Carilah ilmu dan harta agar kamu bisa memimpin

Carilah ilmu dan harta agar kamu bisa memimpin, Ilmu akan memudahkanmu dalam memimpin orang-orang yang di atas ( orang yang lebih pintar, atasan dan sejenisnya). sedangkan harta akan memudahkanmu memimpin orang yang di bawah (masyarakat awam, orang yang lebih bodoh dan sejenisnya). Begitulah kurang lebih bunyi nasehat Ali Bin Abi Thalib pada sekian abad yang lalu. Nasehat ini memang sangat cocok dengan apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para petinggi di indonesia yang kebijakanya dipengaruhi oleh orang-orang pandai dan juga banyak orang yang rela menjadi anak buah karena sedang mencari harta, ya.. kita doakan semoga kelak bisa menjadi pemimpin setelah banyak harta.

 

Bukti bahwa ilmu dapat memudahkan dalam memimpin orang yang diatas

  1. Pernah bilang istilah mengakali? yaitu seseorang yang memanfaatkan orang lain dengan berbekal kepandaian.
  2. Para penasehat dapat memerintah raja melalui petuahnya.
  3. Yang lainya silahkan dipikir-pikir lagi πŸ™‚

Bukti bahwa harta dapat memudahkan dalam memimpin orang yang dibawah

  1. Karyawan bersedia untuk diatur untuk melakukan tugas tertentu karena diberikan harapan untuk mendapat imbalan berupa harta.
  2. Akan sangat mudah mengendalikan orang-orang yang tergiur dengan harta, terkadang mereka bersedia disuruh apapun untuk mendapatkanya.
  3. Apa lagi ya? tolong ditambahkan melalui form dibawah agar lebih lengkap πŸ™‚

 

carilah ilmu dan harta

 

Begitulah kurang lebih gambaran arti penting ilmu dan harta dalam khidupan khususnya dibidang kepemimpinan, jadi silahkan berlomba-lomba untuk meraihnya! tapi ingat “dari jalan halal dan digunakan juga untuk yang halal” karena setiap ilmu yang kita punya akan dipertanyakan untuk apa digunakan, dan setiap harta yang kita punya akan dipertanyakan dapat dari mana dan untuk apa, ya.. kita harus bertanggung jawab kepada Allah SWT mengenai amanat ilmu dan harta yang diberikan, untuk bisa bertanggung jawab diperlukan bekal iman yang kuat, karena orang yang punya ilmu dan harta tapi tidak memiliki iman ibarat orang buta yang tidak tahu jalan, sebaliknya orang yang punya iman tapi tidak punya ilmu dan harta ibarat orang lumpuh yang tahu tapi tidak bisa jalan. jadi ketiganya penting dan semoga kita dapat meraih kesuksesan serta kejayaan di dunia maupun akherat πŸ™‚

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.