Tips pekerjaan cor beton yang bagus

Melakukan pekerjaan cor beton memang terlihat mudah namun apabila tidak tahu tipsnya bisa jadi hasil pengecoran tidak bagus seperti keropos, retak atau bahkan akibat terparah yaitu roboh. Nah.. agar tidak mengalami kejadian merugikan maka disini kita berbagi tips pekerjaan cor beton yang bagus entah itu dari pengalaman, cerita maupun membaca literatur yang ada. mari berbagi disini karena dengan mengamalkan ilmu kita akan memperoleh ilmu lain dari arah yang tak terduga 🙂 O.k sebagai permulaan kita buat daftar hal-hal yang mungkin bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil pekerjaan cor beton kualitas maksimal bagus dan murah.

 

Standar beton yang bagus

Sebagai ukuran bagusnya hasil pekerjaan cor beton maka kita buat terlebih dahulu beberapa kriteria yang harus ada sehingga sebuah beton bisa dikatakan sebagai kualitas baik.

  1. Kuat.
  2. Murah.
  3. Permukaan rata dan halus.
  4. Datar dan tegak.
  5. Cepat dalam pembuatan.
  6. Tidak keropos atau retak.

 

beton keropos

( Gambar : Beton keropos )

Tips pekerjaan cor beton yang bagus

  1. Desain struktur harus benar dulu, meliputi dimensi beton dan bahan yang digunakan. karena jika perhitungan strukturnya sudah salah walaupun dikerjakan sebaik apapun juga akan roboh.
  2. Menggunakan material beton sesuai dengan hasil perhitungan batas minimal kuat. misalnya jika sebuah struktur beton bertulang akan kuat jika menggunakan beton K350 jika dalam pengecoran menggunakan K250 maka besar kemungkinan akan terjadi kegagalan struktur.
  3. Bekisting dipersiapkan dengan benar, posisi dan jumlah perancah dihitung sekuat dan semurah mungkin sehingga tidak terjadi kerobohan akibat penyangga tidak kuat, namun tidak terjadi pemborosan karena penggunaan perancah terlalu banyak diatas kebutuhan.
  4. Papan bekisting atau triplek harus dalam kondisi bersih sebelum digunakan, bekisting bekas seringkali masih tersisa beton lama yang menempel, hal ini jika langsung digunakan sebagai cetakan maka bisa menyebabkan beton keropos.
  5. Pembongkaran bekisting tidak boleh terlalu cepat sebelum beton mampu menahan beban sendiri.
  6. Pembersihan beton tercecer harus dilakukan langsung saat proses pengecoran berlangsung karena membersihkan dilain waktu berarti beton tercecer sudah mengeras dan akan lebih sulit serta membutuhkan biaya besar.
  7. Jika menggunakan beton Ready Mix maka perlu berkoordinasi dengan perusahaan penyedia beton cor tersebut untuk memastikan bahwa material beton dikirim pada tanggal dan jam yang telah dijadwalkan, kemunduran kedatangan material beberapa jam atau bahkan hari bisa mempengaruhi kualitas pekerjaan beton.
  8. Selalu cek ketegakan dan kedataran beton dengan alat ukur seperti water pass atau teodolit.
  9. Untuk pengecoran beton yang menyambung dengan beton lama maka harus menggunakan lem beton dan melakukan ketrik beton lama agar menyatu dengan yang baru.
  10. Melakukan pekerjaan pemadatan saat pengecoran agar cetakan terisi sempurna, pemadatan bisa menggunakan palu yang dipukulkan pada bekisting, atau memakai mesin vibrator untuk beton volume besar.
  11. Melakukan penyiraman pasca cor beton agar tidak terjadi pengerasan yang terlalu cepat karena hal ini dapat menyebabkan keretakan.

 

Begitulah beberapa tips pekerjaan cor beton yang bagus semoga bermanfaat, dan apabila ada yang hendak menambahkan tips atau berbagai pengalaman lainya seputar cor beton bisa ditambahkan dibawah 🙂

25 Comments
  1. 4 years ago
    daddy

    Sya kira yg menulis ini tidak mengerti ya tntang apa yg ditulisnya. Judulnya tips cor beton yg bagus tpi isinya tidak mengena. Misalkan ditulis bila menggunakan beton readymix untuk menghubungi penyedia precast, beberapa perusahaan precast memang punya readymix tpi readymix belum tntu precast, dalam hal pengecoran ini ya brarti perusahaan readymix krna precast tidak cor ditempat klopun ada itu bukan precast tpi perusahaan readymix yg jalan yg jga pnyedia precast. Kemudian lagi membahas pembersihan bekisting dr beton sisa knpa fokusnya ke sini?? Justru bekisting yg bersisa itu indikator cara bekisting yg salah yg menyebabkan beton kropos, rusak, permukaan tdk bagus yg diakibatkan bekisting, jdi bila betonnya bagus itu jg bisa rusak permukaannya bila sistem bekisting salah caranya y dgn menambahkan plastic film atau dilumuri realease agent. Sekian

    Reply
    • 4 years ago
      bismo

      piye to dad? sing moco tulisanmu sampe gondok… wes jelas2 dikon nambahi dewe tinggal nambahi wae masih aja komplain. dasar geblek keminter malah ketok kamsone.

      Reply
    • 3 years ago
      dony

      Hehehee.
      Jgn sling menyalahkn.dri awl kan pnulis sdah menegaskan bahwasanya dy ingn brbagi pngalaman ya kan om2?
      Nah namanya pngalaman pasti berbda bda.
      Jadi alangkah baiknya jka kita sling menambhkan dan meluruskan tetapi hruz menghargai dan tdak bleh ada unsur menyalahkan.
      Jadi gni om,sya mau bertanya kpda om2 mengenai mslah ruko yg sya tempati.
      Nah asalnya ruko kita kan pnjang 15 mter dngan 3 lantai.
      Tetapi krna terlalu smpet kita buat bngunan smbungan ke blakang 7mter tiap lantai.nah yg jadi mslahnya,sambungan antar cor baru dngn cor lama itu mengalami keretakan meluruz dan memanjang pada sambungan.atau bsa dikatakan sambungannya mau terpisah atau ptus dari lantai pling atas.sehingga saat hjan deras aer mengalir dan membnjiri lantai dibwahnya.
      Nah sya mau tanyak om2 skalian brangkali bsa bantu kasi solusi dri masalah sya om.tlong sarannya.
      Trima kasih bnyak.

      Reply
      • 1 year ago
        fadly fuad

        Ada solusi cuma agak mahal aja,yaitu menambal dengan sejenis mesin injeksi,,harga bsa 150rb pertitik,,coba googling aja pak,smoga dapat membantu

        Reply
  2. 4 years ago
    jovan

    tambahan tips pengecoran beton:
    1. perlunya mengunakan mesin vibrator, untuk memadatkan material concrete dan dapat meminimalkan keropos
    2. bila tidak ada mesin vibrator/ atau tiba2 rusak, gunakan tongkat/ besi untuk di tusuk tusukan, terutama daerah yg rawan kropos
    3. beton lama yg akan disambung / diteruskan pengecorannya di dibersihkan dari sampah terutama serbuk gergaji di kolom, dan sebaiknya ditambahkan menggunakan sika bon/ lem beton beberapa menit sebelum dicor

    sekian trima kasih

    Reply
    • 4 years ago
      bismo

      nah iki koyo jovan ora minteri…. cocok van. tambah lagi tipsnya.

      Reply
      • 4 years ago
        raimu

        raimu mo cok…assu! we ra melu ngewehi solusi menengo cangkemu. ghatel!!!

        Reply
        • 3 years ago
          kunyk

          kalian semua bukannya saling menghargai malah sok p[inter tapi….

          Reply
  3. 4 years ago
    dimas

    kalau bisa di tampilkan juga knversi beton menurut pbi yg terbaru dan sni ,apalagi kalau ada yang belum biasa dilihat untuk orang2 awam..misal angka2 konversi tidak hanya sampai 28 hari yang bisa paling lama dihitung sampai umur berapa dalam konversi beton itu,terma kasih sebelumnya

    Reply
  4. 4 years ago
    Eka Maizuhardi

    Asu Ki, ngomong opo kiye? Ra cocok forume Dab….

    Reply
  5. 4 years ago
    jumawan

    mas boleh kan tak tambah sitik wae. masalah beton itu juga ada hubunganya dgn kondisi alam sekitar. contoh lain daerah kan ounya kadar material yang mutunya berbeda . contoh dari pasir aja lain daerah juga berbeda kadarnya. meskipun standartnya pakai pasir cuci klo di batam pasir tongkang, namun prakteknya pengusaha readimix itu banyak yang curang di campur dengan pasir darat biar untungnya banyak. jadi bagus tidaknya dan kuat tidaknya suatu beton bukan hanya di lihat dari teori tapi kemampua mandor di lapangan sangat di perlukan.

    Reply
  6. 4 years ago
    Raphael

    Hello,
    Saya memiliki sdkt mslh sewaktu pengecoran plat lantai dan balok, saat pelaksanaan pengecoran, bekisting balok sy jebol, sehingga balok sepanjang krg lbh 3m trpaksa ditinggalkan untuk di cor kembali besok nya, hal itu terpaksa dilakukan karna butuh wkt lama untuk memperbaiki bekisting yg jebol tsb.
    Pertanyaan saya, apa dampak negatif yg akan muncul jika balok tsb di cor keesokan pagi nya, sebesar apa pengaruh kekuatan yang hilang? Dan apakah masih layak untuk meneruskan pekerjaan itu sampai selesai ?

    Untuk informasi, Balok yg luput dr pengecoran tsb berdimensi 30 cm x 60cm, jarak dari kolom ke kolom 300cm

    Terima Kasih atas saran dan masukan nya

    Reply
  7. 3 years ago
    kunyk

    sekedar untuk mengingatkan ajaah mari kita belajar bersama-sama bersikap toleransi biar Indonesia jadi Negara yang PALING DISEGANI

    Reply
  8. 3 years ago
    abet

    Buat teman-teman mari kita belajar bersama saling menambah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik

    Reply
  9. 3 years ago
    Fariz

    saya mau tanya,
    Waktu efektif pembongkaran bekisting berapa lama ya? biasanya dilapangan bongkar 5-6 jam setelah pengecoran.
    terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • 3 years ago
      fariz

      Contohnya pengecoran kolom, dilapangan 5-6 jam pelaksana berani buka bekisting, berapa waktu efektifnya ya? Apa seharusnya sudah boleh dibuka dengan jangka waktu tersebut?
      Thanks.

      Reply
  10. 3 years ago
    david

    Om dan mas mas
    saya mau tanya, apakah kompresor type Airman bisa dipergunakan sebagai alat vibrator beton

    terima kasih sebelumnya, atas sarannya

    Reply
  11. 2 years ago
    rifki

    mau tanya?
    Seandaiya bila terjadi sruktur beton yang keropos seperti gambar di atas,
    Yang saya tanyakan bagaiman cara untuk mengatasinya,pakek matrial apa dan metode pekerjaan gimana?

    Reply
  12. 2 years ago
    fee

    Jadi gmn ya…yg bagus cor dengan beton atau dengan konvensional…? Dilihat dr segi negatifny. Mksh

    Reply
  13. 2 years ago
    mandau suwandi

    mas mau nanya, bisa nggak mengaduk semen dijalan menggunakan untuk pengerasan, menggunakan excavator ? kalau nggak bisa, sebaiknya menggunakan apa ?

    Reply
  14. 1 year ago
    suga

    Malah enek sing misuh barang …. Angger komposisi pasir, batu split, semen, air + besi pas tur ngaduke sing joss hasile yo apik… Nek perlu digedor2 ben padet… Ojo lali sedurunge ngecor ndongo+madang disek nek perlu ngis*ng disek ben kepenak le ngecor. Wis ngono wae komentarku mas bro. Ditrimo karepmu raditrimo yo ndiasmu hehehe ….

    Reply
    • 9 months ago
      kopeth

      Wkkkk

      Reply
  15. 11 months ago
    wong rowosari

    arep takon iki masbro, aku ngecor dalan kok hasile retak-retak ya,,kira2 kenapa ya

    Reply
    • 9 months ago
      jeje

      keakehen banyu iku

      Reply
  16. 10 months ago
    dadyjon

    Malah do mbaor mbaor ..kopi dipit ben rapanik ..ngkosore ono ebleg semanda melu mendeem po

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*