kontraktor membuat site instalation proyek gedung

Pembangunan gedung bertingkat tinggi yang dikerjakan oleh kontraktor besar harus membuat site instalasion proyek gedung dengan baik agar proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar dari awal sampai selesai, pembuatan yang baik adalah menyesuiakan kondisi proyek karena masing-masing menemui medan dan kondisi lingkungan yang berbeda-beda dalam menentukan perletakan yang paling baik, adapun hal-hal yang seringkali ada dalam site instalasi proyek adalah.

 

Site Instalation Proyek

  1. Pagar proyek berfungsi untuk mengamankan proyek dari gangguan luar karena dapat memudahkan dalam melakukan kontrol keamanan, selain itu pagar proyek juga berfungsi untuk menjaga keselamatan masyarakat sekitar dari bahaya yang mungkin terjadi dalam melakukan aktifitas pembangunan gedung.
  2. Pintu gerbang proyek, setelah menentukan letak pagar selanjutnya menentukan dimana lokasi yang tepat untuk diletakan sebuah pintu utama lalu lintas keluar masuk proyek.
  3. Pos Satpam diletakan didekat pintu masuk proyek dan pada lokasi yang memerlukan penjagaan tambahan, jika mendirikan lebih dari satu maka bisa memberikan nama untuk masing-masing pos agar mudah dalam menyebut lokasinya.
  4. Jalan sementara proyek, pada pelaksanaan pembangunan gedung bertingkat tinggi yang mempunyai prospek arus keluar masuk kendaraan berat seperti dump truck maka perlu dibangun sebuah jalan sementara agar lalu lintas dapat berjalan dengan lancar, jalan ini bisa dibuat dengan struktur beton dengan ketebalan menyesuikan berat kendaraan yang akan lewat πŸ™‚
  5. Lampu penerangan proyek, berguna untuk menerangi aktifitas pekerjaan dimalam hari sehingga perlu ditempatkan pada titik-titik yang tepat, dan bisa membuat lampu yang dapat dipindah tempat menyesuaikan lokasi pekerjaan.
  6. Tower Crane, penggunaan TC sebagai alat angkut pada bangunan gedung bertingkat harus diletakan pada titik yang tepat dengan mempertimbangkan diameter cakupan TC yang mampu melayani seluruh lokasi proyek, Penempatan TC juga perlu mempertimbangkan aspek gangguan dan kemudahan dalam melakukan bongkar pasang alat berat.
  7. Direksi keet atau kantor sementara, digunakan sebagai kantor kontraktor dan konsultan pengawas dalam melaksanakan kegiatan proyek sehari-sehari yang penempatanya perlu mempertimbangkan aspek keamanan dan kenyamanan kerja.
  8. Toilet umum
  9. Barak Pekerja sebagai tempat penginapan tukang bangunan apabila pekerja berasal dari luar kota sehingga bisa bertempat tinggal sementara dilokasi pembangunan.
  10. Mushola atau tempat ibadah perlu dibangun sesuai arah kiblat πŸ™‚
  11. Rambu-rambu proyek, seperti awas benda jatuh, area wajib helm, dilarang merokok dll.
  12. Selter atau tempat khusus merokok, hal ini penting untuk disediakan agar pekerja proyek tidak melakukan kegiatan merokok sembarangan sehingga berpotensi untuk menyebabkan bahaya kebakaran.
  13. Tabung pemadam kebakaran dan alat-alat penanganan bencana.

 

dan bebarapa hal lain yang bisa diadakan oleh kontraktor dalam membuat site instalasi proyek gedung menyesuiakan kebutuhan dan kondisi proyek yang akan dibangun. site instalasi ini bisa dibuat dalam bentuk gambar menggunakan software komputer power point atau autocad.

One Response

  1. Dwi Prasetyo 8 December 2014

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.