Helm safety untuk pelindung kepala di proyek konstruksi

Helm safety untuk pelindung kepala di proyek konstruksi merupakan alat pengaman diri yang wajib dipakai saat bekerja, tidak jauh berbeda dengan pengendara kendaraan bermotor dijalan raya yang diwajibkan untuk memakai helm standar agar aman dalam berlalu lintas, hal ini mengingat berbagai bahaya kecelakaan yang mungkin terjadi di jalan raya. begitu juga di lingkungan proyek yang ada kemungkinan benda jatuh mengenai kepala, tau kejedot benda keras sehingga berpotensi mengalami luka atau bahkan yang paling parahnya sangat tidak kita harapkan.

 

helm safety proyek

helm safety proyek

Fungsi helm safety proyek

  1. pembeda profesi agar mudah dalam mengidentifikasi keahlian masing-masing pekerja, misalnya para engineer dan manajemen proyek memakai helm warna putih, biru untuk tukang besi, kuning untuk tukang kayu, dan merah untuk tukang batu.
  2. Alat pelindung diri terutama kepala dari bahaya terkena benda jatuh, benturan dengan benda keras, juga meneduhkan kepala dari sengatan sinar matahari secara langsung.
  3. Pembeda jabatan karyawan kontraktor, misalnya untuk pelaksana dan surveyor pakai helm dengat stikker garis 1, kepala pelaksana garisnya 2, site manajer garisnya 3, sedangkan project menejer garisnya 3 tapi salah satunya berwarna merah sebagai perwakilan dari safety, petugas safety memakai helm dengan garis berwarna merah, sedangkan para tukang bangunan dibedakan dengan warna helmnya saja tanpa adanya sticker garis.
  4. Memperindah penampilan pekerja proyek, biar nampak gagah dan siap bekerja keras.
  5. Memperjelas status para tamu yang berjalan-jalan di area proyek, caranya yaitu dengan meminjamkan helm yang bertuliskan kata “tamu” untuk dipakai selama berada dilingkungan proyek konstruksi bangunan yang sedang didatangi.

 

Dalam proyek skala besar seperti gedung bertingkat tinggi memerlukan adanya petugas khusus yang kerjanya mengawasi para pekerja proyek agar senantiasa memakai alat pelindung diri termasuk helm, pekerja yang nekat tidak pakai helm perlu ditangkap untuk diberikan sanksi, bisa dengan cara pemotongan gaji atau tidak memperbolehkan bekerja sebelum mengenakan helm standar proyek. selain itu juga perlu dilakukan penyuluhan dan peringatan secara terus menerus agar para pekerja secara sadar diri memakai atribut safety untuk keselamatan saat bekerja di proyek

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.