Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Tugas logistik proyek bangunan

Logistik proyek bangunan adalah suatu bagian profesi yang ada dalam rangkaian struktur organisasi proyek dengan tugas pendatangan, penyimpanan dan penyaluran material atau alat proyek ke bagian pelaksana lapangan. Tugas logistic proyek ada beberapa macam yang jika dilaksanakan dengan baik diharapkan kegiatan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa tugas yang dilakukan.

 

Tugas logistik proyek bangunan

  • Mencari dan mensurvey data jumlah material beserta harga bahan dari beberapa supplier atau toko material bangunan sebagai data untuk memilih harga bahan termurah dan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.
  • Melakukan pembelian barang atau alat ke supplier atau toko bahan bangunan dengan melaksanakan seleksi sebelumnya sehingga bisa mendapatkan harga material termurah pada supplier terpilih.
  • Menyediakan dan mengatur tempat penyimpanan material yang sudah didatangkan ke area proyek sehingga dapat tertata rapid an terkontrol dengan baik jumlah pendatangan dan pemakaianya.
  • Membuat label keterangan pada barang yang disimpan untuk menghindari kesalahan penggunaan akibat tertukar dengan barang lain.
  • Melakukan pencatatan kelluar masuknya barang serta bertanggung jawab atas pendatangan dan ketersediaan material yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembangunan.
  • Mengelola persediaan barang dalam jumlah yang cukup pada waktu material tersebut diperlukan dengan biaya termurah serta memenuhi persyaratan mutu spesifikasi bahan dalam kontrak konstuksi.
  • Membuat dan menyusun laporan material sesuai dengan format yang sudah menjadi standar perusahaan kontraktor .
  • Membuat berita acara mengenai penerimaan atau penolakan material setelah melalui control kualitas bahan oleh quality qontrol.
  • Menyusun macam-macam laporan logistic yang diminta oleh perusahaan.
  • Berkoordinasi dengan pelaksana lapangan dan bagian teknik proyek mengenai jumlah dan schedule pendatangan bahan yang dibutuhkan pada masing-masing waktu pelaksanaan pembangunan.

 

Mengingat kehadiran material merupakan suatu hal yang penting agar pelaksanaan setiap itempekerjaan dapat berjalan sesuai waktu yang telah dijadwalkan maka peran logistik proyek pembangunan merupakan kunci ketepatan waktu pelaksanaan proyek. Terlalu cepat mendatangkan bahan ke area proyek disatu sisi dapat memberikan keuntungan untuk mengindari kenaikan harga di waktu yang akan datang namun terjadi penambahan biaya penyimpanan material serta resiko kerusakan pada material yang tidak tahan, terlambat mendatangkan material bangunan bisa jadi terjadi penundaan pekerjaan dilapangan sehingga terjadi kemunduran waktu pelaksanaan oleh karena itu dibutuhkan kecakapan dan profesionalitas dalam menjalankan setiap tugas logistik proyek pembangunan.

  1. tenaga kerja proyek bangunan
  2. Surat terbuka buat presiden kami yang baru
  3. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan
  4. Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin
  5. Calon presiden indonesia 2014 terbaik
  6. Modal itu tidak hanya Uang
  7. tugas drafter pada kontraktor dan konsultan perencana
  8. Pernah korupsi di proyek?
  9. Tugas quantity surveyor pada kontraktor
  10. Psikologi “TRANSPORTS LANCAR” dalam proyek Konstruksi bangunan
  11. Sekolah bukan untuk mencari ijazah atau melamar pekerjaan
  12. Tugas staf peralatan proyek bangunan
  13. agar tukang bangunan bekerja baik
  14. Dalam puasa ada latihan pengendalian proyek
  15. Arus balik setelah lebaran H+
  16. Tugas quality qontrol proyek bangunan
  17. Sarjana IPK 3+ belum tentu sukses
  18. Hasil Quick Count pemenang pemilu presiden indonesia
  19. Pilih Presiden siapa yang cocok untuk indonesia?

3 Responses to “Tugas logistik proyek bangunan”

  1. ROY says:

    seorng logistik harus bertanggung jawab & mempunyai Mental yg kuat agar ketepatan dlm memesan & mengelola stok barang & pemesanan Lancar tepat waktu & extra !

  2. Ega says:

    Ada buku referensi yang memahas seputar logistik ga min? Mohon bantuannya. Mau banyak belajar tentang logistik. Terutama masalah pengadaan barang. Kalau ada referensi tolong dibalas ya min?

  3. vita says:

    saya staff logistik dan sekarang saya belum bisa mengendarai motor…
    antara lanjut dan tidak.

Leave a Reply