Cor dak beton ukuran 4m x 6m besinya 1 lapis kuat atau tidak

Ada pertanyaan mengenai cor dak beton ukuran 4m x 6m besinya 1 lapis kuat atau tidak. Mari kita jawab dan bahas disini lebih lanjut.

Tinta hitam = “bos, saya mau cor dak, ukuran 4mx 6m dengan 1 lapis pembesian, sudah kah kuat speknya, tolong yang sudah berpengalaman segera beri pencerahan. terimakasih.

 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu data besinya diameter dan jarak pemasanganya berapa? fungsi dak nya untuk apa? apakah rumah tinggal, jembatan, lantai parkir, atau yang lainya.

dak lantai beton

dak lantai beton

Karena berbicara kuat atau tidaknya sebuah struktur rumah itu perlu melihat berbagai hal, dari mulai desain bangunan, beban, dan dimensi serta material struktur yang digunakan.

Berikut ini kita berikan gambaran mengenai struktur plat lantai.

Dak beton untuk rumah tinggal atau kantor

Dengan beban yang harus ditahahn seberat 250kg/m2 maka daknya bisa dibuat setebal 12 cm, dengan besi tulangan 2 lapis diamater 10mm dipasang setiap jarak 20cm. Jika ingin dibuat 1 lapis bisa dibagian tengah dak, jadi keempat sisi yang berdekatan dengan balok tetap 2 lapis.

Jika di lantainya akan diletakan tandon air atau benda lain yang beratnya lebih dari 250kg/m2 maka struktur daknya harus dibuat lebih tebal dan besinya juga lebih besar agar kuat.

Dak beton untuk lantai jembatan atau parkir mobil

Kalau yang ini bebanya lebih berat, jadi plat lantainya harus lebih tebal dan besinya lebih banyak. Dengan beban 500kg/m2 – 700kg/m2 maka plat lantainya bisa dibuat setebal 15cm – 20cm. Pakai besi tulangan diamater 13cm 2 lapis yang dipasang setiap jarak 20cm.

Dak beton untuk atap bangunan

Jika atapnya bebanya lebih ringan dari 250kg/m2 maka tebal daknya bisa dibuat 8cm – 10cm. Pakai besi 2 lapis diamater 8mm dipasang setiap jarak 20cm.

Tapi apabila diatas atap ada beban yang lebih berat, atau ada rencana pengembangan bangunan ke arah horizontal sehingga lantai atapnya kedepanya difungsikan sebagai ruangan. Maka dak lantainya bisa didesain dengan berat 250kg/m2.

 

Itu tadi untuk struktur plat lantai, sedangkan kolom dan baloknya juga perlu menyesuaikan dengan beban serta desain bangunan.

Demikian penjelasan mengenai penulangan dan tebal dak lantai beton bertulang ini semoga bisa memberikan pencerahan bagi para sahabat sekalian yang hendak melaksanakan pembangunan.

2 Comments

  1. Darma 28 June 2021
    • Ahadi 28 June 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.