teknik gambar bangunan stm pembangunan semarang

Teknik gambar bangunan merupakan sebuah jurusan di sekolah menengah kejuruan atau SMK yang dahulu disebut sebagai STM dengan kepanjangan sekolah teknologi menengah, misalnya STM pembangunan yang terletak di jalan simpang lima semarang telah mendidik ribuan siswa dengan keahlian gambar teknik yang dibangku universitas di sebut sebagai teknik Arsitektur. selain itu SMK N 7 Semarang ini juga mempunyai berbagai macam jurusan lain yang siap terjun dan berkarya di dunia industri, hal ini dapat dibuktikan dengan menyebarnya alumni ke berbagai perusahaan nasional besar di Indonesia juga luar negeri seperti jepang dan china bahkan banyak siswa yang belum lulus sekolah tapi diminta sebuah perusahaan untuk berkarya dalam usahanya. berikut ini bidang study yang ada

 

 

Bidang keahlian yang ada di smk n 7 ( STM Pembangunan ) Semarang

Teknik Gambar bangunan

Teknik konstruksi batu dan beton

Teknik elektronika industri

Teknik Audio Video

Teknik Instalasi Tenaga listrik

Teknik pemesinan

Teknik kendaraan ringan

Teknik mekatronika

Teknik komputer jaringan

Kembali ke teknik gambar bangunan, sebenarnya keahlian apa saha yang diajarkan pada jurusan tersebut sehingga bagi bapak ibu pemilik perusahaan dapat memilih tenaga kerja yang handal, disiplin dan keahlian kerja yang bagus, berikut ini ketrampilan yang dikuasai alumni

  1. Dapat menggambar bangunan baik secara manual maupun menggunakan software komputer seperti Autocad dan 3D Max.
  2. Dapat menggambar dua dimensi maupun 3 dimensi.
  3. Dapat membuat desain dari 0 sampai lengkap.
  4. Kemampuan menggambar siswa sama dengan arsitek bahkan lebih karena disini siswa dilatih bagaimana melakukan rancang bangun bangunan secara mandiri.
  5. Menguasai ilmu ukur tanah menggunakan pesawat theodolit, water pass dan lainya serta bagaimana menghitung hasil pengukuran tersebut kedalam sebuah data yang dibutuhkan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan proyek.
  6. Menguasai cara mengintung RAB Rencana Anggaran biaya bangunan.
  7. Menguasai perhitungan struktur bangunan seperti perencanaan kolom balok dan plat lantai beton bertulang maupun struktur baja.
  8. dapat membuat website teknik sipil dan arsitektur seperti ilmusipil.com 🙂 yang juga merupakan alumni teknik gambar bangunan SMK N 7 ( STM Pembangunan ) Semarang.
  9. Pada perusahaan kontraktor dapat bertugas sebagai drafter, pelaksana lapangan, pengukuran atau uitzet, pengendalian proyek, Quantity Surveyor, Quality Qontrol dan bidang pekerjaan lainya yang sudah diajarkan di bangku sekolah dan kelebihan alumni sekolah ini adalah kemauan terus belajar sesuai dengan motto sekolah yaitu “tiada hari tanpa prestasi”.
  10. Pelajaran etika dan budi pekerti yang baik juga diutamakan di sekolah SMK ini.
  11. Mempunyai disiplin yang tinggi karena di sekolah juga diterapkan pendidikan kediplinan yang di didik langsung oleh TNI atau POLRI.

 

Berbagai lomba tingkat provinsi maupun nasional seringkali memunculkan nama-nama siswa SMK N 7 Semarang sebagai juara misalnya lomba mnggambar bangunan dengan autocad tingkat nasional siswa sekolah ini memperoleh Juara 1. demikian gambaran tentang teknik gambar bangunan sekolah favorit di Indonesia ini 🙂

29 Comments
  1. 6 years ago
    Faris Khan

    cara PM gimana?
    mengko tak wenehi update-an ne
    sopo reti aku iso mbantu
    ntar klo di publish biar g ada yg sakit ati..
    wkwkwkwkwk
    btw, upload donk, contoh RAB full bangunan
    terutama nilai koefisien di analisa bahan,
    supaya bisa jadi acuan buat bikin bangunan jadi
    rumah sederhana aja, g perlu yg mewah2, klo mau sederhana lg, y ‘pos satpam’ aja, seperti yg dulu pernah diajarkan pak Nardi
    btw, pak nardi blm masuk tuh..
    moga2 masukan & kritik ini bisa buat web ini semakin berkembang
    salam sukses..

    Reply
  2. 6 years ago
    ahadi

    wah, bisa klik register diatas.
    usul yang bagus mas faris, usulan diterima, mungkin rencana anggaran biaya pos satpam akan dibuat menjadi cerita bersambung, mulai tanggal 01 februari 2010 😛 😛

    Reply
  3. 6 years ago
    rafa

    mas saya mau nanya bagaimana cara buat talang rumah yang baik dan benar, talang rumah saya bocor terus. Salam kenal aja saya juga alumni stm pembangunan semarang angkatan 1997 tapi jurusan listrik tenaga. makasih

    Reply
  4. 6 years ago
    deni priatna

    tolong dong di ulas secra lengkap masalah alluminium komposit untuk arcitectural.

    Reply
  5. 6 years ago
    c4hyo_smg

    Boz duwe RAB excel?

    Reply
    • 6 years ago
      ahadi

      iya ada RAB excel bos… sekarang di proyek mana bos..

      Reply
  6. 6 years ago
    hasan Khadafi

    Dear All,

    Mohon Bantuannya kami PT. Gita Persada sedang membutuhkan banyak pekerja untuk surveyor di proyek pendataan dan pemetaan Infrastruktur sekolah. yang di butuhkan adalah SMK Jurusan bangunan min lulusan tahun 2006 dan di tempatkan di daerah tempat pelamar tinggal, untuk yang berminat mohon mengirimkan CV.Ijasah.KTP ke alamat email kami gitahanako2@gmail.com paling telat tanggal 24 Agustus 2010 terima kasih atas bantuannya

    Reply
    • 6 years ago
      Anto

      @hasan Khadafi, Informasi ttg proyek ini sgt terbatas. Jika butuh info lbih lanjut,, kami hrs hbungi siapa?? Sy sdh memasukkan berkas, tp yg membingungkan sama siapa di tau informasi diterima atau tdkx?

      Reply
  7. 6 years ago
    Anto

    Aq udh memasukkan berkas. Tp yg jd pertanyaan,, kapan wkt pelaksanaan proyek?? Jg, jika butuh informasi ttg proyek ini hrs sama siapa??

    Reply
  8. 5 years ago
    davis

    Salam knal sesama alumni STEMBASE……saya alumni Bangunan Gedung angkatan 2000 mohon info klo ada software perhitungan struktur beton, pondasi, & baja…thx

    Reply
  9. 5 years ago
    dwi antoro

    hai all.. gua gx sengaja lewat sini. aq ad pertanyaan wat senwa. apakah setelah lulus, all dapat jaminan kerja? trus apa bedanya tukang pengalaman langsung praktek, sama tukang lewat studi.

    “menurut yang sudah-sudah kebanyakan dapat kerja, sekedar tips jadilah yang terbaik dan jika menjelang kelulusan lihat semua daftar perusahaan yang memberikan lowongan kerja buat saja lamaran ke semua perusahaan jadi nantinya kita milih mana setelah diterima, hal ini untuk menghindari tersisih karena fokus untuk masuk ke sebuah perusahaan tapi ternyata gak masuk nominasi 🙂 “

    Reply
  10. 5 years ago
    ary

    aku alumni listrik lulusan 2004 nek ada yang butuh sub kontraktor elektrikal aku siap …. tinggal kirim email ya brow semua …..

    Reply
  11. 5 years ago
    randi

    jebul bolo dewe tah,podo stembane,jek sedulur,kakancan.nuwun

    Reply
  12. 5 years ago
    asyharudin BA 1/ 92

    salam kagem bapak chusnali……….,
    assalamualikum…wr….wb
    dalem bersyukur saget di gulowentah kaleh bapak-bapak engkang ngasto teng jurusan bangunan air kolo tahun 1992 -1996. ” bp.bambang suharjono, bp sutarto, bp tarmuzdi, bpku chusnali, bp kuwoto, bp rasno, bp karyanto, bp setyanto, bp umar said, bp diana…….lan taksih kathah malih engkang dereng disebuttaken…., dalem cuma saget bersyukur ….saget kados sak meniko………, GM salah setunggale perusahan swasta nasional…….aminnnn, bapak sepindah maleh ngaturake mathur suwun sak kathah kathahe…..salam soho sungkem kagem bapak – bapak ku teng stm negeri pembangunan semarang………….

    Reply
  13. 5 years ago
    tedi

    salam dari TGB di smk n 4 kalimantan barat, pontianak. .

    Reply
  14. 5 years ago
    Tugimin

    Salam sukses untuk Mas Ahadi dengan Ilmu Sipil Com nya. Kulo alunmi STM Pembangunan Jakarta. Nuwun

    Reply
  15. 5 years ago
    vironafitriyani

    salam kenal,.
    saya virona anak TGB2 angkatan 2009,..

    Reply
  16. 5 years ago
    Tajudin Nurul Amin

    program study d kampus tercinta dah berubah semua ya,,, sejak kpn tuh?dulu waktu aq lulus th. 1991 ada 6jurusan ,,BA, BG,MK,MO,EK ,LT…namanya masih STMN Pembangunan

    Reply
  17. 5 years ago
    guntur stak

    nang endi konco2ku angkatan 1979/1980 ?

    Reply
  18. 5 years ago
    dea

    Studio Desain di Jakarta Barat bergerak di bidang 3D Visual Arsitektur & Multimedia mencari 3D Modeler untuk bergabung dengan kami.

    Syarat:
    1. Pria, Min. SMU/SMK
    2. Bisa mengoperasikan Program 3D MAX
    3. Detil, disiplin terhadap deadline, tanggung jawab
    4. Semangat untuk belajar hal baru, teamwork
    5. Fresh Graduate are very welcome
    6. Usia max 23 tahun.

    kirimkan CV lengkap, foto terbaru, Portofolio (jika ada) & salary yang diharapkan ke: dea.arch@gmail.com paling lambat 15 November 2011

    Reply
  19. 4 years ago
    Grahaland

    LOWONGAN KERJA
    kami perusahaan yang bergerak di Developer & contractor perumahan, dengan proyek di Jakarta, sedang mencari DRAFTER / ESTIMATOR
    syarat :
    1. minimal lulusan STM bangunan jurusan tehnik gambar bangunan
    2. minimal 1 tahun pengalaman di proyek perumhan (lebih disukai)
    3. mampu menghitung RAB dan AUTOCAD 2D dan 3D

    Lamaran dapat dikirim ke grahaland_development@yahoo.co.id

    Reply
  20. 4 years ago
    halik

    LOWONGAN KERJA
    Kami perusahaan pengembang/Realestat, dengan proyek di Jakarta,Bogor dan Bekasi, sedang mencari DRAFTER DAN ESTIMATOR,
    Persyaratan:
    1. Minimal lulus SMK Pembangunan
    2. Minimal pengalaman 1 tahun
    3. Usia maksimal 30 tahun, sehat jasmani dan berwawasan luas.

    Harap kirim lamaran ke:
    PT.HATMOHADJI DAN KAWAN (TOKYU LAND CORP.GROUP)
    WISMA HAKA
    Jl.K.H Wahid Hasyim No.71
    Jakarta Pusat 10350 atau Email : Umum@haka.co.id

    Reply
  21. 4 years ago
    indra triyono

    perkenalkan, saya indra anak stembase angkatan 2009 mas, saat ini saya masih klas 4 ,
    tolong di add fb.q di( indra triyono ) . biar banyak teman 🙂 . oh ya skalian minta tolong seumpamanya ad job freelance gambar

    Reply
  22. 4 years ago
    Ridwan Kurniadi Y

    mas, saya masih smp kelas 9. Cita-cita saya jadi arsitek, dan saya ingin masuk smk7 yg TGB. Saya ingin tanya mas, apa benar pada saat lulus smk bisa dijamin dpt kerja mas? Soalnya saya pengen cari uang dulu terus ditabung buat kuliah nanti. Saya juga ga pengen ngerepotin org tua lg mas.

    Reply
  23. 3 years ago
    Silvi

    PT. BUDIINDAH MULIAMANDIRI membutuhkan banyak fresh graduate dari STM Pembangunan untuk ikut bergabung dengan proyek kami di Sumatera Barat, Kalimantan Timur dan Papua.
    Jika tertarik, kirim CV via email ke hrdbimm@gmail.com.
    Thanks for the attention !!

    Reply
  24. 3 years ago
    Silvi

    PT. BUDIINDAH MULIAMANDIRI membutuhkan banyak fresh graduate dari STM Pembangunan untuk ikut bergabung dengan proyek kami di Sumatera Barat, Kalimantan Timur dan Papua.
    Jika tertarik, kirim CV via email ke hrdbimm@gmail.com.
    Thanks for the attention !!

    Reply
  25. 3 years ago
    Handi

    Unrgent, Perusahaan architectural lighting di Jakarta membutuhkan lulusan baru dengan kriteria :
    1. STM pembangunan
    2. 3D
    3. Auto CAD
    Harap kirimkan CV ke :
    PT Integra Energy Solution Jakarta Pusat e mail : handi.gestech@gmail.com

    Reply
  26. 3 years ago
    Daniel Setiawan

    Salam Hangat kakak-kakak ku alumni STM Pembangunan Semarang,
    ini saya masih kelas 4 dan nantinya akan menyusul kakak-kakakku menjadi orang SUKSES!
    aye aye

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*