cara menghitung luas m2 di autocad dengan command list atau li

Permisi para sahabat ilmusipil sekalian, semoga senantiasa dalam kabar kebaikan, selalu semangat dalam berkarya dan jangan lupa menjaga kesehatan. Kali ini kita buatkan panduan cara menghitung luas m2 di autocad dengan command list atau li.

Dengan mengetahui cara ini maka pekerjaan perhitungan akan jauh lebih mudah dan cepat.

 

Langkah menghitung luas m2 di autocad

Misalnya kita punya sebuah object berupa bangunan berbentuk tidak beraturan seperti ini

menghitung luas di autocad

menghitung luas di autocad

pertanyaanya yaitu berapakah luas bangunan dengan denah tersebut? kalau dihitung secara manual pakai rumus luas bidang tentu akan sulit. Tapi mudah saja kalau pakai autocad, beginilah caranya.

  • Pertama kita buat terlebih dahulu gambar bidang yang mau dihitung luasnya, pada command autocad ketik polyline atau bisa saja dengan singkatan pl lalu enter.
  • Klik titik A, lalu B, C, D, E, kemudian terakhir klik lagi di titik A sebagai penutup. Sampai disini kita sudah berhasil membuat garis menyambung yang menutup seperti gambar contoh diatas.
  • Kemudian klik garis polyline yang sudah kita buat tadi, lalu pada commnad ketik list atau cukup disingkat dengan li lalu tekan tombol enter pada keyboard.
  • Selanjutnya akan keluar halaman baru yang memberikan informasi luas, keliling, serta koordinat dari garis tersebut.

    menghitung luas dengan command li di autocad

    menghitung luas dengan command li di autocad

  • Jadi sekarang kita sudah tahu berapa luasnya, pada contoh ini kita dapatkan angka 58603301.0000 . Tapi tunggu dulu, karena ini tadi kita menggambarnya dalam satuan mm maka luasan yang muncul itu juga dalamm satuan mm2, jadi kalau ingin tahu m2 nya maka perlu dikonversi terlebih dahulu dengan memajukan komanya sebanyak 6 angka.
  • Jadi luasnya = 58603301.0000 mm2 = 58,6033010000 m2

 

itu tadi untuk luasnya, lalu bagaimana dengan kelilingnya? coba perhatikan dihalaman info li tersebut dibawah kata area ada info lengt = 29343.6622 mm, itulah panjang kelilingnya dalam satuan mm yang jika di konversi ke satuan meter menjadi 29,3436622m.

 

Cara tersebut bisa dipakai untuk berbagai kepentingan seperti menghitung luas bangunan, luas ruangan, menghitung volume keramik atau keperluan lainya sehingga pekerjaan akan menjadi lebih cepat sekaligus akurat tanpa harus bolak balik memencet kalkulator.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.