Cara buat talang rumah yang baik dan benar agar tidak bocor

Musim hujan merupakan keberkahan bagi sebagian besar orang, banyak tanaman yang tadinya kekeringan saat musim kemarau seakan terobati dari lelahnya dahaga panjang.

Sebaliknya hujan bisa menyebabkan kapala pusing bagi yang atap rumahnya kebocoran, termasuk pada bagian konstruksi talang. contohnya ada mas rafa yang mengalami masalah ini

rafa = mas saya mau nanya bagaimana cara buat talang rumah yang baik dan benar, talang rumah saya bocor terus.

Agar hal ini tidak sampai terjadi, disini coba kita ungkap cara buat talang rumah yang baik dan benar agar tidak bocor.

 

Ada banyak material yang bisa dijadikan sebagai talang. Mulai dari karpet, PVC, cor beton, dan yang lainya.

Untuk material karpet atau PVC bisa memilih yang kualitas bagus, lebih mahal sedikit tidak apa-apa yang penting kuat dan tahan lama sehingga tidak banyak biaya, waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk perawatan.

Pemasanganya juga harus baik dan benar agar tidak bocor.

Nah, masalah sering terjadi pada talang cor beton kenapa masih bocor padahal sudah dibuat sebaik mungkin. Ini karena ada bagian material yang dilupakan atau belum tahu sehingga tidak dipasang.

Material tersebut yaitu waterproofing yang perlu dipasang sebagai lapisan diatas cor beton. Jadi airnya tidak sampai merembes ke struktur dan jatuh keruangan bawahnya.

pemasangan waterproofing

pemasangan waterproofing

Cara memasangnya yaitu setelah cor beton kering lalu permukaan atasnya di olesi dengan cairan waterproofing. tunggu sampai kering lalu dilakukan pengetesan dengan mengkondisikanya seperti kolam yang terisi air.

Dari situ bisa terlihat apakah masih bocor atau tidak. Jika sudah tidak mengalami kebocoran maka bisa dilanjut pekerjaan selanjutnya yaitu scred atau plesteran diatas permukaan waterproofing.

Oh iya ada juga waterproofing berupa membran lembaran, pemasanganya sedikit berbeda namun  fungsinya sama.

 

Jika atap betonya sudah terlanjur lama dibuat tanpa waterproofing maka bisa segera dipasang. Tapi sebelumnya harus dibersihkan terlebih dahulu permukaanya dari bermacam kotoran agar bisa menempel dengan kuat.

 

Begitulah sedikit tips cara buat talang rumah yang baik agar tidak bocor terutama yang dari bahan beton. Dengan talang rumah anti bocor yang sudah berfungsi secara optimal semoga datangnya hujan bisa membuat hati makin kegirangan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.