Tips pekerjaan cor beton yang bagus

Melakukan pekerjaan cor beton memang terlihat mudah namun apabila tidak tahu tipsnya bisa jadi hasil pengecoran tidak bagus seperti keropos, retak atau bahkan akibat terparah yaitu roboh. Nah.. agar tidak mengalami kejadian merugikan maka disini kita berbagi tips pekerjaan cor beton yang bagus entah itu dari pengalaman, cerita maupun membaca literatur yang ada. mari berbagi disini karena dengan mengamalkan ilmu kita akan memperoleh ilmu lain dari arah yang tak terduga 🙂 O.k sebagai permulaan kita buat daftar hal-hal yang mungkin bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil pekerjaan cor beton kualitas maksimal bagus dan murah.

 

Standar beton yang bagus

Sebagai ukuran bagusnya hasil pekerjaan cor beton maka kita buat terlebih dahulu beberapa kriteria yang harus ada sehingga sebuah beton bisa dikatakan sebagai kualitas baik.

  1. Kuat.
  2. Murah.
  3. Permukaan rata dan halus.
  4. Datar dan tegak.
  5. Cepat dalam pembuatan.
  6. Tidak keropos atau retak.

 

beton keropos

( Gambar : Beton keropos )

Tips pekerjaan cor beton yang bagus

  1. Desain struktur harus benar dulu, meliputi dimensi beton dan bahan yang digunakan. karena jika perhitungan strukturnya sudah salah walaupun dikerjakan sebaik apapun juga akan roboh.
  2. Menggunakan material beton sesuai dengan hasil perhitungan batas minimal kuat. misalnya jika sebuah struktur beton bertulang akan kuat jika menggunakan beton K350 jika dalam pengecoran menggunakan K250 maka besar kemungkinan akan terjadi kegagalan struktur.
  3. Bekisting dipersiapkan dengan benar, posisi dan jumlah perancah dihitung sekuat dan semurah mungkin sehingga tidak terjadi kerobohan akibat penyangga tidak kuat, namun tidak terjadi pemborosan karena penggunaan perancah terlalu banyak diatas kebutuhan.
  4. Papan bekisting atau triplek harus dalam kondisi bersih sebelum digunakan, bekisting bekas seringkali masih tersisa beton lama yang menempel, hal ini jika langsung digunakan sebagai cetakan maka bisa menyebabkan beton keropos.
  5. Pembongkaran bekisting tidak boleh terlalu cepat sebelum beton mampu menahan beban sendiri.
  6. Pembersihan beton tercecer harus dilakukan langsung saat proses pengecoran berlangsung karena membersihkan dilain waktu berarti beton tercecer sudah mengeras dan akan lebih sulit serta membutuhkan biaya besar.
  7. Jika menggunakan beton Ready Mix maka perlu berkoordinasi dengan perusahaan penyedia beton cor tersebut untuk memastikan bahwa material beton dikirim pada tanggal dan jam yang telah dijadwalkan, kemunduran kedatangan material beberapa jam atau bahkan hari bisa mempengaruhi kualitas pekerjaan beton.
  8. Selalu cek ketegakan dan kedataran beton dengan alat ukur seperti water pass atau teodolit.
  9. Untuk pengecoran beton yang menyambung dengan beton lama maka harus menggunakan lem beton dan melakukan ketrik beton lama agar menyatu dengan yang baru.
  10. Melakukan pekerjaan pemadatan saat pengecoran agar cetakan terisi sempurna, pemadatan bisa menggunakan palu yang dipukulkan pada bekisting, atau memakai mesin vibrator untuk beton volume besar.
  11. Melakukan penyiraman pasca cor beton agar tidak terjadi pengerasan yang terlalu cepat karena hal ini dapat menyebabkan keretakan.

 

Begitulah beberapa tips pekerjaan cor beton yang bagus semoga bermanfaat, dan apabila ada yang hendak menambahkan tips atau berbagai pengalaman lainya seputar cor beton bisa ditambahkan dibawah 🙂

26 Comments

  1. daddy
    • bismo
    • dony
      • fadly fuad
  2. jovan
    • bismo
      • raimu
        • kunyk
  3. dimas
  4. Eka Maizuhardi
  5. jumawan
  6. Raphael
  7. kunyk
  8. abet
  9. Fariz
    • fariz
  10. david
  11. rifki
  12. fee
  13. mandau suwandi
  14. suga
  15. wong rowosari
    • jeje
  16. dadyjon
  17. Yintin

Leave a Reply