Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Tentang dunia bangunan Jika harga BBM naik

Harga BBM naik merupakan sebuah topik yang sering menjadi penyebab gejolak di negeri Indonesia ini bahkan hampir mempengaruhi seluruh bidang kehidupan termasuk dunia bangunan seperti kenaikan harga material. bahkan pengusaha kontraktor bisa mengalami kerugian jika tidak tepat dalam menyikapi masalah ini. nah.. disini kita buat daftar hal-hal yang mungkin terjadi jika harga bahan bakar minyak naik.

 

Pengaruh kenaikan harga BBM terhadap dunia bangunan

  1. Harga material dipastikan akan naik sebesar sekian persen dari harga sebelumnya, hal ini berrarti biaya pembangunan meningkat.
  2. Konsultan perencana terpaksa lembur karena harus menghitung ulang rencana anggaran biaya bangunan ( RAB ) agar sesuai dengan harga satuan bangunan setelah harga BBM naik.
  3. Pengusaha perumahan yang mempunyai stock rumah belum terjual akan mendapatkan keuntungan lebih karena terdapat selisih biaya bangun rumah saat pembangunan berlangsung dengan harga jual bangunan saat terjadi kenaikan harga BBM.
  4. Kontraktor yang sudah terlanjur melakukan kontrak kerja dengan harga lama harus melakukan perhitungan ulang rencana anggaran pelaksanaan proyek dan mencari alternatif metode pelaksanaan agar tidak mengalami kerugian.
  5. Terjadi penurunan aktifitas pembangunan akibat melesetnya perkiraan sebagian masyarakat tentang biaya persiapan membangun rumah.
  6. Bermunculan SPBU POM Bensin perusahaan asing baru diberbagai tempat di indonesia akibat harga BBM perusahaan pemerintah kurang mempunyai selisih harga dibawah perusahaan asing yang sebelumnya dibantu dengan subsidi pemerintah.
  7. Sebagian bangunan fasilitas umum mengalami kerusakan akibat demonstrasi rakyat menolak kenaikan harga BBM :-)

 

Ternyata dalam sebuah zaman teknologi mesin yang sebagian besar menggunakan sumber energi minyak bisa terpengaruh banyak dengan harga BBM yang seharusnya dizaman sebelumnya tidak begitu dihiraukan keberadaanya karena aktifitas manusia tidak menggunakan mesin bertenaga minyak. Jika kita lihat lebih dalam sebenarnya ada satu hal besar penyebab terguncangnya ekonomi suatu negara yaitu mata uang yang berbeda-beda nilai tukarnya, hal ini tentu tidak akan terjadi jika pertukaran barang menggunakan alat tukar uang emas atau perak yang mempunyai nilai tetap dan tidak terpengaruh inflasi, Uang emas biasa disebut sebagai dirham sedangkan uang perak dinamakan dinar yang ternyata telah banyak digunakan sebagai alat tukar di Indonesia, yah.. beginilah sebuah cerita tentang kenaikan harga BBM dinegeri dengan sumber daya alam terkaya di dunia yang ternyata berpengaruh besar terhadap dunia bangunan :-)

  1. Desain arsitektur masjid terindah
  2. Mega proyek indonesia
  3. Cara membuat merek usaha dibidang bangunan
  4. Tahap Awal Pelaksanaan Proyek
  5. Cara pemasaran usaha dibidang bangunan
  6. Pemeriksaan Rutin Terhadap Bangunan
  7. Taman Kota di Bandung
  8. Menara Jam London Big Ben
  9. Cara membuat rumus perhitungan bangunan
  10. Fasilitas proyek konstruksi untuk tukang dan pekerja bangunan
  11. lintang studio maket bangunan
  12. Tentang dunia bangunan Jika harga BBM naik
  13. Cara membangun kerajaan bisnis
  14. gambar desain kandang sapi
  15. Metode Pemeriksaan Bangunan
  16. Hiasan uang mahar maket masjid mini
  17. Pembangunan kota jakarta maju pesat
  18. Meninggalkan dunia proyek konstruksi
  19. Cara membuat sudut siku bangunan

Leave a Reply