Tips menabung bagi karyawan agar bisa mengumpul

Berprofesi sebagai karyawan itu bisa jadi target pemasaran para pengusaha yang terus merayu dengan bermacam promosi agar segera membelanjakan setiap uang yang masuk ke kantong, bukan menyalahkan pengusaha karena memang jalanya begitu agar produknya laris, dengan kondisi tersebut maka ada rintangan bagi seorang karyawan untuk bisa menabung, belum lagi ditambah sifat pada diri karyawan itu sendiri yang melekat budaya konsumtif dalam rangka gengsi gede-gedean, atau istilah orang tua bilangnya memburu wah.., wah keren, wah kaya, dan wah wah lainya, lalu bagaimana caranya agar bisa punya tabungan besar? Nah.. barangkali bermanfaat, berikut ini ada beberapa tips menabung bagi karyawan agar bisa mengumpul.

 

Langsung menyisihkan saat mendapat penghasilan

Akan lebih ringan jika menyisihkanya saat sedang mendapatkan, saat itu juga kita bisa menyisihkan sebagian untuk menabung, menyisihkan 2,5% untuk zakat, dan sisanya untuk keperluan lain.

Menabung tanpa perlu menunggu ada nominal besar

Ya.. gak perlu malu datang ke bank mengantri panjang tapi yang disetor cuma sedikit, lebih baik sedikit daripada tidak sama sekali, apalagi sekarang ini banyak perbankan yang memberikan produk tabungan rencana madiri dimana tabungan kita secara otomatis terpotong setiap bulan dan dapat diambil setelah jangka waktu tertentu.

Buka lebih dari 2 buku tabungan rekening Bank

Jadi kita bisa menentukan untuk apa kegunaan masing-masing rekening tersebut, contohnya rekening yang ini bisa diambil sewaktu-waktu, rekening yang satunya khusus untuk tabungan, jika perlu buang ke laut kartu ATM nya dan taruh dipuncak gunung buku tabunganya, agar sulit jika mau mengambil 🙂

Menabung minimal 10% dari penghasilan

Misalnya jika gaji kita Rp.3.000.000,- per bulan, maka kita bsa mewajibkan pada diri sendiri untuk menabung Rp.300.000,- setiap bulan.

Investasi dalam bentuk ilmu atau pendidikan

Teruslah belajar meskipun sudah menjadi pekerja, pergunakan sebagaian gaji untuk keperluan pendidikan, kita bisa kuliah ekstensi, ingat pepatah “dengan ilmu maka hidup menjadi mudah”, ya.. setidaknya dikemudian hari karir kita akan meningkat sehingga penghasilan naik, atau jika ilmu dan wawasan kita luas maka sangat memungkinkan untuk mengelola perusahaan sendiri dengan sukses.

Tabung dalam bentuk emas atau properti

Usahakan menukar uang kita kedalam bentuk emas, atau jika uangnya banyak maka bisa digunakan untuk membeli properti entah itu tanah, rumah, toko, atau yang lainya, karena nilai tukar emas itu terbukti stabil, sedangkan harga properti terus meningkat.

karyawan menabung

 

Itu dulu tips yang bisa disampaikan agar cepat mengumpul dalam menabung, satu tips terbaik adalah silahkan berpuasa karena dengan begitu maka kita telah melatih diri kita agar pandai dalam mengendalikan diri, tips-tips lain silahkan dipelajari lebih lanjut  🙂

4 Comments

  1. naedi 25 February 2015
  2. ridho 28 February 2015
  3. Rosi 6 March 2015
  4. wahyu 26 March 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.