Jangan lupa backup file di laptop agar tidak hilang jika hardisk rusak

Dewasa ini laptop masih menjadi alat penting dalam mengolah berbagai karya digital entah itu berupa teks, gambar, foto, video serta format dokumen lainya.

Fungsinya juga sekaligus menjadi media penyimpanan arsip file digital.

Seiring berjalanya waktu laptop yang semula kosong kemudian bisa berisi berbagai file penting yang harganya jauh lebih bernilai.

Nah disini saya ingin mengingatkan kepada para sahabat sekalian agar sedia payung sebelum hujan. Jangan lupa backup file di laptop agar tidak hilang jika hardisk rusak. Kita tidak berharap musibah itu terjadi, tapi ketika terpaksa mengalaminya maka sudah tersedia alat untuk mengatasinya.

 

hardisk laptop


hardisk laptop

Seperti peristiwa yang saya alami ini, ketika sedang mengejar target menyelesaikan gambar desain rumah.  saat progres sudah berhasil membuat gambar denah dan tampak tapi tiba-tiba laptop rusak tidak bisa masuk ke windows.

Setelah coba otak atik sendiri tanpa hasil, lalu datang ke penyedia jasa service komputer ternyata di berikan vonis bahwa hardisk rusak sehingga tidak bisa terbaca. Tidak memungkinan untuk menyelamatkan seluruh file yang berada didalamnya.

Solusinya harus ganti hardisk atau bahkan sekalian saja beli laptop baru. Duh dunia seakan runtuh padahal langit sedang cerah-cerahnya. Sekedar info bahwa laptop itu sudah dipakai selama 8 tahunan yang pastinya ada banyak file serta dokumen penting didalamnya.

Tapi apa mau dikata, nasi sudah menjadi bubur sehingga apa yang hilang harus segera di ikhlaskan. Dalam situasi ini yang namanya backup file seakan menjadi penyelamat ketika hati sedang lesu tanpa semangat.

 

Untungnya saya masih menyimpan beberapa file nya di PC komputer lain meskipun tidak 100% ada.

Jadi saya sarankan kepada para sahabat untuk segera melakukan backup.

Ada banyak media yang bisa dipakai untuk penyimpanan file digital seperti ditaruh di flasdishk, komputer lain, memori hp, email, google drive, hosting atau penyedia layanan penyimpanan file online.

Ini sebagai langkah antisipasi apabila mengalami kerusakan hardisk dikemudian hari.

Tapi saya tetap doakan semoga laptop teman-teman tidak sampai rusak hardisknya, senantiasa aman lancar jaya.

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.