Posts tagged with “precast”

precast panel dan chain block

Berbeda dengan pekerjaan dinding sekat pembatas antar ruang yang menggunakan pasangan aeroblock, pekerjaan dinding pembatas antara bagian dalam bangunan dengan bagian luar bangunan digunakan precast. Salah satu keunggulan dari precast panel adalah waktu yang dibutuhkan untuk pemasangan lebih cepat dibanding dengan pemasangan aeroblok untuk luas pekerjaan yang sama.

Urutan pelaksanaan pemasangan precast panel adalah sebagai berikut.

  1. Sebelum precast panel dinaikkan dengan menggunakan tower crane ke lokasi pemasangan, alat bantu seperti chain block, adjustable dan tekel harus dipersiapkan terlebih dahulu.
  2. Tekel digantung dengan menggunakan chain block dan dikaitkan pada lift hook yang tertanam pada struktur.
  3. Setelah semua peralatan dipersiapkan, dilakukan pemasangan embeded untuk sambungan precast panel dengan lantai di lokasi pemasangan.
  4. Precast panel dinaikkan ke lokasi dengan menggunakan tower crane.
  5. Setelah sampai pada lokasi yang dimaksud, precast panel kemudian dipindahkan dari tower crane ke tekel.
  6. Precast panel kemudian disetel/disetting dengan menggunakan tekel dan adjustable. Setelah didapat settingan precast panel yang tepat, dipasang dynabolt pada embeded dengan cara pengelasan.
  7. Apabila pengelasan telah selesai, maka dilakukan pengecekan kembali apakah posisi panel precast tidak berubah setelah dilas pada joint-joint conection.
  8. Setelah semua pekerjaan selesai, tekel yang digunakan untuk menggantung precast panel dilepas dan dipindahkan ke lokasi pemasangan precast panel berikutnya.

Embedded precast panel terbuat dari pelat baja dengan ukuran tertentu yang dirancang untuk pemasangan dinding beton precast. Embedded ini dicor bersamaan balok tepi (pada balok bagian luar). Pemasangan embedded harus dilakukan secara teliti, karena sangat mempengaruhi pekerjaan pemasangan dinding beton precast. Pemasangan embedded ini terletak pada bagian dasar balok dengan pelat baja yang menyentuh bekisting balok. Dalam 1 (satu) bentang balok, dipasang embedded sebanyak 2 (dua) buah.

Embedded-Precast-Panel

Gambar 1.1 Embedded Precast Panel

Pemasangan-Precast-Panel

Gambar 1.2 Pemasangan Precast Panel

Chain Block

Chain block adalah alat yang digunakan untuk menarik dan menahan dinding panel precast sehingga memudahkan pemasangan dinding panel precast untuk berada tepat sesuai dengan posisi rencana.

Penarikan dinding panel precast dilakukan dengan menempatkan chain block pada tempat tetap (pada balok yang telah diberi tulangan khusus), kemudian mengaitkan ujung pengait rantai chain block ke tulangan khusus yang disadiakan untuk pengangkatan dinding panel precast kemudian ditarik (sistem katrol).

Chain-Block

Gambar 1.3 Chain Block

Spesifikasi Alat :

Type : HST type

Kapasitas            : 3 ton

Jumlah Alat        : 2 (dua) alat menahan 1 dinding panel precast

oleh: Chairil Nizar

Comments (4)