ilmusipil.com

Media dan Forum berbagi ilmu sipil


Tugas quantity surveyor pada kontraktor

Quantity surveyor / estimator pada perusahaan kontraktor bertugas menghitung volume dan kebutuhan material bangunan yang digunakan untuk melaksanakan pekerjaan proyek pembangunan baik itu gedung maupun infrastruktur, berikut ini beberapa tugas quantity surveyor pada kontraktor dalam pelaksanaan proyek bangunan :-)

 

Tugas quantity surveyor pada kontraktor

  • Menghitunga luas m2 pekerjaan bangunan seperti pasangan batu bata, plesteran, pasangan keramik, pekerjaan genteng dll.
  • Menghitung volume m3 pekerjaan seperti pekerjaan beton, screed lantai, pekerjaan urugan tanah dll.
  • Menghitung volume kg pada pekerjaan besi beton bertulang, alumunium, profil baja dll.
  • bekerja sama dengan logistik atau pengadaan barak untuk memberikan informasi kebutuhan material yang harus didatangkan ke lokasi proyek pembangunan.
  • Menghitung volume pekerjaan bangunan yang sudah dilaksanakan dan sisa pekerjaan untuk keperluan pembuatan opname mandor/ pemborong dan untuk keperluan engineering dalam membuat schedule pekerjaan pelaksanaan pembangunan.
  • menghitung kebutuhan material yang dibutuhkan dalam setiap item pekerjaan bangunan.
  • mengecek penggunaan material apakah sudah sesuai dengan apa yang dihitung oleh estimator.
  • mengecek setiap gambar shop drawing baru apakah terjadi perubahan dari apa yang sudah dihitung sebelumnya, jika terjadi perubahan maka tugas quantity surveyor adalah menghitung ulang volume pekerjaan atau menghitung pada item pekerjaan tambah kurang saja.

quality-controlQuality Qontol dan Quantity Surveyor sekilas hampir sama namun sangat berbeda tugas pekerjaanya, Quality qontrol bertugas mengecek kualitas/baik-buruknya pekerjaan sedangkan Quantity surveyor bertugas mengecek kuantitas/jumlah pekerjaan.

 

kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh quantity surveyor dalam melaksanakan pekerjaanya antara lain:

  • mampu mengoperasikan software autocad karena dengan ini pekerjaan menghitung volume material bangunan akan lebih cepat dan teliti.
  • Dapat mengopersikan software microsoft terutama microsoft excel karena akan sangat membantu dalam melaksanakan pekerjaan perhitungan volume bangunan.
  • mengetahui berbagai macam rumus bidang luas dan volume bentuk bangunan.
  • mempunyai sifat sabar dalam menghitung dan teliti dalam melaksanakan perhitungan.
  • Tidak mudah mengeluh karena terjadinya perubahan item pekerjaan/ gambar pelaksanaan yang menyebabkan diperlukanya pekerjaan perhitungan ulang volume bangunan.

 

Begitulah kurang lebih tanggung jawab Quantity surveyor / estimator pada perusahaan kontraktor proyek bangunan, jika ada koreksi atau tambahan bisa dimasukan dibawah :-)

5 Comments

Add a Comment
  1. derisains

    mantaps bro,,,
    aku QS di Kontraktor kurang lebih seperti itu kerjanya

  2. satria

    susah gak sih belajar untuk menjadi atau menjabat QS/QC

  3. ricky

    apa Time Schedule termasuk dalam tugas QS ?, analisa biaya yg dipakai biasanya SNI atau ada analisa lain yang digunakan ?

  4. Agus Haryanto

    Matappppp dah saya juga QS juga sudah bekerja di bidang QS sekitar 4 tahunan,@satria mudah yang penting mau belajar……..

  5. suspada

    Kalau ditambah ilmu metode kerja dan harga bahan bangunan maka siap jadi estimator, tambah lagi ilmu delegasi tugas maka siap jadi SM, kalau ditambah ilmu mengelola keuangan dan staff proyek maka siap jadi PM, kalau ditambah ilmu menelola cash flow, mencari proyek dan pendanaan maka siap jadi owner perusahaan konstuksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2015 Media Berbagi ilmu sipil