Teknik Sipil Untag Surabaya Semarang Jakarta Cirebon

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) memiliki banyak cabang di kota-kota di seluruh Indonesia. Di antaranya adalah Untag Semarang, Surabaya, Cirebon, Yogyakarta, Banyuwangi, Denpasar, Banjarmasin, Makasar, dan di sejumlah kota lainnya. Dan sebagai pusatnya adalah Untag Jakarta. Namun pada masa Orde Baru berkuasa, tepatnya pada tahun 1967, pemerintah mengeluarkan instruksi agar keberadaan Untag di setiap kota tidak lagi bergabung dengan Untag Jakarta sehingga bisa berdiri sendiri. Seiring dengan waktu, Untag telah berkembang menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi bertaraf nasional yang banyak diminati.

 

teknik sipil untag

Dari sejumlah jurusan yang ada, Teknik Sipil Untag menjadi salah satu jurusan yang tidak pernah sepi peminat. Dan Untag Semarang serta Untag Surabaya merupakan dua lembaga tinggi yang telah membuktikan hal itu. Teknik Sipil Untag Surabaya berdiri sejak tahun 1984. Dengan ditunjang kelengkapan sarana dan prasarananya, akhirnya Teknik Sipil Untag Surabaya mendapatkan status disamakan  seiring dengan dikeluarkannya SK Dikti No. 10/Dikti/1997. Saat ini Teknik Sipil Untag Surabaya menggunakan kurikulum dengan beban SKS sebanyak 144 SKS.

 

Di tengah pesatnya kompetisi di dunia kerja, alumni Teknik Sipil Untag Surabaya telah membuktikan kompetensinya. Mereka banyak diterima di berbagai bidang pekerjaan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dan untuk mempertahankan prestasi serta dalam rangka meningkatkan kualitasnya, Teknik Sipil Untag Surabaya telah melengkapi dirinya dengan sejumlah sarana pendukung kesuksesan belajar. Di antaranya adalah kualitas staf dosen yang rata-rata sudah menempuh jenjang pendidikan S2 dan S3. Selain itu, sarana pembelajaran sangat representatif dan dilengkapi dengan multimedia. Agar kualitas tersebut tetap bisa dipertahankan, dibentuklah Unit Penjaminan Mutu (UPM) di tingkat universitas dan Unit Jaminan Mutu (UJM) di tingkat jurusan.

 

Universitas 17 Agustus 1945 tersebar diseluruh Indonesia diantaranya adalah

  • Untag Jakarta
  • Untag semarang
  • Untag Surabaya
  • Untag Cirebon
  • Untag Samarinda

Adapun Teknik Sipil Untag Semarang juga telah terakreditasi dengan konsentrasi studi pada perhitungan dan perencanaan struktur bangunan yang meliputi bangunan air, mekanika tanah, perhitungan pondasi, perhitungan struktur baja, perhitungan struktur beton, dan mekanika teknik. Untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran, Teknik Sipil Untag Semarang juga dilengkapi dengan laboratorium Mekanika Tanah. Selain itu, Teknik Sipil Untag juga aktif dalam berbagai even seperti seminar, sarasehan, dan melakukan studi banding.

 

Hingga saat ini, Teknik Sipil Untag Semarang telah berhasil meraih sejumlah prestasi di tingkat Nasional. Di antaranya adalah sebagai juara pertama pada Lomba Beton Tingkat Nasional pada tahun 2004, juara kedua Lomba Beton Tingkat Nasional pada tahun 2006, nominator sepuluh besar pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, juara dua tingkat nasional Lomba Beton Mutu Tepat 25 Mpa di Indocement Tunggal Prakarsa Jawa Tengah, dan juara harapan tiga tingkat nasional Lomba Eartquake Resistance Bridge Competition di UPH Karawaci.

One Response

  1. Soeparno 14 September 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.