Cara membangun gedung tanpa bekisting

Bagaimana cara membangun gedung tanpa bekisting atau cetakan? pertanyaan ini mungkin memerlukan penelitian dan pemikiran khusus untuk bisa mendapatkan jawabanya karena kita tahu hampir semua bangunan gedung bertingkat tinggi abad ini memakai bahan beton bertulang atau struktur baja sebagai material utama. Kedua jenis material tersebut memerlukan cetakan agar bisa dibentuk sesuai rencana dan keinginan, sebuah gedung bisa jadi menggunakan material precast yang dibuat secara cepat dilapangan tanpa bekisting namun bukankah untuk membuat material beton precast atau profil baja juga memerlukan cetakan saat proses produksi? entahlah 🙂 mungkin ini menjadi tugas generasi sekarang atau masa depan untuk bisa berinovasi membuat gedung tanpa bekisting yang ramah lingkungan, kenapa ramah lingkungan? karena kita tahu material yang banyak digunakan sebagai bekisting struktur beton adalah kayu, hal ini berarti memerlukan penebangan pohon untuk dijadikan bahan bangunan.

 

Hal-hal yang mungkin dilakukan?

Sebelumnya kita cari terlebih dahulu beberapa hal yang mungkin dapat diaplikasikan dalam mewujudkan pembangunan gedung tanpa bekisting yang ramah lingkungan. membangun gedung disini kita artikel tidak selalu menjulang keatas yang dibangun dengan manajemen proyek konstruksi dengan jadwal berbentuk kurva s, namun gedung disini masih dalam imajinasi tanpa batas dan sebuah kebebasan bagi kita untuk berpikir atau mencoba hal-hal yang tidak memungkinkan sekalipun 🙂 .  Bagimana jika Membuat rumah bawah tanah? Lokasi bawah tanah belum banyak dimanfaatkan dengan baik sebagai hunian, sedangkan manusia hampir bisa melakukan apapun seperti hidup di tengah laut, di ketinggian udara atau bahkan dibawah tanah. manusia disini tentu yang masih bernyawa karena kita tahu bahwa manusia yang sudah meninggal juga mempunyai rumah dibawah tanah 🙂 nah.. dengan membangun gedung bawah tanah mungkin bisa dilakukan tanpa bekisting, tapi bagaimana caranya? entahlah.

 

Cara membangun gedung tanpa bekisting

Dan karena tuntutan untuk berpikir ilmiah dengan kondisi teknologi yang sudah ada sekarang maka ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan dalam membangun gedung tanpa bekisting  silahkan dipikirkan, dan sebagai permulaan kita buat daftarnya.

  1. Jika kita sebagai kontraktor bisa melakukanya dengan membeli beton precast jadi dengan bentuk sesuai desan gedung kepada suplier yang khusus melakukan produksi beton jadi, nah.. dari sudut pandang kontraktor yang tanpa memperhitungkan cara pembuatan beton precast maka bisa dikatakan telah membangun gedung tanpa bekisting 🙂
  2. Jika kita hendak membangun rumah tanpa bekisting, bisa memesanya melalui perusahaan yang meyediakan produk rumah jadi siap bangun dalam waktu cepat seperti rumah kayu bongkar pasang atau rumah beton precast sehingga bisa dikatakan telah membangun tanpa cetakan.
  3. Atau jika kita kreatif maka bisa menyulap mobil bekas, tanki kosong atau bahan apapun menjadi rumah tinggal sehingga tidak memerlukan cetakan dalam proses pembangunanya.
  4. dan lain-lain silahkan ditambahkan bagi yang menyimpan ide-ide segar 🙂

4 Comments

  1. ebookteknik dot com 5 April 2012
  2. sugito 6 April 2012
  3. paul 4 May 2012
  4. Merly 3 September 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.