Terowongan di bawah laut dan darat

Berikut ini terowongan dibawah laut dan darat, Lebih dari enam juta kilometer dari 240.000 kilometer jalan raya dan kereta api mengular di seluruh Amerika Serikat, Hal ini membuat hidup di atas tanah telah menjadi semakin sesak. Terowongan sebagai alternatif untuk menyediakan beberapa ruang yang tersedia untuk lalu lintas mobil , kereta api, air dan limbah, bahkan kekuasaan dan jalur komunikasi. Hari ini, cukup aman untuk melahirkan melalui pegunungan dan bersembunyi di bawah samudra – tapi tidak selalu seperti ini. Bahkan, butuh ribuan tahun pemikiran ribuan pemikir untuk menyempurnakan seni menggali terowongan.

Saluran air Romawi kuno

Sebelum ada mobil dan kereta api, terowongan hanya digunakan untuk membawa air. Para pemikir Roma menciptakan jaringan yang paling luas terowongan di dunia kuno. Mereka membangun struktur miring, yang disebut saluran air, untuk membawa air dari mata air gunung ke kota-kota dan desa. Mereka mengukir  ruang bawah tanah dan membangun struktur lengkung elegan yang tidak hanya untuk membawa air segar ke dalam kota, tetapi juga membawa air limbah keluar.

Citra Worsley Canal Terowongan Bawah Tanah

Pada abad ke-17, terowongan yang sedang dibangun untuk kanal-kanal. Tanpa jalan atau rel kereta api untuk mengangkut bahan baku dari negara ke kota, jalan raya berair menjadi cara terbaik untuk mengangkut barang lebih dari jarak yang jauh.

Terowongan Holland

Penemuan kereta api dan mobil sebagai transportasi membuat ekspansi yang luar biasa dalam pembangunan terowongan. Selama abad 19 dan 20, pembangunan kereta api dan transportasi kendaraan bermotor menyebabkan lebih besar, lebih baik, dan lebih lama terowongan.

Mesin bor untuk  terowongan

Hari ini gunung-gunung dan dibawah samudra telah berdiri terowongan sebagai  jalan. Dengan teknologi konstruksi terowongan terbaru, Pemikir dapat menanggung melalui gunung-gunung, di bawah sungai, dan di bawah kota-kota yang ramai. Sebelum mengukir sebuah terowongan, Pemikir menyelidiki kondisi tanah dengan menganalisis sampel tanah dan batu dan tes pengeboran lubang.

Ada tiga langkah untuk kesuksesan terowongan.

Hari ini, kita tahu bahwa ada tiga langkah dasar untuk membangun terowongan yang stabil.

  1. Langkah pertama adalah penggalian: kita menggali melalui bumi dengan alat atau teknik yang dapat diandalkan.
  2. Langkah kedua adalah dukungan: kita harus mendukung semua tanah yang tidak stabil di sekitar mereka saat mereka menggali.
  3. Langkah terakhir adalah lapisan: kita menambahkan sentuhan akhir, seperti jalan dan lampu, ketika terowongan struktural suara.

Berdasarkan pengaturan, terowongan dapat dibagi menjadi tiga jenis utama:


Bagian dari Brunel’s
terowongan perisai

Terowongan di dalam tanah lunak
biasanya dangkal dan sering digunakan sebagai kereta bawah tanah, sistem pasokan air, dan saluran pembuangan. Karena tanah lunak, struktur pendukung, yang disebut terowongan perisai, harus digunakan di ujung terowongan untuk mencegah runtuh. gaya yang bekerja pada tanah lunak pada terowongan sebagai berikut:

Berat, tanah basah mendorong pada semua sisi terowongan.Dinding terowongan terjepit oleh tanah

Terowongan didalam batu
memerlukan sedikit atau tidak ada dukungan ekstra selama konstruksi dan sering digunakan sebagai kereta api atau jalan raya melalui pegunungan.

dahulu pembuat terowongan  dipaksa untuk meledakan batuan pada pegunungan dengan dinamit. Hari ini kita dapat memecahkan batu besar dan mengunyahnya dengan mesin bor terowongan contraptions.

Check out gaya yang bekerja di terowongan batu sebagai berikut:

Beberapa bagian dari batu kurang padat daripada bagian lainnya. pososi yang Longgar ini mendorong bongkahan batu di sisi terowongan

 

Terowongan didalam air laut


sangat sulit untuk membangun terowongan dibawah air, seperti mencegah kedatangan air sementara terowongan sedang dibangun. pada pemikiran awal, penggalian ruang bertekanan digunakan untuk mencegah air mengalir ke dalam terowongan. tapi sekarang segmen terowonganpabrikasi dapat melayang ke posisi, tenggelam, dan menempel pada bagian lain.

gaya yang bekerja pada terowongan dibawah air sebagai berikut:

Gaya Mendorong air di sisi terowongan. Dinding terowongan terjepit oleh air.

ini foto sebuah terowongan di bawah laut

Demikian gambaran singkat terowongan di bawah laut maupun darat

15 Comments

  1. rizkicp 7 January 2010
  2. fajar 9 June 2010
  3. anna 30 September 2010
  4. Rangga 15 October 2010
  5. wahyu 14 November 2011
  6. Rika Sri Amalia 11 January 2012
  7. Swi Chia 20 April 2012
  8. mulyana 15 October 2012
    • burhannudinbe 2 October 2013
  9. big show 24 November 2012
  10. Ardo 18 December 2012
  11. burhannudinbe 2 October 2013
  12. burhannudinbe 2 October 2013
  13. jenda 2 June 2014
  14. ASHAR 2 May 2017

Leave a Reply