Tips mengatasi rasa malas

Ah.. nanti sajalah mengerjakanya atau biar dikerjakan yang lain bahkan gak usah dikerjain saja sekalian karena tidak penting, mungkin begitulah sebagian alasan ketika kita merasa malas untuk melakukan sesuatu, akhirnya banyak hal-hal yang tertunda padahal seharusnya bisa selesai dengan cepat jika kita kerjakan secara serius dari tadi. Ya.. begitulah, yang namanya rasa malas itu memang suatu hal yang menjengkelkan tapi terkadang terasa ringan saat bermalas-malasan. kondisi ini memang erat kaitanya dengan kemampuan pengendalian diri, Nah.. berikut ini ada beberapa tips mengatasi rasa malas yang bisa dicoba 🙂

 

Temukan Motivasi – ada apakah gerangan seaindanya kita bisa melakukan hal itu dengan cepat, apakah akan ada hadiah, penghasilan berlipat, mendapat pujian atau bahkan memperoleh pahala dari Tuhan.  dengan adanya motivasi tersebut maka kita bisa semakin terpacu untuk menyelesaikanya lebih cepat.

Atur waktu – Kita bisa belajar manajemen waktu, contohnya tanyakan pada diri bahwa pada jam sekian kita akan melakukan kegiatan apa, dan kegiatan apa yang harus selesai maksimal jam sekian.

Selesaikan satu per satu – Memandang banyaknya tugas menumpuk memang bisa jadi alasan untuk semakin malas untuk mengerjakan, namun hal itu akan menjadi ringan jika kita mencoba menyelesaikanya satu persatu.

Olahraga dan OlahJiwa – Ya.. dengan olah raga maka tubuh kita semakin sehat, dengan olahjiwa maka jiwa kita semakin prima. dengan raga dan jiwa yang kuat maka kita akan lebih ringan dalam menjalani aktifitas.

mengatasi rasa malas

Ingat Konsekuensi – akan ada hukuman, mala petaka atau musibah yang akan terjadi jika kita tidak segera melakukan kegiatan tersebut. ini bisa menjadi penggebrak agar kita segera melakukanya dengan cepat.

Buat Penghargaan untuk diri – misalnya kita berikan bonus makanan yang lezat untuk diri sendiri jika bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, akan lebih bagus lagi jika bonus tersebut juga diberikan kepada orang-orang sehingga pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.

Menyederhanakan tugas – Hal hal yang sulit akan terasa mudah jika kita melihatnya sebagai sesuatu yang sederhana, ingat bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, kerjakan secara bertahap maka semua akan selesai.

 

Jadi tetaplah bersemangat dalam melakukan sesuatu, lawanlah rasa malas dalam diri agar aktifitas kita menjadi ringan dan menyenangkan, berdoa kepada Tuhan agar diberikan kekuatan, jalankan perintahnya untuk menjalankan ibadah seperti puasa, shalat,zakat,haji dll karena didalamnya ada pendidikan kontrol diri yang mendidik kita agar bisa menjadi pribadi prima, o.k selamat beraktifitas dengan rajin 🙂

2 Comments

  1. Mujiono 12 March 2015
  2. masroem 11 June 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.