Tugas office boy pada kontraktor proyek

Office boy adalah salah satu jabatan dalam organisasi kontraktor pelaksana proyek yang bertugas melayani kebutuhan yang berhubungan dengan pekerjaan karyawan misalnya menyediakan makanan atau minuman ringan, membantu foto copy, membersihkan kantor,  juru kunci, dll. Untuk menduduki posisi tersebut biasanya tidaklah terlalu sulit karena tidak ada persyaratan khusus seperti pendidikan tinggi atau pengalaman kerja, yang lebih penting adalah rajin bekerja dan bersedia melayani orang lain dalam melaksanakan pekerjaan didunia proyek konstruksi. meskipun posisinya terkesan biasa namun sangat banyak peran penting tugas office boy pada kontraktor proyek, bahkan salah satu kunci keberhasilan proyek dipegang oleh office boy. berikut ini beberapa tugasnya 🙂

 

office boy proyek

office boy proyek

Tugas office boy pada kontraktor proyek

  1. Membuat minuman dan makanan ringan bagi karyawan, dari mulai pelaksana lapangan, engineer sampai pemimpin proyek. ini sangat berpengaruh terhadap kelancaran proyek, kenapa ini penting? begini, dengan adanya cemilan, kopi atau teh diharapkan semangat kerja karyawan semakin meningkat tajam. ingat bahwa salah satu keberhasilan proyek adalah bisa selesai tepat waktu karena produktifitas karyawan tinggi.
  2. Memperbanyak dokumen dengan cara foto copy secara mandiri, atau membawanya ke jasa percetakan terdekat.
  3. Turut serta dalam menjaga keamanan kantor proyek atau direksi keet.
  4. Sebagai penerima telepon, apalagi saat kantor sedang kosong, di kontraktor besar pastinya ada saja rekanan yang menelepon, keahlian komunikasi seorang office boy akan diuji dalam situasi ini.
  5. Sebagai agen intelejen/mata-mata pemimpin proyek. he..he.. terkadang seorang pimpinan proyek perlu tahu secara detail bagaimana keadaan proyeknya dan seperti apa kondisi karyawan yang dipimpinya. padahal seorang pemimpin proyek belum tentu bisa selalu standby dilokasi proyek, jadi dengan adanya peran mata-mata office boy maka akan lebih mudah dalam menentukan kebijakan yang paling tepat.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan proyek.
  7. Menyiapkan makan karyawan di proyek.
  8. Seorang office boy yang punya semangat belajar tinggi, mau kerja sambil kuliah maka peranya bisa meningkat menjadi administrasi proyek atau bahkan direktur keuangan kontraktor, dengan begini maka akan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak karena sudah menjalankan bermacam peran.

 

Begitu penting tugas seorang office boy dalam satu kesatuan organisasi pelaksana proyek konstruksi, sehingga memerlukan perhatian khusus, bukan hanya sekedar orang yang pantas untuk disuruh-suruh, tapi perlu diposisikan sebagai mitra kerja yang juga memegang salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan proyek konstruksi, jadi pesan buat office boy diseluruh indonesia maupun dunia “jalankanlah tugas mulia itu dengan baik, layanilah semua karyawan tanpa membeda-bedakan posisi jabatanya, semoga menjadi amal yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain” selamat menjalankan tugas 🙂

Leave a Reply