Teknik Sipil UI

Teknik Sipil UI telah berdiri sejak tahun 1964. Pada saat ini Teknik Sipil UI memiliki dua program studi, yakni program studi Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan. Program studi Teknik Sipil UI  terkonsentrasi pada lima bidang pilihan yang meliputi geoteknik, manajemen konstruksi, transportasi, manajemen sumber daya air, dan struktur. Pada tahun 2004, Teknik Sipil UI telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan berhasil meraih peringkat A. Bahkan  pada tahun 2008, Teknik Sipil UI juga mendapatkan akreditasi bertaraf internasional dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

 

Selain program sarjana, Teknik Sipil UI juga membuka program pendidikan untuk pasca sarjana. Untuk program sarjana tersedia dalam tiga kelas, yakni kelas reguler, kelas ekstensi, dan kelas internasional. Masa studi untuk kelas reguler bila ditempuh secara normal bisa diselesaikan dalam delapan semester dengan beban 144 SKS. Adapun kelas ekstensi dikhususkan bagi mahasiswa yang telah memiliki dasar pengetahuan teknik yang pernah didapatkan dari lembaga pendidikan tinggi terakreditasi dan minimal telah menempuh 110 SKS (Diploma-3). Lamanya masa studi untuk kelas ekstensi secara normal bisa ditempuh dalam enam semester dengan beban 64 SKS.

teknik sipil ui

Untuk program pasca sarjana, Teknik Sipil UI membuka program master dan doktor. Program master memiliki masa studi normal selama empat semester dengan beban 40 hingga 42 SKS. Lulusan program master berhak mendapatkan gelar Magister Teknik (MT) dan memiliki spesialisasi dalam bidang teknik lingkungan, geoteknik, manajemen proyek, pengelolaan sumber daya air, transportasi, manajemen konstruksi, dan struktur. Adapun program doktor ditempuh selama enam semester untuk masa studi normal dengan beban sebanyak 48 SKS. Lulusan program doktor mendapatkan gelar Doktor (Dr) dan memiliki spesialisasi dalam bidang geoteknik, manajemen proyek, pengelolaan sumber daya air, transportasi, manajemen konstruksi, dan struktur.

 

Bagi mahasiswa program sarjana akan mendapatkan fasilitas yang lebih istimewa karena mereka berhak mengikuti kuliah tamu yang khusus menghadirkan staf pengajar dari luar negeri seperti profesor dari Ecole Centrale de Lyon dan Ecole Centrale de Nantes Perancis serta Queensland University of Technology Australia. Khusus untuk lulusan bidang geoteknik berhak mendapatkan sertifikat internasional dari Ecole Centrale de Lyon Perancis.

 

Demi menunjang kelancaran proses pembelajaran, Teknik Sipil UI dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti perpustakaan, studio gambar, laboratorium. Sejumlah laboratorium yang terdapat di Teknik Sipil UI yaitu laboratorium transportasi, laboratorium survei, laboratorium teknik lingkungan, laboratorium mekanika struktur, laboratorium hidrolik hidrologi dan sungai, laboratorium mekanika tanah, dan laboratorium bahan.

 

Prospek kerja lulusan Teknik Sipil UI sangatlah luas dan bervariasi. Antara lain sistem pengelolaan limbah padat dan cair, drainase, bendungan, sistem transportasi, bandar udara, jalan raya, jaringan perpipaan, saluran pelayaran, pelabuhan, pembangkit tenaga listrik, struktur dan bangunan, jembatan, dan berbagai bidang lainnya.

Leave a Reply