Cara agar walet mau tinggal di rumah

Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai cara agar walet mau tinggal di rumah. Yang pertama kita harus menyiapkan bangunanya terlebih dahulu agar mirip dengan habitat aslinya di alam. Maksudnya bukan bentuk rumahnya harus sama persis seperti goa atau sejenisnya, tapi di desain sedemikian rupa agar walet merasa betah untuk menginap didalamnya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar walet mau menginap di rumah.

Membangun rumah burung walet (RBW)

Standar kenyamanan rumah tinggal antara manusia dan walet itu berbeda. Jadi kita perlu menyiapkan bangunan yang memang secara khusus didesain untuk walet. Jikalau mau memanfaatkan rumah yang sudah ada, maka perlu melakukan renovasi terlebih dahulu agar memenuhi standar RBW.

Mengatur suhu dan pencahayaan ruangan

Hal yang perlu diperhatikan yaitu rumah harus gelap remang – remang, ruanganya sejuk dengan suhu sekitar 26 derajat. Untuk mendapatkan kondisi ini maka dinding rumah harus dibuat tertutup tanpa jendela besar (cukup diberi lobang angin saja). Dan untuk menambah kelembaban ruangan maka dibagian lantai bisa dibuatkan kolam air.

Menyiapkan lubang masuk burung walet (LMB)

LMB perlu disiapkan dengan ukuran serta lokasi yang tepat. Dengan begitu maka walet bisa melihat lokasinya dengan jelas, sekaligus nyaman ketika keluar masuk rumah.

Memastikan rumah walet bebas dari hama

Berikutnya perlu melakukan pengecekan hama agar walet tidak takut serta nyaman bertempat tinggal didalamnya. Pastikan tidak ada kelelawar, tupai, burung hantu, ular, tikus, kecoa, bahkan semut didalam RBW.

Membunyikan suara panggil, tarik, dan inap burung walet

Kita bisa menggunakan pengeras suara untuk memutar rekaman pemanggil burung walet. Pastikan suara tersebut sesuai dengan bahasa burung.

Menggunakan parfum aroma pemikat walet

Kita bisa menyemprotkan parfum pemikat walet pada bagian dalam RBW terutama sirip yang menjadi tempat bersarang. Dengan begitu maka walet yang sudah masuk diharapkan akan berpikir bahwa sudah ada yang bersarang di RAB tersebut sehingga terpancing untuk ikut tinggal didalamnya.

Mengindari masuk ke rumah burung walet pada siang hari

Sebisa mungkin jangan masuk kedalam RAB pada siang hari sekitar jam 12 – 14 an. Karena pada jam tersebut manusia bisa dianggap sebagai pengganggu sehingga walet merasa takut untuk tinggal didalam RBW.

Memasang sarang buatan didalam RBW

Sarang palsu bisa ditempelkan ke dinding sirip, dengan begitu maka walet bisa terpancing untuk ikut membuat sarang.

Berdoa kepada Tuhan yang maha memelihara makhluknya

Jangan lupa berdoa kepada Allah swt yang berkuasa atas segala sesuai di alam semesta. Dengan berdoa semoga kita bisa dimudahkan dalam melakukan budidaya burung walet dan hasilnya bisa melimpah ruah serta barokah.

Begitulah beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai upaya agar walet mau menginap di rumah. Cara lainya bisa dilakukan sebagai inovasi untuk mendapatkan yang terbaik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.