Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Tugas administrasi dan keuangan proyek bangunan

Sebuah proyek konstruksi akan berjalan dengan baik jika didukung oleh seorang administrasi dan keuangan proyek dengan berbagai macam tugasnya. Peran administrasi proyek dimulai dari masa persiapan pelaksanaan pembangunan sampai dengan pemeliharaan dan penutupan kontrak kerja. Tugas administrasi dan keuangan proyek bangunan adalah sebagai berikut.

 

Tugas administrasi dan keuangan proyek bangunan

  • Melakukan seleksi atau perekrutan pekerja diproyek untuk pegawai bulanan sampai dengan pekerja harian dengan spesialisai keahlian masing-masing sesuai posisi organisasi proyek yang dibutuhkan.
  • Pembuatan laporan keuangan atau laporan kas bank proyek, laporan pergudangan, laporan bobot prestasi proyek, daftar hutang dan lain-lain.
  • Membuat dan melakukan verifikasi bukti-bukti pekerjaan yang akan dibayar oleh owner sebagai pemilik proyek.
  • Melayani tamu – tamu  intern perusahaan maupun ekstern dan melakukan tugas umum.
  • Mengisi data-data kepegawaian, pelaksanaan, asuransi tenaga kerja, menyimpan data-data kepegawaian karyawan dan pembayaran gaji serta tunjangan karyawan.
  • Membuat laporan akutansi proyek dan menyelesaikan perpajakan serta retribusi.
  • Mengurus tagihan kepada pemilik proyek atau jika kontraktor nasional dengan banyak proyek maka bertugas juga membuat laporan ke kantor pusat serta menyiapkan dokumen untuk permintaan dana ke bagian keuangan pusat.
  • Membantu project manager terutama dalam hal keuangan dan sumber daya manusia sehingga kegiatan pelaksanaan proyek dapat berjalan dengan baik.
  • Membuat laporan ke pemerintah daerah setempat, lurah atau kepolisian mengenai keberadaan proyek dan karyawan dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan.
  • Mencatat aktiva proyek meliputi inventaris, kendaraan dinas, alat-alat proyek dan sejenisnya.
  • Menerima dan memproses tagihan dari sub kontraktor  jika proyek yang dikerjakan berskala besar sehingga melakukan pemborongan kembali kepada kontraktor spesialis sesuai dengan item pekerjaan yang dikerjakan.
  • Memelihara bukti-bukti kerja sub bagian administrasi proyek serta data-data proyek.

 

Dengan adanya bagian administrasi dan keuangan proyek yang bertugas dengan baik diharapkan kegiatan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan lancar khususnya dalam hal yang berkaitan dengan tugas-tugas bagian administrasi proyek. Pada proyek berskala besar dapat terdiri dari seorang manager administrasi yang dibantu oleh beberapa staf administrasi sehingga memudahkan dalam pembagian tanggung jawab tugas ke masing-masing bagian.

  1. THR tabungan hari raya karyawan
  2. Daftar lahan korupsi di proyek konstruksi

4 Responses to “Tugas administrasi dan keuangan proyek bangunan”

  1. ismail says:

    mks imfonya ya ,smg bermanfaat bagi saya

  2. ghofur says:

    makasih ya atas infonya,,,,
    klo bisa skalian sisipkan contoh2 dokumen untuk lebih mudah dalam pembukuan/rekapan akhir bulan

  3. irma says:

    Jadi, kalau mencatat stock yang ada di gudang juga administrasi? Misalnya laporan berapa pemakaian material perhari, berapa sisa stock material perhari. Itu gimana min?
    Mohon infonya.

  4. ivan says:

    thanxs info nya jd bermanfaat bwt saya di lapangan. tapi kalo blh tolong di bwt contoh laporan barang masuk dan keluar serta contoh pembukuan bulanan nya…
    thanxs

Leave a Reply