Analisa pengaruh rajin shalat terhadap proyek pembangunan

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengungkap dan menganalisa pengaruh rajin shalat terhadap pelaksanaan proyek pembangunan, adakah perbedaanya jika pembangunan proyek konstruksi dilaksanakan oleh sekumpulan pribadi yang rajin menjalankan ibadah shalat. Kita tahu bahwa Shalat merupakan ibadah yang diwajibkan oleh Tuhan sang pencipta alam semesta dan harus dilaksanakan oleh manusia 5 kali sehari, ada juga shalat lain yang bersifat sunah/dianjurkan. kewajiban ini bagi sebagian manusia merupakan hal yang memberatkan, namun bagi sebagian lain merupakan kegiatan yang menggembirakan, perbedaanya mungkin terletak pada pengetahuan dan kesempatan dalam menikmati sebagian hasil dari ibadah shalat tersebut bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar. termasuk juga dalam lingkup dunia proyek, untuk itu mari kita analisa lebih lanjut 🙂

 

NoBeberapa pelajaran yang bisa didapatkan dengan melakukan shalat.Pengaruhnya dengan dunia proyek konstruksi?
1Dalam shalat berjamaah kita dilatih kebersamaan, kepemimpinan, dllDalam proyek konstruksi diperlukan banyak pribadi dengan kemampuan beragam yang perlu bersatu dan bekerjasama sehingga dapat menghasilkan karya terbaik.
2Berlatih disiplin, kita diharuskan menjalankan shalat tepat pada waktunya.Perlu sikap disiplin agar proyek bisa selesai tepat waktu maksimal sesuai dengan masa kontrak.
3Hidup bersih, kita berwudhu sebelum shalat untuk membersihkan diri, tubuh dan pakaian kita dalam keadaan bersih saat menjalankan shalat.Lingkungan proyek yang bersih akan menciptakan suasana kerja yang nyaman sehingga produktifitas pekerja menjadi lebih tinggi.
4Fokus dan tenang saat sholat.Fokus dalam menyelesaikan proyek
5Latihan membagi waktu dan kegiatan, kapan beraktifitas kapan harus shalat.Proyek akan berjalan dengan baik jika management mampu membagi waktu dan rencana setiap detail pekerjaan. kita telah terlatih dalam mengendalikan diri.
6Kita harus bangun pagi agar bisa shalat subuh.Dengan memulai aktifitas lebih pagi maka kita punya lebih banyak kesempatan untuk berkarya.
7Tahu kapan harus istirahat untuk mengerjakan shalatDengan beristrirahat sejenak maka tubuh dan pikiran kita menjadi lebih segar sehingga lebih ringan dan mudah dalam berkarya kembali.
8Shalat di masjid itu pahalanya lebih tinggi, rata-rata masjid didesain dengan arsitektur tinggi.Perjalanan menuju ke tempat shalat ditambah memperhatikan desain masjid memungkinkan untuk memperoleh inspirasi baru sehingga bisa lebih kreatif.
9Dan lain lainDan lain lain

 

Demikian analisa sederhana mengenai manfaat shalat bagi dunia proyek konstruksi, jadi sekumpulan pribadi yang rajin sholat akan mampu melaksanakan proyek dengan bagus serta menghasilkan karya terbaik. ini hanyalah pendapat pribadi, jika ada kesalahan mohon di koreksi, jika hendak menambahkan informasi maka kita terima dengan senang hati 🙂

One Response

  1. reza 19 April 2014

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.