Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil tower crane proyek gedung

TOWER CRANE

Tower crane sangat cocok dipakai untuk pelayanan bangunan tingkat tinggi (high rise building) untuk melayani daerah yang cukup luas. Pada proyek ini tower crane (TC) menjadi sentral atau alat yang paling utama karena dalam proyek gedung bertingkat tinggi transportasi vertikal maupun horisontal yang memegang peranan penting dan menentukan terutama soal kecepatan kerja. Tower crane digunakan untuk mengangkut concrete bucket untuk pengecoran kolom pada lokasi yang tinggi serta mengangkut peralatan bantu dan bahan-bahan  untuk pekerjaan struktur, seperti air compressor, bekisting kolom, flying table form, besi beton, serta alat dan bahan lain. Seluruh operasional proyek sangat dipengaruhi oleh berfungsinya tower crane, disebabkan peranannya yang dominan untuk kelancaran jalannya pembangunan proyek.

Prinsip kerja tower crane berdasarkan kekuatan mesin (genset), keseimbangan beban, momen dan tegangan tarik kabel, serta sifatnya dapat berputar 360 derajat. Tower crane mampu menjangkau tempat yang jauh, mempunyai kapasitas angkut yang besar, dan dapat diatur mengikuti ketinggian bangunan.

Tower crane harus ditempatkan sebaik mungkin agar dapat menjangkau seluruh wilayah proyek dengan menggunakan panjang lengan (jib length) yang sependek mungkin tanpa harus melakukan pekerjaan bongkar pasang tower crane. Semakin jauh radius jib, maka kemampuan angkat menurun.

Jenis tower crane yang dipakai pada Proyek ‘tempat penulis kerja praktek’ adalah static base crane, yaitu tower crane berdiri secara tetap pada pondasi, dan untuk menambah kekakuannya dapat diangkurkan ke struktur gedung yang telah selesai dibangun.

Bagian – bagian dari tower crane

bagian tower crane

Gambar 1.1 bagian – bagian tower crane

Untuk keperluan operasional, ketinggian tower crane minimal harus lebih tinggi 4-6 meter dari ketinggian maksimum pekerjaan yang dilayani.

Tower crane mempunyai bagian-bagian seperti:

a.       Jib, merupakan bagian dari tower crane yang panjang dan bisa berputar secara horisontal sebesar 360 ° atau sering disebut lengan tower crane yang berfungsi untuk mengangkat material atau alat bantu pada proyek dengan bantuan kabel baja (sling).

b.      Counter weight, berupa beton pemberat yang terdapat pada bagian belakang tower crane yang berfungsi untuk memberikan keseimbangan pada tower crane.

c.       Mast section, adalah bagian dari tower crane yang menentukan tinggi dari tower crane, dimana pemasangan tiap-tiap mast section dibantu dengan alat hidrolik untuk menyusun mast section tersebut ke arah vertikal.

d.      Joint pin, adalah bagian dari tower crane yang merupakan tempat operator mengoperasikan tower crane.

e.       Sabuk pengaman (collar frame atau anchorages frame). Setelah ketinggian tower crane melampaui batas free standing yang diijinkan oleh pabrik pembuat, tower crane harus dipasang sabuk pengaman (tie beam) yang diikatkan pada bangunan (kolom). Dalam pemasangannya, harus diperhatikan kekuatan bracing agar konstruksi stabil menerima beban tarik dan tekan.

Spesifikasi Alat :

Type : Static Base Crane

Kapasitas            : Jib Length 50 m, Beban Maks. 2,3 ton

Jumlah Alat       : 1 Alat Tower Crane untuk melayani 1 Tower

  1. Concrete Pump Truck
  2. Jenis alat berat untuk proyek bangunan
  3. menghitung pondasi TC
  4. Alat Penyelidikan Tanah
  5. mengenal jenis alat pemecah batu
  6. Proses pembuatan jalan raya
  7. cara pemasangan tower crane
  8. Air Compressor Generator Set Las Listrik
  9. Bar Bender Bar cutter
  10. Tower Crane Elemen Penting Dalam Pekerjaan Teknik Sipil
  11. Download brosur Tower crane TC
  12. Penyebab Tower Crane TC rubuh
  13. Jenis Alat Pemancang Tiang
  14. Concrete Bucket dan Pipa Tremie
  15. Passenger Hoist
  16. tower crane proyek gedung
  17. Urutan pekerjaan pemasangan tower crane

2 Responses to “tower crane proyek gedung”

  1. Ranggi Wirasakti says:

    Sangat Bermanfaat sekali untuk saya.. terimakasih infonya..

  2. bernas says:

    apa kelemahan dan kelebihan tower crane itu ???

Leave a Reply

Current ye@r *