Berapa lama waktu membangun rumah kost dipengaruhi hal ini

Kali ini kita bahas mengenai berapa lama membangun rumah kost. Saya terpikir untuk membuatkan artikel ini setelah melihat pertanyaan dari pak joni joni dihalaman

Beliau menanyakan tentang  “Berapa lama waktunya membangun rumah kost tersebut?”

Jawabanya yaitu waktu pelaksanaan pembangunan rumah kost bisa menyesuaikan, mau cepat atau lambat bisa diatur.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi pembangunan, diantaranya yaitu tenaga kerja, material, metode kerja, lokasi kerja, manajemen proyek, biaya, serta yang lainya.

Kita akan coba bahas satu persatu mengenai hal ini.

 

waktu pelaksanaan pembangunan

waktu pelaksanaan pembangunan

Hal – hal yang mempengaruhi waktu pembangunan

Tenaga Kerja

Banyak sedikitnya jumlah tenaga dan kinerja tukang bangunan sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya produksi bangunan. Ada pilihan untuk menambah tukang apabila pelaksanaan pembangunan mau selesai lebih cepat.

Material

Ketersediaan material juga sangat mempengaruhi waktu pelaksanaan. Jangan sampai para tukang bangunan menganggur karena bahan bangunan yang dibutuhkan untuk bekerja tidak tersedia. misalnya mau memasang dinding batu bata tapi pasirnya sedang habis, kondisi ini bisa membuat para tukang menunggu sehingga pembangunan bisa selesai lebih lama.

Metode kerja

Hal yang tidak kalah penting berikutnya yaitu berkaitan dengan metode kerja, contohnya mengecor plat lantai dengan metode penyangga bekisting bambu itu bisa lebih lama dibanding dengan pakai besi scafolding yang tinggal merangkai saja.

Lokasi kerja

Yang mempengaruhi berikutnya yaitu lokasi kerja, contohnya membangun di lokasi yang jalan menuju proyeknya tidak bisa dilewati truck akan lebih susah dan lama dibanding diarea yang jalanya sudah ada.

Manajemen proyek

ini juga besar pengaruhya pada cepat atau lambatnya sebuah proyek, perlu jadwal kapan harus mendatangkan material, kapan harus mengerahkan tukang bangunan sejumlah sekian orang, apa saja masalah yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan dan bagaimana langkah antisipasinya. Jika proyek di manajemen dengan baik dan tepat pasti akan bisa selesai lebih cepat.

Anggaran Dana

Mau beli material dan bayar tenaga kerja akan lebih mudah jika dananya sudah tersedia, jadi pelaksaan tidak harus terhenti untuk sementara karena tukangya belum terbayar, atau belum bisa mendatangkan bahan bangunan karena dana tidak ada.

Keadaan alam

Misalnya hujan deras bisa mempengaruhi pekerjaan pengecoran di luar ruangan, terjadinya bencana alam seperti banjur juga bisa menunda pendatangan material.

 

Begitulah hal-hal yang bisa mempengaruhi waktu pembangunan, dan yang paling menentukan adalah kehendak Tuhan. Oleh karena itu selain berusaha menyelesaikan pembangunan tepat waktu juga jangan sampai lupa mengirinya dengan doa. Biar pekerjaan bisa berjalan tanpa kendala, pekerjanya selamat, dan barokah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.