cara memasang angkur stek beton

Terkadang kita ingin melakukan penyambungan pada bagian bangunan yang menggunakan struktur beton bertulang.

Proses penyambungan ini meskipun kelihatanya sepele namun perlu dilakukan secara baik dan benar agar beton yang lama dan baru bisa menyatu dengan kuat.

Disini kita coba jelaskan sebuah contoh metode kerja cara memasang angkur stek beton dari mulai pengeboran, pembersihan, injeksi grouting, sampai dengan pemasangan stek besi.

 

Metode kerja pengangkuran stek beton

Penyiapan titik beton yang akan dipasang stek

Perlu diperiksa terlebih dahulu bagaimana kondisi beton sebelum ditanam stek. Juga perlu ditandai dimana posisi titik yang akan di bor agar tidak keliru posisi pasangnya.

Dan pastikan pekerjaan pengeboran stek yang akan dilakukan nantinya tidak menyebabkan bangunan roboh. Jika strukturnya tidak kuat maka perlu dilakukan perkuatan terlebih dahulu.

beton sebelum dipasang stek

beton sebelum dipasang stek

Pengeboran beton

Pengeboran sesuai dengan diameter besi yang akan menjadi stek tulangan. Jangan memakai bor berdiamter diatas stek karena bisa menyebabkan sambungan tidak kuat.

pengeboran beton

pengeboran beton

Pembersihan lobang bor

Pembersihan dengan sikat pada area lubang yang sudah dibor. Pekerjaan ini dilakukan untuk memastikan seluruh bagian beton yang terkelupas bisa hilang sempurna.

pembersihan lubang bor beton

pembersihan lubang bor beton

Pembersihan menggunakan angin

Agar lebih bersih maka bisa dilakukan peniupan dengan tekanan angin sehingga debu sisa pengeboron bisa seratus persen hilang.

pembersihan lubang beton dengan tekanan angin

pembersihan lubang beton dengan tekanan angin

injeksi grouting

Setelah lubang bor benar-benar bersih maka sudah bisa melakukan proses selanjutnya yaitu pekerjaan Injeksi menggunakan material grouting.

Fungsinya untuk menutup celah pori-pori sekaligus memperbaiki beton yang sebelumnya mengalami kerusakan kecil sebagai efek samping pengeboran. Dengan ditembak grouting terlebih dahulu maka stek yang akan dipasang nantinya bisa tertanam kuat.

injeksi lobang bor beton dengan grouting

injeksi lobang bor beton dengan grouting

Pemasangan stek besi

Setelah material grouting memenuhi lubang, maka sudah bisa dimasukkan tulangan yang akan menjadi stek kemudian tunggu beberapa waktu sesuai dengan rencana, hal ini untuk memastikan stek sudah tertanam kuat.

pemasangan stek besi beton

pemasangan stek besi beton

 

Begitulah contoh metode  pengangkuran stek besi pada beton, semoga bisa menambah referensi bagi para sahabat sekalian khususnya dalam bidang ilmu konstruksi bangunan.

Tags:,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.