Headway waktu antara dalam rekayasa lalu lintas

Headway atau biasa disebut juga sebagai waktu antara dalam rekayasa lalu lintas adalah selisih waktu yang diperlukan dua kendaraan angkutan dalam melewati suatu titik seperti terminal, stasiun, pelabuhan, bandara atau pemberhentian kendaraan jenis lainya.

Waktu antara di teliti dan dipakai dalam traffic management untuk mengetahui kapasitas penggunaan jalan atau pengaturan jadwal dalam angkutan kereta api.

 

Faktor yang mempengaruhi waktu antara

  • Kondisi jalan. Apakah kondisinya mulus tanpa kerusakan, bagaimana kelandaianya.
  • Kondisi kendaraan. Beda kualitas bisa menyebabkan kecepatan kendaraan tidak sama.
  • Kebebasan lalu lintas. Apakah ada hambatan didalamnya seperti adanya kendaraan mogok, penyeberang jalan, atau aktifitas lain yang berpotensi menghambat lalu lintas.
  • Manajemen lalu lintas. Bagaimana cara mengatur persimpangan jalan, penyeberang dan sejenisnya juga bisa mempengaruhi kecepatan laju kendaraan.

Rumus menghitung waktu antara

rumus perhitungan waktu antara yaitu

waktu antara rata-rata = waktu / jumlah kendaraan – 1

headway waktu antara

headway waktu antara

Contoh perhitungan waktu antara

Misalnya pada sebuah terminal melayani 52 bus dalam waktu satu jam, maka besarnya headway dapat dihitung sebagai berikut:

Waktu antara rata-rata = 60 menit / 52 bus – 1 = 1,176 menit = 1 menit lebih 11 detik.

Hal – hal yang mempengaruhi waktu antara kereta api

  • panjang petak rel kereta api
  • jumlah jalur apakah ganda atau tunggal
  • Kecepatan laju kereta api ( percepatan / perlambatan)

Untuk lalu lintas kereta api dalam kota yang lebih padat maka waktu antaranya bisa lebih pendek, hal ini menyebabkan waktu menaikan dan menurunkan penumpang hanya bisa singkat yang hanya beberapa detik saja.

Sedangkan untuk lalu lintas kereta api luar kota yang lebih lenggang maka waktu antaranya bisa lebih panjang sehingga waktu berhenti di stasiun bisa lebih lama, waktu naik turun penumpang juga bisa lebih leluasa.

 

Besarnya headway ini perlu diteliti dan dihitung secara tepat agar lalu lintas kendaraan bisa terjadwal dengan lancar dan tidak terjadi penumpukan yang bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Dengan pengaturan headway yang bagus juga dapat mengurangi kekecewaan penumpung karena waktu tunggu untuk naik turun kendaraan bisa tepat waktu sesuai jadwal yang sudah diinformasikan sebelumnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.