Hanya paku lurus yang akan terus dipukul sampai rata

Hanya paku lurus yang akan terus dipukul sampai rata dengan kayu, dan paku  itulah yang akhirnya terpilih untuk bertugas berdiam disitu menjadi sebuah maha karya bermanfaat, atau kerajinan yang indah dipandang mata.

Sebaliknya para paku bengkok akan tereliminasi, dibuang ke tempat sampah tidak terpakai. Ada yang bengkoknya setelah satu dua tiga atau beberapa pukulan lalu dibuang.

Begitu juga dengan ujian kehidupan manusia yang datang kepada mereka yang kuat dan berada dijalan kebenaran. Masing-masing manusia punya batasan tersendiri dalam hal sebesar mana ujian yang mampu ditanggung.

hanya paku lurus yang akan terus dipukul sampai rata

hanya paku lurus yang akan terus dipukul sampai rata

Dari peristiwa paku tersebut kita bisa belajar beberapa hal positif tentang kehidupan yaitu

  1. Ujian hidup sesuai dengan kemampuan
  2. Akan berguna ketika sudah melewati ujian
  3. Hanya orang terpilih yang akan diuji hal tertentu

 

Ujian hidup sesuai dengan kemampuan

Sebagaimana hanya paku lurus yang dipukul, begitu juga sebuah ujian diberikan kepada orang yang memang benar-benar kuat menanggungnya.

Sedangkan untuk paku bengkok sudah tidak lagi dipukul, sebagaimana manusia yang sudah mencapai batas level ujianya maka tidak diuji dengan hal-hal yang lebih berat lagi.

Manusia tidak akan diuji diluar batasan kemampunya, jadi janganlah berputus asa ketika ujian itu datang, karena disitu berarti masih ada kemampuan serta jalan penyelesaian.

Akan berguna ketika sudah melewati ujian

Ketika dada merasakan sesak memikirkan beban yang datang menerjang, atau ketika diri tiba-tiba terayun dalam kenikmatan yang melalaikan. Maka bersabar dan bersyukurlah bahwa inilah saatnya melewati ujian tersebut dengan semangat berdiri tegak, yakinlah bahwa akan mendapat hadiah keistimewaan jika ujian tersebut berhasil dilewati dengan baik.

Sebagaimana paku lurus yang dipukul terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan sebagai alat sambung, hiasan, atau karya lainya. Sehingga bisa mempunyai nilai lebih dibanding sebatang besi berkarat yang akan lari ketempat sampah jika tidak berguna.

Hanya orang terpilih yang akan diuji hal tertentu

Dari sekian banyak paku, hanya satu yang diambil untuk dipukul dan digunakan disuatu titik. Paku tersebut terpilih dari sekian banyak yang lainya.

Begitu juga dengan suatu posisi tugas kehidupan yang akan memilih mana manusia yang cocok berada disitu, tapi sebelumnya harus diuji terlebih dahulu untuk menguatkan mental, fisik, daya pikir, wawasan, dan lain lain.

 

Jadi jangan pernah berputus asa ketika beban itu datang melanda, karena tidak ada ujian yang diberikan dibatas kemampuan manusia. Sebagaimana paku bengkok yang sudah tidak dipukul lagi.

Dan bagi yang terus diuji maka selalu semangat dan berbahagialah, teruslah berjuang karena itu berarti saudara merupakan manusia terpilih yang masih kuat menanggung beban lebih besar dengan bonus keistemewaan diakhir ujian.

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.