasian bangunan harus meminimalkan penggunaan bahan bakar atau energi listrik ( sebisa mungkin memaksimalkan energi alam sekitar lokasi bangunan ).
  2. Memperhatikan kondisi iklim / Working with climate : Mendisain bagunan harus berdasarkan iklim yang berlaku di lokasi tapak kita, dan sumber energi yang ada.
  3. Minimizing new resources : mendisain dengan mengoptimalkan kebutuhan sumberdaya alam yang baru, agar sumberdaya tersebut tidak habis dan dapat digunakan di masa mendatang /
  4. Penggunaan material bangunan yang tidak berbahaya bagi ekosistem dan sumber daya alam.
  5. Tidak berdampak negative bagi kesehatan dan kenyamanan penghuni bangunan tersebut / Respect for site : Bangunan yang akan dibangun, nantinya jangan sampai merusak kondisi tapak aslinya, sehingga jika nanti bangunan itu sudah tidak terpakai, tapak aslinya masih ada dan tidak berubah.( tidak merusak lingkungan yang ada ).
  6. Merespon keadaan tapak dari bangunan / Respect for user : Dalam merancang bangunan harus memperhatikan semua pengguna bangunan dan memenuhi semua kebutuhannya.
  7. Menetapkan seluruh prinsip โ€“ prinsip green architecture secara keseluruhan / Holism : Ketentuan diatas tidak baku, artinya dapat kita pergunakan sesuai kebutuhan bangunan kita.

 

Melihat ide diatas lalu bagaimana kondisi bangunan disekitar kita dimulai dari yang terkecil yaitu lingkungan rumah tinggal, apabila belum masuk kriteria green building maka sebaiknya kita mulai menghijaukan bangunan tersebut, misalnya dengan memperbanyak penanaman tanaman hijau disetiap sudut bangunan meskipun pada lahan sempit sekalipun, artikel ini merupakan salah satu pemenang lomba 17 Agustus 1945 ๐Ÿ™‚

One Response

  1. johari tatang 26 February 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.