keuntungan menggunakan sistem hidraulis

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita memakai alat yang kinerjanya memakai sistem hidraulis. Ada banyak keuntungan menggunakan sistem hidraulis yang akan kita bahas disini lebih lanjut.

Contohnya pada rem kendaraan, saat mengendarai mobil yang sedang melaju kita injak sedikit saja pedal rem dengan santai maka kendaraan yang beratnya sekian ton bisa berhenti dengan mudah.

Bayangkan jika harus menghentikan mobil yang sedang melaju cepat tersebut secara manual, butuh berapa tenaga kuda untuk membuatnya terhenti?

Memang benar kata pepatah yang bilang bahwa “dengan ilmu maka hidup menjadi mudah” dalam hal ini yaitu ilmu hidrolika.

 

Hidraulika adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari gerak dan kesetimbangan zat cair serta pemanfaatanya untuk melakukan suatu pekerjaan.

Untuk mahasiswa yang mengambil jurusan S1 teknik sipil, disitu ada mata kuliah yang secara khusus mempelajari ilmu hidraulika terutama yang konsentrasi jurusanya di irigasi pengairan.

Dengan membuat sistem hidraulis maka bisa mendapatkan kemampuan memindahkan gaya yang besar dengan rangkaian komponen hidraulika secara kompak dan sederhana pada ruang yang ukuranya relatif kecil.

 

Selain keuntungan juga ada kerugian memakai sistem hidraulis. Seperti adanya resiko kerusakan disaat sistemnya sangat dibutuhkan sehingga berpotensi terjadinya kegagalan alat.

Ini bisa kita lihat pada beberapa berita mengenai kendaraan yang mengalami kecelakaan akibat remnya blong atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Dalam dunia konstruksi bangunan juga banyak memanfaatkan sistem hidraulis seperti pada alat berat excavator yang dipakai untuk menggali tanah.

Mesin tower crane juga menggunakan hidraulis, selain itu dipakai juga pada instalasi berbagai macam alat berat.

 

Adapun komponen utama dalam sistem hidraulis yaitu cooler, anti vation valve, shock valve, hidraulis motor, silinder kerja, servo atau pilot valve, regeneration, control valve, pompa, pressure accumulator, filter, tangki oli hidraulis.

Setiap komponen tersebut memiliki mekanisme serta fungsi masing-masing. Untuk lebih jelasnya akan sangat menarik jika kita buatkan artikel tersendiri secara khusus yang membahas mengenai komponen dalam sistem hidraulis ini. Isinya seputar pengertian dan fungsi dari setiap komponen.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.