Cara menyejukan ruangan RBW baja ringan agar walet betah

Membangun RBW memakai material baja ringan itu bisa mendapatkan keuntungan dari segi penghematan biaya serta kecepatan pemasangan. Namun ada sisi kekurangan yang harus diatasi yaitu kesejukan ruangan.

Suhu ruang yang disukai walet itu sekitar 26 derajat, padahal sifat baja itu cenderung menyerap panas sehingga memancarkan kehangatan disekitarnya.

Tapi tenang saja, banyak hal yang bisa dilakukan sebagai cara menyejukan ruangan RBW baja ringan agar walet betah. Berikut ini diantaranya.

Melapisi dinding dalam dengan sterofom

Jika bagian luar memakai galvalum maka bisa memberinya pelapis memakai sterofom, dengan begitu maka hawa panas dari luar tidak sampai menembus kedalam ruangan.

Memasang calsiboard pada dinding dalam

Fungsinya hampir sama seperti sterofom, yaitu sebagai peredam panas. Kita juga bisa mengaplikasikan ketiga material tersebut sekaligus. Yaitu bagaian luar pakai galvalum, kemudian sterofom, lalu bagian dalam ditutup lagi dengan calsiboard.

Memasang ventilasi dinding menggunakan pipa pvc dan sambungan L

Berikutnya bisa memasang jendela sehingga udara luar bisa tetap masuk kedalam ruangan. Namun jangan sampai jendela tersebut digunakan untuk tempat masuk kelelawar

Menanam pohon disekitar RBW

Langkah lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menghijauan area sekitar RBW, pohon bisa menahan sinar matahari agar tidak mengenai bangunan secara langsung. Dengan begini maka rumah walet bisa menjadi lebih sejuk.

Membuat kolam air didalam RBW

Air di kolam bisa menguap dan melembabkan susu didalam rumah walet, tapi air tersebut perlu dijaga dan diperhatikan kebersihanya agar tidak menimbulkan berbagai macam bibit penyakit.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat RBW menjadi lebih sejuk, terutama rumah walet yang berbahan dasar baja ringan. Semoga para sahabat sekalian bisa sukses dalam melakukan bididaya walet.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x