Tips bekerja sebagai tukang bangunan

Bekerja sebagai tukang bangunan memang adakalanya merasakan suka duka, disatu sisi pikiran fokus untuk mendapat upah kerja yang banyak sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan anak istri jika sudah berkeluarga, dan bisa digunakan untuk memenuhi harapan ketika masih bujangan. apalagi kondisi kehidupan dengan lingkungan yang berorientasi pada materialistis sehingga seakan-akan sebuah kehormatan dinilai dengan benda-benda yang melekat pada seseorang. padahal tidak demikian adanya, karena kalau boleh jujur ketika kita sudah begelimang harta justru akan muncul bermacam kegelisahan dan kekhawatiran baru sebagai akibat memikirkan benda-benda tersebut. hal ini berbeda situasinya jika diimbangi dengan iman yang tinggi sehingga tercapai hidup dalam kejayaan dan kebahagiaan, nah.. sebagai tukang bangunan inilah beberapa tips bekerja yang mungkin bermanfaat untuk mencapai harapan 🙂

 

Tips bekerja sebagai tukang bangunan

  1. Tetapkan niat terbaik dalam bekerja, karena niat ini akan sangat mempengaruhi apa yang kita lakukan serta bagaimana kondisi lingkungan. orang yang paling cerdas adalah orang yang bekerja untuk bekal kehidupan setelah kematian, kalau sudah begini insya Allah kebutuhan hidup otomatis terpenuhi serta tenang dalam kebahagiaan.
  2. Jaga kesehatan dan keselamatan kerja, ingat kita tidak hidup sendiri di dunia ini seberapapun jelek diri kita pasti ada yang merindukan entah itu keluarga, saudara, sahabat atau teman jadi keselamatan kerja sangat mahal jika dibanding segepok uang.
  3. Kita adalah Manusia, pernahkah kita lihat makhluk disekitar yang setiap hari berkelana mencari makan dan memuaskan keinginan, nah.. sebagai manusia kita harus bisa lebih dari itu, caranya adalah memikirkan bagaimana hidup kita bisa bermanfaat.
  4. Hitung pendapatan kita dalam setahun, sebulan, sehari bahkan setiap saat kita mendapat rizki. hitung 2,5% dari nilai yang kita dapat untuk disumbangkan kepada orang-orang kurang beruntung yang mungkin nasibnya tidak sebaik kita.
  5. Jaga hubungan baik dengan sesama tukang bangunan, mandor atau siapapun. catat alamat rumah atau nomor telpon yang bisa dihubungi, karena suatu saat jika kita kesulitan mencari kerja bisa menghubungi mereka atau sebaliknya mendapat informasi ketika ada yang membutuhkan tenaga.
  6. Bersikap jujur dalam bekerja, yakinlah dengan membawa sekeping uang kejujuran maka kita dapat membeli apapun dengan itu.
  7. Hindari bersikap curang misalnya dengan menjual semen yang seharusnya dijadikan untuk pelaksanaan pembangunan, memang benar uang bisa kita dapat secara cepat dengan itu namun apalah artinya rezeki yang tidak barokah sehingga cepat habis mungkin kita atau keluarga tiba-tiba sakit sehingga membutuhkan dana tidak sedikit, atau akibat langsung adalah tidak adanya ketenangan dalam diri kita.
  8. Upah bekerja sebagai tukang bangunan di Indonesia tergolong kecil, hal ini bisa dibuktikan bahwa banyak rumah yang sudah dibangun oleh pekerja bangunan namun rumah sendiri kondisinya memprihatinkan, bersabarlah tidak ada pekerjaan yang sia-sia di dunia ini, pintar-pintar mengatur keuangan dan mendekatkan diri kepada Tuhan agar hidup bahagia.
  9. Kurangi memakan makanan atau minuman buatan yang banyak mengandung bahan pengawet, pewarna dan bahan kimia lainya, memang rasanya enak namun bisa mengganggu kesehatan sehingga dapat menggagu konsentrasi bekerja di proyek.
  10. Selalu belajar untuk meningkatkan kemampuan, bagi kenek berlatihlah untuk bisa menjadi tukang, dan bagi tukang berlatirlah untuk bisa menjadi mandor begitu seterusnya sehingga bisa mendirikan perusahaan kontraktor sendiri, semua mungkin di dunia ini, ingat Allah itu tergantung prasangka hambanya.
  11. Hati-hati dengan iklan yang menggiurkan sehingga uang gaji yang kita dapat dengan memeras keringat habis begitu saja misalnya akibat gant-ganti handphone atau sepeda motor, ini sangat merugikan diri sendiri. tujuanya mungkin agar terlihat  terpandang dimata orang lain namun hal itu justru makin menambah kegelisahan diri. lebih baik terhina dimata manusia namun tinggi derajat kita di mata Tuhan.
  12. Ingat Jujur, Displin, Belajar dan Beriman itu kunci sukses segala pekerjaan, karena didalamya ada keyakinan bahwa atasan kita adalah Tuhan penguasa seluruh alam.

 

Jika kita pikir besar sekali jasa tukang bangunan, berbagai model bangunan dari mulai rumah tinggal, tempat ibadah sampai gedung pemerintahan. Yah.. apapun pekerjaan kita apabila dilakukan dengan ikhlas insya Allah akan menyenangkan dan membuahkan hasil, selalu belajar dan mencoba-coba hal baru untuk mendapatkan apa yang kita harapkan, membaca kejadian dan alam disekitar agar bisa menjadi Manusia bermanfaat karena hanya itulah yang akan kita bawa sebagai bekal kembali kepada Tuhan 🙂

9 Comments

  1. original kreasi 16 June 2012
  2. original KREASI 16 June 2012
  3. Enzo 28 July 2012
  4. Muchlis 10 December 2012
  5. jual alat berat 9 April 2013
  6. asbiadi 25 May 2013
  7. maman 31 December 2013
  8. joko 9 November 2015
  9. Ilhama Dhuha 16 November 2015

Leave a Reply