Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Tips bekerja sebagai tukang bangunan

Bekerja sebagai tukang bangunan memang adakalanya merasakan suka duka, disatu sisi pikiran fokus untuk mendapat upah kerja yang banyak sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan anak istri jika sudah berkeluarga, dan bisa digunakan untuk memenuhi harapan ketika masih bujangan. apalagi kondisi kehidupan dengan lingkungan yang berorientasi pada materialistis sehingga seakan-akan sebuah kehormatan dinilai dengan benda-benda yang melekat pada seseorang. padahal tidak demikian adanya, karena kalau boleh jujur ketika kita sudah begelimang harta justru akan muncul bermacam kegelisahan dan kekhawatiran baru sebagai akibat memikirkan benda-benda tersebut. hal ini berbeda situasinya jika diimbangi dengan iman yang tinggi sehingga tercapai hidup dalam kejayaan dan kebahagiaan, nah.. sebagai tukang bangunan inilah beberapa tips bekerja yang mungkin bermanfaat untuk mencapai harapan :-)

 

Tips bekerja sebagai tukang bangunan

  1. Tetapkan niat terbaik dalam bekerja, karena niat ini akan sangat mempengaruhi apa yang kita lakukan serta bagaimana kondisi lingkungan. orang yang paling cerdas adalah orang yang bekerja untuk bekal kehidupan setelah kematian, kalau sudah begini insya Allah kebutuhan hidup otomatis terpenuhi serta tenang dalam kebahagiaan.
  2. Jaga kesehatan dan keselamatan kerja, ingat kita tidak hidup sendiri di dunia ini seberapapun jelek diri kita pasti ada yang merindukan entah itu keluarga, saudara, sahabat atau teman jadi keselamatan kerja sangat mahal jika dibanding segepok uang.
  3. Kita adalah Manusia, pernahkah kita lihat makhluk disekitar yang setiap hari berkelana mencari makan dan memuaskan keinginan, nah.. sebagai manusia kita harus bisa lebih dari itu, caranya adalah memikirkan bagaimana hidup kita bisa bermanfaat.
  4. Hitung pendapatan kita dalam setahun, sebulan, sehari bahkan setiap saat kita mendapat rizki. hitung 2,5% dari nilai yang kita dapat untuk disumbangkan kepada orang-orang kurang beruntung yang mungkin nasibnya tidak sebaik kita.
  5. Jaga hubungan baik dengan sesama tukang bangunan, mandor atau siapapun. catat alamat rumah atau nomor telpon yang bisa dihubungi, karena suatu saat jika kita kesulitan mencari kerja bisa menghubungi mereka atau sebaliknya mendapat informasi ketika ada yang membutuhkan tenaga.
  6. Bersikap jujur dalam bekerja, yakinlah dengan membawa sekeping uang kejujuran maka kita dapat membeli apapun dengan itu.
  7. Hindari bersikap curang misalnya dengan menjual semen yang seharusnya dijadikan untuk pelaksanaan pembangunan, memang benar uang bisa kita dapat secara cepat dengan itu namun apalah artinya rezeki yang tidak barokah sehingga cepat habis mungkin kita atau keluarga tiba-tiba sakit sehingga membutuhkan dana tidak sedikit, atau akibat langsung adalah tidak adanya ketenangan dalam diri kita.
  8. Upah bekerja sebagai tukang bangunan di Indonesia tergolong kecil, hal ini bisa dibuktikan bahwa banyak rumah yang sudah dibangun oleh pekerja bangunan namun rumah sendiri kondisinya memprihatinkan, bersabarlah tidak ada pekerjaan yang sia-sia di dunia ini, pintar-pintar mengatur keuangan dan mendekatkan diri kepada Tuhan agar hidup bahagia.
  9. Kurangi memakan makanan atau minuman buatan yang banyak mengandung bahan pengawet, pewarna dan bahan kimia lainya, memang rasanya enak namun bisa mengganggu kesehatan sehingga dapat menggagu konsentrasi bekerja di proyek.
  10. Selalu belajar untuk meningkatkan kemampuan, bagi kenek berlatihlah untuk bisa menjadi tukang, dan bagi tukang berlatirlah untuk bisa menjadi mandor begitu seterusnya sehingga bisa mendirikan perusahaan kontraktor sendiri, semua mungkin di dunia ini, ingat Allah itu tergantung prasangka hambanya.
  11. Hati-hati dengan iklan yang menggiurkan sehingga uang gaji yang kita dapat dengan memeras keringat habis begitu saja misalnya akibat gant-ganti handphone atau sepeda motor, ini sangat merugikan diri sendiri. tujuanya mungkin agar terlihatĀ  terpandang dimata orang lain namun hal itu justru makin menambah kegelisahan diri. lebih baik terhina dimata manusia namun tinggi derajat kita di mata Tuhan.
  12. Ingat Jujur, Displin, Belajar dan Beriman itu kunci sukses segala pekerjaan, karena didalamya ada keyakinan bahwa atasan kita adalah Tuhan penguasa seluruh alam.

 

Jika kita pikir besar sekali jasa tukang bangunan, berbagai model bangunan dari mulai rumah tinggal, tempat ibadah sampai gedung pemerintahan. Yah.. apapun pekerjaan kita apabila dilakukan dengan ikhlas insya Allah akan menyenangkan dan membuahkan hasil, selalu belajar dan mencoba-coba hal baru untuk mendapatkan apa yang kita harapkan, membaca kejadian dan alam disekitar agar bisa menjadi Manusia bermanfaat karena hanya itulah yang akan kita bawa sebagai bekal kembali kepada Tuhan :-)

ilmu sipil
  1. Daftar perabot ruang direksi keet kontraktor
  2. kontraktor pelaksana proyek
  3. zero komplain pada proyek konstruksi
  4. Cara menjadi kontraktor bangunan yang baik
  5. Cara mengembangkan usaha kontraktor bangunan
  6. cara membuat perusahaan kontraktor
  7. Kontraktor terbaik di Indonesia
  8. MARS PT PP PERSERO
  9. Pengawasan dan Pengendalian Waktu Pekerjaan proyek
  10. Logo PT. PP Persero pembangunan perumahan
  11. Nasib orang jujur di proyek bangunan
  12. Pengawasan dan Pengendalian Mutu Pekerjaan proyek
  13. Housekeeping pada proyek konstruksi
  14. Persiapan membuat perusahaan konsultan arsitektur dan kontraktor
  15. pengertian sistem kontrak konstruksi
  16. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia
  17. Jasa Waterproofing Injeksi Beton
  18. Ppknowledgecenter.com pusat ilmu pengetahuan karyawan PT.PP

9 Komentar

  • original kreasi says:

    tips nya bagus juga untk para pekerja tp untuk para MANDOR &PEMBORONG mana ya- mngkn nnt ada kali ya
    (Harus jujur kita akui bahwa masih kuat anekdot yg ada di masyarakat- profesi tukang / knek bangunan hanya bisa membangun/
    menjadikan rumah orang jadi bagus tapi- maaf- rumah mereka tidak mencerminkan bahwa mereka orang yg ahli membuat dan memperindah bangunan-dan ANEKDOT itu
    pasti tidak berlaku u.tuk para MANDOR/ PEMBORONG dan juga ARSITEKTUR-di situlah IRONIS nya-apakh kita pernah/ sering baca / mendengR berita ada Mandor atau Pemborong apa lagi Arsitek-jatuh dr lntai sekian

  • original KREASI says:

    lanjutan
    jatuh dari lantai sekian.-memang saya tidak menafikan tentang pendidikan yang pernah kita lalui makanya kenapa dia menjadi ini dan saya menjadi ini-tapi kita sama-sama harus ingat tanpa mereka(tukang/kenek) kita ini bukan siapa-siapa dan tak akan menjadi luar biasa- hanya pendidikan dan keahlian yang berbeda sehingga kita berbeda dengan mereka terutama dari segi income dan kenyaman di saat kita bekerja-
    dalam tulissan ini saya bukan berkomentar tetapi sebagai share dan care terhadap mereka-sebb saya juga pernah dan akan merassakan langsung kondisi ekonomi mereka(saat ini bisnis borongan rumah sementara di shut down dulu karena ada tugas dari persh.saya bekerja saat ini untuk menangani proyek di Jambi)-memang kita sebagai pemborong tidak bisa memberikan upah seperti pekerja di bidang yang lain-kita tahu berapa yg kita bisa berikan gaji untuk tukang-untuk knek pasti lebih kecil lagi.
    Pada forum ini saya menginginkan mauskan dan saran bagaimana caranya tanpa menaikan gaji mereka(bukan tidak mau tapi memang susah)kebutuhan minimal mereka dan terpenuhi apa lagi kerja di bangunan ini belum tentu setiap hari ada sepanjang tahun.
    Pasti kawan2 pecinta ILMUSIPIL.COM banyak ide dan saran untuk kehidupan mereka lebih baik dan pastimya-dan kita pun akhirnya menjadi orang yang peduli dengan hal-hal yang baik-di tunggu masukan nya.

    salam POSITIVE THINKING

  • Enzo says:

    sangat bagus, tapi permasalahannya saya adaalh orang pemarah, memang saya tidak berada pada lingkungan yang selalu memicu kemarahan saya, namun sometimes saya tidak sadar kalau saya dalam keadaan marah bagaimana mengkontrolnya? terimakasih ..

  • yanto says:

    makasih tip2nya.saya juga seorang pekerja kontruksi.,walaupun lulusan stm mesin.tp saya tetap bersukur,dan mencintai kerjaan.karna bagaimana bisa kerja bagus kalo ga suka.silahkan hubungi jika butuh pekerja kontruksi.085227409524

  • Muchlis says:

    Memang tkan bngunan (tkang/knek) gjinya lbh kecil dn krjana lbh brat dn kasar dbndingkan mandor at d atsnya. .
    Tp jsa mreka lbh bsar n brharga, krna tmpa adanya jrih pyah dn kringat dr mreka mka tak akn trcpta sbuah bngunan yg indh dn mgah.
    Salam bhgian n sukses slalu bg rkan2 krja,
    prcyalah Tuhan mha tau
    kjujuran adlah knci sgala2nya. . . .

  • supardi says:

    kpd BPK MUCHLIS Saya stj dengan bapak bagai mna kalau tmn2 cara bkrja tdk sesuai dngn perjanjian yg sudah di sepakati maka siap2lah kehancuran akan datang dn stlah itu mungkin akan datang yg terbaik karena tuhan maha penyayang bagi hambanya

  • lengkap sekali mulai dari perencanaan dan perhitungan pekerjaan tukang diperhatikan..tips yang sangat baik

  • asbiadi says:

    saat ini saya seorang wirausaha, namun saya ingin memiliki kemampuan konstuksi, minat saya dalam budang konstruksi cukup besar, saya berharap suatu saat mampu membangun usaha kontraktor.
    Saya ucapkan trimakasih atas tips yang diberikan…

  • maman says:

    Alhamdulillah, saya bisa temukan tips sprti ini. Saya awal nya melihat suatu pekerjaan itu , dari segi enteng dan beratnya, tapi sekarang dst , saya ingin menjadi orang cerdas versi blog atau forum ini. Wassalam

Komentari

*
*