Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Teknik Arsitektur UI

Teknik Arsitektur UI menjadi bagian dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI). Saat ini selain menyelenggarakan Program Studi Strata Satu (S1), Teknik Arsitektur UI juga menyelenggarakan Program Studi Strata Dua (S2), program profesional, dan Program Studi Strata Satu bertaraf internasional.

 

Pertama, Program Studi Strata Satu (S1). Lulusan program S1 Teknik Arsitektur UI berhak mendapat gelar Sarjana Arsitektur (S. Ars). Program studi ini menawarkan dua program studi utama, yakni arsitektur dan arsitektur interior. Program arsitektur memberikan pengenalan dasar yang lebih luas untuk bidang arsitektur serta siap menyediakan lulusan yang memiliki kompetensi pra-profesional dan memiliki spesialisasi dalam bidang desain arsitektur, studi perkotaan, sejarah arsitektur, masyarakat, dan budaya serta teknologi arsitektur dan kinerja bangunan. Sedangkan program arsitektur interior menekankan pada kemampuan dalam desain arsitektur interior yang berkaitan dengan produksi ruang arsitektur interior.

 

Kedua, Program Studi Strata Dua (S2) meliputi Magister Arsitektur dan Ph.D Arsitektur. Lulusan Magister Arsitektur Teknik Arsitektur UI berhak menyandang gelar Masters of Architecture (M. Ars) dan memiliki kemampuan sebagai berikut:

(1) Mengembangkan layanan profesional melalui penelitian dan pengembangan pengetahuan arsitektur;

(2) Mampu beradaptasi dan berpartisipasi dalam pengembangan pengetahuan arsitektur;

(3) Mampu mengembangkan kinerja profesi mereka dalam spektrum yang lebih luas dengan mengintegrasikan disiplin ilmu dan profesi terkait lainnya;

(4) Mampu memecahkan masalah yang timbul dalam masyarakat dengan merumuskan pemecahan masalah melalui pendekatan logika akademik. Prospek kerja bagi Magister Arsitektur terbuka cukup luas. Di antaranya sebagai peneliti, dosen, supervisor dalam bidang industri konstruksi, desainer perkotaan, pengembang real estate, pemeliharaan gedung dan pengawas manajemen, dan sejumlah bidang pekerjaan yang berkaitan.

teknik sipil ui

Ketiga, program profesional. Yakni program profesi arsitek. Agar mendapatkan sertifikat profesional, Sarjana Arsitektur UI harus magang terlebih dahulu dan mengikuti proses kualifikasi yang diselenggarakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

 

Keempat, Program Studi Strata Satu bertaraf internasional. Program studi ini menawarkan program kuliah selama dua tahun tinggal di UI ditambah lagi dua tahun di sekolah arsitektur yang berkolaborasi dengan luar negeri. Selama dua tahun pertama dari program ini, mahasiswa menjalani studinya di UI yang materi kuliahnya sekitar 75-80% memiliki kemiripan dengan Program Studi Strata Satu Reguler. Hanya saja semua program menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Kemudian pada akhir semester keempat (tahun kedua), akan dilakukan penilaian guna menentukan kelayakan mahasiswa untuk melanjutkan ke sekolah arsitektur yang berkolaborasi dengan luar negeri. Penilaian ini didasarkan pana skor TOEFL dan nilai IPK. Mulai periode 2009/2010, program studi ini tidak mewajibkan mahasiswanya harus mengikuti pendidikan selama dua tahun di sekolah arsitektur yang berkolaborasi dengan luar negeri. Melainkan mahasiswa diberi kebebasan memilih, bisa melanjutkan sekolah arsitektur yang berkolaborasi dengan luar negeri atau tetap melanjutkan dua tahun yang tersisa di Teknik Arsitektur UI.

ilmu sipil
  1. Pekerjaan dinding keramik
  2. memilih warna interior rumah
  3. mengenal bagian ruang rumah
  4. perencanaan bangunan bertingkat
  5. Teknik Arsitektur Undip
  6. Teknik Arsitektur ITB
  7. Teknik Arsitektur UGM
  8. Arsitek VS Drafter mana yang lebih ahli dan pintar
  9. desain atap kontemporer
  10. Arsitek VS Teknik Sipil – Antara imajinasi dan hitungan
  11. Cara menghitung kebutuhan keramik
  12. Desain Ruang kerja
  13. Daftar kontraktor dan konsultan perencana BUMN di Indonesia
  14. Mengenal Material Pintu Kamar Mandi
  15. Rumah ini bagus, siapa Arsiteknya? Teknik sipil
  16. Proses Pengolahan Air Bersih
  17. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  18. Batu Alam Pada Dinding dan Lantai
  19. Teknik Arsitektur UI

Komentari

*
*