Usulan nama ibu kota baru indonesia di kalimantan

Kali ini kita bicara soal usulan nama ibu kota baru indonesia di kalimantan, kita tahu bahwa pada bulan agustus 2019 presiden negara republik indonesia Ir. Joko widodo melalui pidatonya telah meminta izin kepada parlemen untuk memindahkan ibu kota dari jakarta ke kalimantan timur tepatnya di sebagaian kabupaten kutai kartanegara dan penajam paser utara provinsi kalimantan timur.

Keputusan tersebut tentu telah melalui berbagai pertimbangan dari segala aspek yang sudah dilakukan oleh badan perencanaan pembangunan nasional (bapenas) selama beberapa tahun sebelumnya.

nama ibu kota baru indonesia

nama ibu kota baru indonesia

Nah.. karena rencana ibu kota baru tersebut akan berlokasi dikedua wilayah, maka ada kemungkinan akan dibuatkan nama baru. Untuk itu disini kita buatkan daftar usulan nama yang bisa digunakan.

 

Kukarta

Merupakan singkatan dari nama kutai kartanegara, karena kata kutai kartanegara cukup panjang apabila tidak disingkat maka bisa diperpendek menjadi Kukarta yang sangat mirip dengan nama ibukota sebelumnya yaitu Jakarta. Jadi setelah berawal dari haruf J maka beralih ke abjad berikutnya yaitu K.

Kata ku berati saya, sedangkan kata karta banyak dipakai sebagai akhiran nama-nama kota dinusantara seperti yogyakarta, jakarta, surakarta, puwakarta dan lain-lain, kata karta berarti karya atau hasil kerja yang telah dicapai, atau bisa juga berarti makmur, sempurna, berkembang, ulung, maju.

Jadi kalau digabung kata kukarta berarti hasil pekerjaanku yang sempurna, maju, ulung, makmur.

Kutakarta

mirip dengan usulan nama pertama namun ditambahkan kata ta sehingga lebih mewakili nama kutai, kata kuta berarti tempat berlindung.

Jadi kata kutakarta berarti tempat berlindung yang makmur, maju dan sempurna sehingga bisa menghasilkan karya terbaik.

Penakarta

Nama berikutnya yang bisa dipakai yaitu perpaduan antara nama penajam paser utara dan kutai kartanegara, digabung menjadi penakarta. Pena berarti alat untuk menulis, sedangkan karta artinya sempurna seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya.

Jadi kata penakarta berarti alat untuk menulis karya yang sempurna, semoga negara indonesia bisa menjadi alat sekaligus tempat bagi kita untuk menghasilkan kara terbaik.

Jakasupa

Kali ini kita berpikir lebih luas dengan memberikan nama yang mewakili seluruh pulau di indonesia, sayangnya ada ribuan pulau di indonesia yang apabila diwakili semua maka akan menjadi sangat panjang nama ibukotanya, oleh karena itu diambil perwakilan dari pulau-pulau terbesar saja, sedangkan pulau lain yang lebih kecil statusnya mengikuti.

Jadi nama yang bisa dipakai yaitu jakasupa, adapun rincian pewakilan nama pulaunya sebagai seberikut.

  • Ja = Jawa
  • Ka = kalimantan
  • Su = Sumatera, Sulawesi
  • Pa = Papua

Lalu adakah arti dari kata jakasupa, setelah kita cari di kamus besar bahasa indonesia ternyata ada yaitu kata jaka berarti anak laki-laki yang telah dewasa tapi belum menikah atau masih lajang, sedangkan kata supa berarti cendawan yaitu jamur yang berbentuk seperti payung.

Jadi kata jakasupa bisa menggambarkan kekuatan negara indonesia bagai perjaka yang sedang berada dalam masa keemasanya, sekaligus memayungi rakyatnya bagaikan payung, juga menyatukan nusantara karena jamur tumbuh subur diberbagai wilayah indoensia.

jaka supa juga merupakan nama mpu pada zaman kerajaan majapahit, jadi nama ini sudah jauh hari ada.

 

Demikian usulan nama ibu kota baru indonesia, semoga salah satunya diminati oleh rakyat sekaligus pemerintah negara indonesia sehingga terpakai sebagai nama baru ibu kota setelah pindah dari jakarta. dan semoga nama Ahadi terabadikan dalam sejarah sebagai orang yang telah menginspirasi pemberian nama baru ibu kota indonesia.

Dan apakah para sahabat sekalian ada yang punya ide atau usulan nama ibu kota baru indonesia? silahkan dituliskan disini, barangkai terpakai secara resmi sebagai nama ibu kota yang baru.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.