Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Teknik Sipil UGM

Pada masa awal kemerdekaan, di Yogyakarta didirikan Balai Perguruan Tinggi (BPT) Gajah Mada. BPT Gajah Mada merupakan cikal bakal berdirinya Universitas Gajah Mada (UGM). Setelah kedaulatan NKRI diakui pemerintah Belanda pada tahun 1949, BPT Gajah Mada yang pada awalnya merupakan perguruan tinggi swasta akhirnya berubah menjadi  universitas negeri dengan nama Universiteit Negeri Gadjah Mada atau yang dikenal dengan UGM seperti sekarang. Kemudian bekas Sekolah Tinggi Teknik Yogyakarta yang telah ditutup dijadikan sebagai Fakultas Teknik dan memiliki tiga jurusan, yakni Teknik Kimia, Teknik Mesin-Listrik, dan Teknik Sipil.

 

Ketika Fakultas Teknik berpindah, maka Teknik Sipil UGM pun juga ikut berpindah. Jika semula kampus Teknik Sipil UGM berada di kawasan Jetis kemudian berpindah ke kawasan Pogung. Pada periode 1994-1998, kampus Teknik Sipil UGM berpindah secara bertahap ke Jalan Grafika.

teknik sipil ugm

Teknik Sipil UGM menggunakan teknik pembelajaran dengan sistem problem based learning (pembelajaran berbasis penyelesaian masalah) dan teknik pemberian mata kuliah dengan sistem student center learning (partisipasi aktif dari seluruh mahasiswa). Untuk pembelajaran setiap mata kuliah dalam satu semester diberikan dalam 14 kali tatap muka dan setiap mata kuliah ditangani oleh dua dosen. Oleh karena itu setiap mata kuliah tidak sekedar mengandalkan perkuliahan biasa namun juga ditambahi dengan praktikum. Di sinilah para mahasiswa berhak mendapatkan asistensi dan bimbingan dari para asisten dosen.

 

Guna meningkatkan kualifikasi lulusannya, maka Teknik Sipil UGM juga menyelenggarakan program pendidikan pasca sarjana (S2) dalam bidang Teknik Sipil dengan minat studi yang terdiri dari teknik struktur, teknik keairan, dan geoteknik. Beban SKS yang harus ditempuh untuk program pasca sarjana sejumlah 40 SKS dan meliputi mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan serta tesis (delapan SKS). Saat ini program pasca sarjana yang diselenggarakan berupa Program Doktor dan Program Magister. Untuk Program Magister terdiri dari Magister Pengelolaan Sumberdaya Air (MPSA),  Magister Pengelolaan Bencana Alam (MPBA), Magister Pengelolaan Sarana Prasarana (MPSP), Magister Sistem dan Teknik Transportasi (MSTT), dan Magister Teknologi Bahan Bangunan (MTBB).

 

Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 2006 Jurusan Teknik Sipil UGM akhirnya berubah menjadi Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM (JTSL FT UGM). Keberadaan JTSL FT UGM juga didukung oleh beberapa laboratorium penunjang. Laboratorium tersebut terdiri dari:

(1) Laboratorium Teknik Transportasi, memiliki tiga sub laboratorium yakni sub laboratorium bahan jalan, teknik lalu lintas, dan perancangan jalan;

(2) Laboratorium Teknik Struktur. Laboratorium ini dilengkapi dengan rigid floor (fondasi plat kaku), crane, loading frame, alat-alat sensor (sensor beban, sensor regangan, dan sensor simpangan), berbagai alat peraga seperti alat peraga getaran dinamik, alat uji non destruktif, software ATENA dan SAP2000;

(3) Laboratorium Penyehatan Lingkungan, memiliki fasilitas indoor dan outdoor;

(4) Laboratorium Mekanika Tanah, memiliki sejumlah fasilitas berupa uji in situ, uji laboratorium, pemodelan numerik;

(5) Laboratorium Komputasi;

(6) Laboratorium Hidrolika.

  1. Selamat ujian nasional bagi siswa SMK Bangunan
  2. Cara kerja di kontraktor sambil kuliah S1 ekstensi Teknik sipil
  3. Universitas terbaik di Indonesia
  4. lulusan STM siap kerja smk n 7 Semarang
  5. Sekolah SMK jurusan teknik bangunan lulus jadi apa?
  6. Praktek kerja industri siswa SMK menjelang lulus
  7. Terpaksa atau salah mengambil jurusan SMK bangunan
  8. Teknik Arsitektur UGM
  9. Jurusan teknik sipil terbaik di Indonesia
  10. Lulusan SMP mau masuk SMK Bangunan : mau jadi Tukang?
  11. Jurusan smk sekolah menengah kejuruan di indonesia
  12. Cara mendapat ranking 1 di sekolah
  13. Teknik Sipil UI
  14. 8 STM Pembangunan cikal bakal seluruh SMK di Indonesia
  15. Teknik Sipil ITB
  16. peluang kerja smk jurusan teknik bangunan
  17. Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret (UNS)
  18. ITK Institut Teknologi Kalimantan kampus terbesar di asia
  19. penerimaan siswa baru smkn 7 stm pembangunan semarang

One Response to “Teknik Sipil UGM”

  1. Frein Raden says:

    Ugm selalu unggul. Saya ingin masuk ugm sebab metode pembelajarannya sangat baik dengan pratiknya lebih ditekankan

Leave a Reply

Current ye@r *