Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Tanya perhitungan struktur rumah 2 lantai

Ini ada rekan kita yang membutuhkan bantuan sehingga bertanya tentang perhitungan struktur rumah 2 lantai, silahkan bagi yang mempunyai keahlian, ada waktu dan bersedia menjawab maka kita ucapkan terimakasih. mengingat pertanyaan tentang struktur itu biasanya singkat dan padat namun untuk menjawabnya perlu perhitungan yang panjang, teliti dan tidak cepat. mari kita simak pertanyaan ini.

 

Assalamualaikum Wr.Wb. Yth. Rekan-rekan ilmusipil.com

Selamat Siang pak. Saya seorg arsitek yang belum paham soal struktur. saya ada rencana membangun bangunan untuk kos-kos-an 2 lantai namun atap paling atas (atap lantai 2) adalah dak beton juga (bukan kuda-kuda dan genting). pada dak atap ini nantinya juga akan diletakan tanki air 1000 liter sebanyak 2 buah. adapun ukuran bangunan adalah 9 (lebar) X 7 (panjang) meter dimana: lebar 9 m dibagi 3 kamar dg lebar masing-2: 2,75m. sedangkan pada lebar tanah 7 m tersebut dibagi 2 masing-2 3,5 m (yg adalah panjang kamar). jadi ukuran kamar masing-2 3×3,5 m berderet 3 buah pada posis panjang tanah dan dibuat 2 deret (saling bertolak belakang). jadi total kamar tiap lantai ada 6 buah.

Mandor yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut telah mengajukan usulan struktur sbb:
Untuk struktur lantai dasar:
1. Pondasi tapak (dibawah kolom struktur) dibuat dg ukuran 85×85 cm dengan tulangan 10mm jarak 10cm. Selebihnya adalah pondasi jalur batu
kali; lebar bawah 60cm, lebar atas 40cm, tinggi 65cm.
2. Kolom struktur (ada 12 buah) ukuran 13×40 cm (supaya tidak nonjol dari tembok) dan balok struktur ukuran 20×35 cm.
3. Kolom Struktur pembesiannya 4dia16mm dan besi sengkang 10mm-15cm.
4. Balok Struktur pembesiannya 3dia16mm utk tul tarik dan 2dia16mm utk tul tekan.
5. Tulangan pelat dia 10mm setiap jarak 10cm (double / sisi atas dan sisi bawah pelat).
Untuk struktur lantai dua: dibuat sama dengan lantai dasar.

Pertanyaan:
1. Apakah struktur (dimensi kolom / balok / pelat / Pondasi beton) sudah cukup aman?
2. Kalau memang belum aman, bagaimana kiranya yang cukup mana?
3. Apakah struktur lantai dua tidak boros kalau disamakan dengan lantai dasar (mengingat beban nya tidak seberat lanati dasar)?

Demikian pertanyaan saya. Saya sangat berterima kasih bilamana boleh mendapatkan pencerahan dari bapak.

Salam Hormat,
Freddy

 

Begitulah situasi dan pertanyaan tentang struktur rumah kos 2 lantau yang dialami oleh saudara freddy untuk mendapat tanggapan dari rekan-rekan semua :-)

  1. kalkulator kebutuhan beton
  2. pemeriksaan berat isi agregat
  3. Cara penggunaan lem beton Calbond
  4. contoh perhitungan struktur Bangunan
  5. Beton Fiber
  6. BATCHING PLANT beton
  7. pemeriksaan kadar air pada agregat
  8. Cara Pembuatan benda uji untuk tes beton
  9. Klasifikasi Agregat
  10. perencanaan campuran beton
  11. Keruntuhan pada Beton Bertulang
  12. Tips pekerjaan cor beton yang bagus
  13. Cara Pemeriksaan Beton Pada Bangunan Publik
  14. cara tes kuat tekan beton
  15. Cara membuat kolom beton bertulang
  16. Struktur plat lantai beton bertulang sistem half slab
  17. Pekerjaan cor beton di malam hari
  18. ANALISIS SPECIFIC GRAVITY DAN PENYERAPAN AGREGAT HALUS

62 Responses to “Tanya perhitungan struktur rumah 2 lantai”

  1. irbas says:

    Untuk struktur pondasi, balok dan kolom saya rasa sudah memenuhi , tapi untuk pelat lantai 1 dan 2 saya rasa terlalu boros bagai mana kalau pakai besi 10 jarak 15cm. Dua lapis itu sdh kuat… dan kalau msu hrmat lagi untuk balok tulangan extra juga bisa dirubah jadi besi 13 jadi pokok 4 besi 16 tambah 2 besi 13.. mud mudhan bermamfaat tks. Irbas

    1. susilo pranoto says:

      Nah…. Bp. Irbas paling bener kalo menurut saya….Top markotob

    2. DAYAK says:

      Kalau saya, mesti cari hasil sondir tanah aza dulu, buat tau tegangan ijin tanah yang diijinkan, baru bisa nerus kebentuk desain pondasi foot pelat serta kombina penulangan pada struktur yang diinginkan.Harga mutlak rasanya.Takut kedepan terjadi penurunan tanah tidak seragam retaklah struktur yang ada.1 atau 2 tahun tidak terlihat,tapi sesudah itu yang patut dipikirkan.

      1. surya says:

        untuk plat lantai menurut saya pake besi 8 double jarak 10 cm juga udah aman,keculai untuk plat bagian dak harus dlebih di teliti soalnya ada beban tambahan sebesar 2000 kg

  2. Asyirudin A. says:

    1.a.kolom= ( 1/12 – 1/18 ) * bentang
    .b. Balok = ( 1/10 -1/16 ) * bentang = tinggi
    … Lebar = 2/3 * tinggi
    3. Kalau untuk rumah, penulangannya yang lantai dua diperkecil tidak apa2,

    semoga bermanfaat,

    1. kovet says:

      trimakasih pak asyirudin.A…

    2. Gusti says:

      kalau pembesiannya gemana pak..?

    3. cahyo_satrio@yahoo.com says:

      Dalam menetapkan suatu rumus harus lah memiliki dasar yg kuat (aturan), agar para pembaca tidak salah dalam menerapkan hal tersebut. Jika perhitungan struktur bangunan semudah itu, sy rasa tidak perlu adanya sarjana Teknik Sipil yg harus kuliah susah2 dan lama untuk menguasai desain struktur.

      Disini sy coba sedikit meluruskan dan berbagi ilmu berdasarkan ilmu yg telah sy pelajari di perguruan tinggi

      Untuk Balok Induk berdasarkan SNI 03-2847-2002 dapat menggunakan h = 1/16 bentang dan b = 2/3 h dengan ketentuan nilai fy (mutu baja) = 400 mpa

      Untuk Kolom berdasarkan RSNI 03-1727 di perhitungkan berdasarkan beban yg diterima secara max, kmudian dibandingkan terhadap f’c (mutu beton) akan di dapat dimensi kolom

      Hanya meluruskan untuk sharing dan berbagi ilmu, tidak bermaksud menggurui.
      Jika ada yg kurang sependapat dan memiliki pendapat lain mhon sharingnya di Facebook kami untuk menambah wawasan agar kami menjadi lebih maju. Tksh

  3. Herdin says:

    ukuran kolom 13×40 sedangkan dinding 15 cm (finish) terlalu tipis untuk selimut beton. untuk kolom utama lebih baik ukuran minimal 20cm. untuk plat pakai aja wiremesh m5 1 lapis untuk lt. dasar dan m7 double untuk lt.1 lebih hemat. tebal plat 15cm untuk daag beton lt.2 pakai tulangan d10-15 cukup atau m8 double. kalau baloknya cukup besi 13 jumlah 4 buah, extra 2 tumpuan lapangan. cmiiw :)

    1. kovet says:

      setuja pak herdin

  4. BP Yoga says:

    Anda seorang arsitek… harusnya sebelum membangun urus dulu I.M.B.nya…. di situ anda akan diminta melampirkan Perhitungan Struktur dari yg punya S.I.P.B.
    Hati2… dari usulan Mandor anda & komentar2 yg ada, koq nggak ada yg membahas ukuran & pembesian SLOOF…
    Memang sih… Bangunan bisa berdiri, bisa ditempati…. tapiii… beaya perwatan nantinya akan mahaaalll…. belum lagi kalau ada pemeriksaan I.M.B. dari Dinas P.U. setempat…
    Ma’af… saya sekedar mengingatkan…. karena seorang arsitek !!!

  5. Ismail Dtc says:

    Numpang saran,

    1. (catatan)Kekuatan Suatu struktur bangunan tidak bisa dikira2. /haruz melalui suatu proses perhitungan yang memenuhi prosedur & dpt dipertanggung jawabkan. (dalam SNI jelas)
    2. Secara umum, struktur(pondasi,kolom,balok, & pelat)…masing2 jelas memiliki suatu cara perhitungan yg berbeda,,…nah, oleh sebab itu, alangkah baiknya, jika bapak mencari dan mengkonfirmasikam hal diatas kpd org yg tepat (ahli struktur=Ir. /konsultan perencana/dsb.)…mengingat keamanan struktur daripda suatu bngunan adalah yang utama/asumsinya= struktur boleh bergerak atwpun bergoyang, namun tidak diijinkan rubuh(asumsi).
    3. Dgn cara (no.2), sekaligus bpk jga dapat mngetahui seberapa hemat/seberapa boros biaya yang akan digunakan(material bahan)….dari perhitungan yg dilakukan, dalam hal ini (RAB).
    4. Mungkn terkesan agak rumit, berbelit-belit, dan butuh proses yg panjang,..tp, seperti apa yg telah disampaikan sebelumnya diatas…(“mengingat, suatu kekuatan struktur, dibutuhkan..perhitungan yg panjang & TELITI.
    4. Demi keamanan & keselamatan.

    Terima kasih banyak atas waktunya.

  6. M.Saputra says:

    Beri Saran…..

    1. Setuju dgn Bpk. Ismail…Dalam perencanaan struktur tidak bisa dilakukan dengan kira2..itu etika professional dan harus ada pertanggung jawaban nya,,jika perhitungan perencanaan benar dan bangunan runtuh maka tanggung jawab berada d Pelaksana/Kontraktor/pemborong…

    2. Selain perhitungan beton ada faktor lain yang penting dalam perhitungan struktur,,yaitu Daya Dukung Tanah d bawah bangunan,,,d dapat dari test Sondir,CPT….jika struktur atas(Pondasi,Kolom,Balok,Plat) aman dalam perhitungan, namun kapasitas daya dukung tanah tidak memadai untuk menahan beban struktur maka tentunya bangunan akan ambles dan berakibat fatal….

    3. Dan tentunya mandor merencanakan dimensi beton dan tulangan berdasarkan pengalaman mereka, dan tentunya kita tidak ingin menjadi yang pertama dalam pengalaman mandor gedung yang mereka buat runtuh akibat kita percaya perhitungan tidak berdasar mereka…

  7. Dedy says:

    Saya mau bertanya tentang kuda-kuda dengan bentang 20 meter, bagaimana konstruksinya supaya aman ? dalam hal menggunakan kolom 40 x 40. Tks

    1. Eka Maizuhardi says:

      Supaya aman dihitung dulu Mas. 20 m itu bentang panjang. Jangan dikira-kira….

      1. DAYAK says:

        SETUJU….:D

    2. cahyo_satrio says:

      Sebagai kisi2 saja :
      di mulai dari yg termurah, untuk kuda2 bisa menanyakan kepada jada atap baja ringan, apakah ada untuk bentang 20 m tanpa kolom di tengah bentang?

      untuk masalah kolom bisa di hitung beban yg di tumpu oleh kedua titik berapa nilai V dan M nya. lalu di trasfer ke beban kolom apakah untuk bentang 40 x 40 tersebut mampu menerima beban yg di pikul?

  8. suryana says:

    mohon maaf ikut menanggapi :

    Pengalaman adalah guru utama, apa yang diusulkan oleh mandor tentunya bukan tanpa alasan, bisa iya bisa tidak. jadi saya tidaka sepenuhnya setuju dengan pendapat mandor dan tidak sepenuhnya tidak setuju.

    Dalam penentuan dimensi pondasi flat, sloof, kolom, balok harus berdasarkan perhitungan yang disesuaikan dengan pembebanan yang akan ditumpunya, apakh dihitung secara manual atau dengan software Staad Pro, Sap 2000 dsb. tapi faktor yang paling penting adalah, adakan dahulu uji tanah untuk mengetahui berapa ? daya dukungnya ( disondir ) krn setiap daerah memiliki struktur tanah yang berbeda-beda. 2 hal yang selalu saya pegang :
    1. Besi hanya untuk menahan beban tarik agar disaat beton tidak mampu lagi menahan beban, sloof, balok, kolom tidak lsg patah.
    2. Beton hanya untuk menahan beban tekan, jadi jangan sembarangan memberi dimensi besi serta jumlahnya, krn taruhannya adalah nyawa. salam sukses

  9. andia says:

    Saya mau minta bantuannya,saya rencana mau bikin rumah 2 lantai.Tapi saya bingung dengan
    konstruksi/strukturnya.Bagaimana cara
    menentukan/rumus :
    1.Kolom utama,tulangan /besi yg dipakai
    2.Ukuran ring balok
    3.Ukuran Balok Induk
    4.Ukuran Balok Anak
    5.Ukuran sloof

    Tulangan/besi yang digunakan pada:
    1.Kolom utama
    2.Ring Balok
    3.Balok Induk
    4.Balok anak
    5.Sloof

    Mohon bantuannya,,,,

    1. Eka Maizuhardi says:

      Wah… kalau Anda menanyakan hal ini, sebaiknya anda kuliah saja di Sipil. Terlalu panjang dan njelimet kalau dijabarkan di sini :)

      1. MBANAJI says:

        BACA KOMEN DI ATAS NGAAAAKAAAKKK ABIS,,,,,,

    2. Gusti says:

      pertanyaan ini kalau di jabarkan bisa lama seperti kuliah 6 tahun di teknik sipil.. mendingan yang nanya langsung kuliah aja sih ya ?

    3. Bambang Mujiyono says:

      Jawabannya simple kok, tentukan desain atau denah rumah, kalo sudah yakin, silahkan konsultasi ke Sarjana Tehnik Sipil,… biayanya akan lebih murah :)

  10. Eka Maizuhardi says:

    Hal pertama yang perlu diketahui adalah data sondir tanah atau daya dukung tanah. Kalau untuk bangunan 2 lantai mungkin tidak perlu terlalu detail. Cukup lihat saja kondisi tanah aslinya seperti apa. Dari situ nanti bisa dikira-kira daya dukungnya cukup atau tidak.
    Daya dukung tanah sangat berpengaruh kepada ukuran fondasi.
    Untuk kolom dan balok, seharusnya dihitung secara benar sesuai SNI. Membaca ukuran di atas, menurut pengalaman, bisa berdiri. Namun bangunan ini bukanlah bangunan tahan gempa dan tidak aman untuk bangunan di daerah gempa.

  11. slamet says:

    Assalamualaikum….

    mau tanya pak…..paman saya mau buat ruko 2 lantai :
    -Ukuran bangunan 6 x 16 meter
    – Rangka atap baja ringan dan atap GRC
    – tidak ada kolom di dalam ruangan agar tidak mengganggu aktifitas.
    – tinggi lantai 2 = + 3.50
    – pondasi batu kali + tapak/plat
    Pertanyaannya :

    1. Berapa ukuran / dimensi pondasi tapak yang pas dan ukuran pembesiannya ?
    2. Berapa Ukuran sloof dan besinya ?
    3. Berapa ukuran / dimensi kolom Lantai 1 dan 2 ( dan besinya ) ?..
    4. Berapa meter jarak anatar kolom struktur ?
    5. Berapa Ukuran/ dimensi balok lantai gantung dan balok lantai samping ( ditopang dinding )
    + besinya ?

    terimakasih sesudahnya…..maaf pertanyaannya banyak,,,mohon dengan amat dan sangat tolong dibantu ya pak…

    1. cahyo_satrio@yahoo.com says:

      Misalkan saya menjawab pertanyaan no 3 :
      -Kolom 50×50 besi 12 d 16

      Jika kita analisa jawaban sy :
      -apakah kuat? jawab: kuat
      -apakah mahal? jawab: mahal
      -mengapa bs menjawab sperti itu? jawab: berdasarkan pengalaman
      -berapa yg harus di gunakan supaya kuat dan murah? Harus di hitung oleh ahli struktur

      KESIMPULANNYA : jika ingin kuat dan murah maka harus lah di desain dan di hitung oleh ahli struktur. Bukan berdasarkan pengalaman saja. Karena setiap kondisi tanah dan pembebanan masing2 bangunan berbeda antara yg satu dengan yg lain.

      SMOGA BERMANFAAT

  12. andia says:

    Saya minta bantuannya…
    bgaimana cara menentukan dimensi kolom rumah 2 lantai??
    saya kesulitan menentukan dimensi kolomnya.
    bgaimana cara menentukan dimensi Ring Balok nya??
    saya mohon bantuannya,,,,

  13. lisma says:

    assalammualaikum,
    mohon bantuannya, untuk bangunan 2 1/2 lantai, sebaiknya memakai pondasi, sloof, kolom, dan ringbalk seperti apa ya,
    mohon untuk di bantu ya, please…

  14. arry says:

    ga usa terlalu ribet…untuk kolom cukup memakai 13/30 besi diameter 13…untuk balok ya kalo bentang paling maksimal 5 meter ya pake aja 20/35 besi dia 13 6buah juga cukup….pondasi 90x90cm besi 10 aja..sloof 20/30 besi 13 4buah…kalo mau plat setempatnya pake rucuk bambu tiap titik…plat lantainya besi 8mm aja pake jarak 20mm tapi 2 lapis…cornya 10-12 cm..saya juga pernah bangun kosn 2.5 lantai luas 450m2..pake spek tersebut alhamdulillah aman…hehehehe…

    1. Bambang Mujiyono says:

      setujuh

  15. amri says:

    Assalamualaikum ? Mau bertanya kepada rekan2, saya mau membangun ruko 4 lantai panjang 15 lebar 5,
    pertanyaan saya harus pake :
    1. Pondasi Berapa ?
    2. Kolom berapa x berapa ?
    3. Balok nya berapa x berapa ?

    1. cahyo_satrio@yahoo.com says:

      Untuk lantai 4 jangan main2 dalam menentukan dimensi dan tulangan.
      Jika ingin kluar biaya murah = resiko bangunan roboh
      Jika ingin kuat = resiko biaya mahal

      Kesimpulan : Harus menggunakan jasa desain struktur agar tercapat bangunan yg kuat dan murah.

      Dalam memilih jasa DESAIN STRUKTUR :
      -Jika ingin ada jaminan dalam perhitungannya, gunakan jasa desain struktur KONSULTAN yg sudah memiliki nama PT yg terdaftar dlm pemerintah. Kelemahannya biaya sangat lah mahal. Bahkan ada yg harus mengikuti prosedur lelang berdasarkan PEPRES ’54
      -Jika ingin biaya murah namun tdk ada jaminan (berdasarkan kepercayaan saja) gunakan jasa freelancer.
      NB : cara agar timbul kepercayaan minta bukti ijazah freelancer berasal dari jur dan univ terkemuka tidak? dengan nilai IPK brp?
      Dan untuk memastikan kepercayaan tanyakan pada mandor yg berpengalaman membangun, apakah desain tersebut masuk akal atau tdk untuk dipertanggung jawabkan? krn jika terjadi suatu hal, yg bisa dimintakan pertanggung jawaban adalah kontraktor / mandor pelaksana dilapangan

  16. Michael says:

    Sebaiknya untuk dimensi struktur bangunan tetap menggunakan pihak profesional untuk menangani desainnya, karena terutama menyangkut keselamatan penghuni rumah dan tetangga sekitarnya.. bayangkan kalau terjadi gempa dan ukuran-ukuran yang dipakai hanya berdasarkan pengalaman mandor yang (misal) terbiasa mengerjakan di daerah jarang gempa dan akhirnya bangunan tersebut rusak, bisa2 membahayakan semua penghuni rumahnya, belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya..
    Kalau saya biasa meminta teman saya untuk menghitung bangunan yang ingin saya bangun, setidaknya saya bisa merasa lebih nyaman dan tidak khawatir bangunan ambruk..
    Mungkin kalau ada yang butuh bantuan:
    http://www.facebook.com/pages/The-Wijaya-Property-Construction/172582452795134

  17. obesputra says:

    Mu tanya ……
    Kalo bikin ruko 2 lantai yg d duluin pasang batanya atas dulu kirakira kuat ga…….

    1. cahyo_satrio@yahoo.com says:

      Klo kita bicara akan hal yg sebenarnya sesuai aturan, bata di gunakan sebagai pembatas (dinding pemisah ruangan), bukan digunakan sebagai pemikul beban.

      Maka kesimpulannya tentu saja bisa, asalkan untuk desain balok, kolom, pelat dan pondasi sudah sesuai dengan perhitungan desain yang sebenarnya.

  18. antonino says:

    aku mau nanya bagaimana cara menhitung struktur tangga secara manual tolong berikan contohnya buat saya.

  19. RAHMAN PRAMANA says:

    ASSALAMUALAIKUM…….

    SAYA MAU TANYA PERHITUNGAN UNTUK PERENCANAAN PLAT LANTAI….. TOLONG DOOOOOOOOOOOONG

    1. Rinaldi says:

      Untuk plat 1/40 x L, contoh L=4 m, maka 1/40 x 4 = 0,1 m atau 10 cm dan baloknya 1/12 x L, contoh L=4, maka 1/12 x 4 = 0,33 m atau 33 cm tebal balok, kalau kurang kekuatan kurang dan jika kebesaran maka beresiko mudah ambruk karena beban sendirinya besar jika terjadi gempa, mudah2an berguna

  20. RAHMAN PRAMANA says:

    RUMAH SAYA DUA LANTAI, TERAS LANTAI ATASNYA TUH LANTAI KAYU…… SAYA MAU GANTI LANTAI TERASNYA DENGAN BETON…… SAYA MAU TAHU DONG CARA MENGHTUNG RAB UNTUK PLAT LANTAI. UKURAN TERAS SAYA 3X3 M. TOLONG DONG JAWABANNYA SODARA……

    1. cahyo_satrio@yahoo.com says:

      Untuk RAB berdasarkan Analisa Satuan Pemda Bandung 2014 untuk saat ini Harga Beton Bertulang + 200 kg besi masuk di harga 4,3 juta. Jd cara kasar termudah ny = 3 x 3 x 0,12 x 4,3 jt = 4,65 jt.

      Namun yg perlu di perhatikan lagi adalah apakah kolom dan pondasi lama rumah saudara sudah di desain untuk mampu menerima pelat beton tersebut?

  21. radjiman simarmata says:

    saya mau bangun ruko dua lantai ukuran 4 x 16 m
    Yang saya tanyakan adalah :
    1. apakah untuk kolom dan balok dapat menggunakan besi full sni 10 , 12
    2. utk lantai pke besi sni 8

    terima kasih

  22. ratih says:

    Ass. rekan-rekan,saya kesulitan dalam menentukan beban tandon air pada lantai atap bangunan lantai 2.tandon air itu termasuk dalam beban apa ya? beban mati atau beban hidup,dan contoh perhitungannya bagaimana ya?
    terima kasih
    Wss

  23. melgi says:

    pak kalo rumus menentukan kelom,balok, untuk 3 lantai apakah sama dengan 2 lantai?

    1. cahyo_satrio@yahoo.com says:

      Tentu saja berbeda. Krn beban yg di pikul oleh kolom dan balok serta pondasi berbeda

  24. mister teplox says:

    mo nanya neh, biar dapat proyek banyak tapi ga banyak sunatan gimana gan?
    trs mo numpang nanya kl ada lowongan kerja di solo kota, tolong bisa disms dong ke nomer 085867045758,
    pengalaman kerja : konsultan perencana 10 th…
    gaji di perusahaan lama cm bisa bertahan 5 hari,
    kali aja ada yang minat,
    maksih..

  25. supriyadi says:

    Bangunan lebih dari 2lantai mending pakai pondasi strauss pile kenapa strauss pile
    1.pengerjaannya cepat dan alat yang simple
    2.pondasi bertumpu pada lapisan tanah keras(berbeda dengan pondasi tapak,cakar ayam atau pondasi batu kali)
    3.biaya relatif lebih murah dibanding pondasi bor pile atau tiang pancang

    Kekurangannya adalah terbatasnya pilihan diameter yakni 20cm,25cm,30cm,40cm
    Serta kedalaman yang hanya mampu sampai 10meter (tergantung lapisan tanah keras didaerah tsb)

    1. cahyo_satrio@yahoo.com says:

      Menambahkan kelemahan yg paling vital :
      -Harus melampirkan data tanah

      Krn tanpa data tanah tidak akan mengetahui berapa kedalaman yg harus di tanam mengingat dari segi efektifitas biaya

  26. agus says:

    saya punya rencana membangun ruang usaha 9,4 x 12,25 m 3 lantai, saya ingin tidak ada tiang beton di tengah bangunan. bisa bantu ukuran bestat serta besar kolom serta balok-balok betonnya termasuk ketebalan lantai beton nya. saya sangat ingin berkonsultasi via telp, untuk minta jasa gambar dan RAB & RAP. tks agus 081227225287.

    1. cahyo_satrio@yahoo.com says:

      Sekedar info : Penawaran Jasa Freelancer Desain Termurah saat ini

      Untuk biaya gambar IMB + 3D = 15 rb/m2
      Untuk biaya RAB = 750 rb
      Untuk biaya Perhitungan Struktur = 15 rb/m2

  27. iyok says:

    Untuk ketebalan lantai bisa seperti biasa aja pak 12cm atau 15 cm. tergantung mau konvensional apa pakai bondex. untuk kolom pakai 50×50 cm, tulangan utama pakai 16D16, beugel dia.10-150. Untuk balok portal pakai 40×65 xm, tulangan utama 8D19 dengan extra tumpuan lapangan 8D19 juga. untuk beugel pakai besi dia.10 dengan jarak 10cm untuk tumpuan dan 15cm untuk lapangan. untuk balok memanjang ukuran bisa lebih kecil tergantung jarak kolomnya. untuk struktur bawah maaf….harus dihitung dulu karna harus ada data sondirnya. revisi extra tumpuan lapangan balok portal pakai 6D19 saja sudah berani….smoga bermanfaat

  28. Heru Yuwono says:

    Saya punya rencana mendirikan bangunan 2 lantai mohon bantuan :
    1. Berapa mm ukuran besi untuk slof pondasi yang dipasang diatas pondasi batukali.
    2. Berapa mm ukuran besi yang digunakan untuk kolom utama.

    Terima kasih

    1. iyok says:

      Sloofnya cukup pakai besi 4 diameter 10 mm dengan beugel 8mm jarak 15cm. ukuran sloof 15×30 sudah cukup, kalau mau pake 20×30 lebih bagus tapi boros.
      untuk kolom utama pakai 6D13 dengan jarak beugel 15cm. untuk yang lantai 2 bisa pakai kolom praktis aja dengan catatan tidak ada dak lantai lagi sebagai atap. seandainya di lantai 2 ada dak lagi untuk tower air, maka kolom khusus untuk dak tower ini bisa pakai ukuran 15×20 cm dengan besi 4x12mm. semoga membantu

  29. junk says:

    salam kenal gan
    mohon saran, sy rencana mau bangun rumah 2lt di atas lahan rumah lama, rumah lama sdh ada sloof dan pondasi batu kali ya…saya mau timpa dgn pondasi cakar ayam…berapa kedalam pondasi cakar ayamnya…dan menggunakan besi berapa saja? utk pondasi, sloof, kolom dan baloknya?

    trima kasih

    1. iyok says:

      Untuk pondasi cakar ayam rumah 2 lantai bisa pakai ukuran 100×100 cm dengan kedalaman pondasi cukup 1 meter jika sudah mencapai tanah aslinya (bukan tanah urugan). tulangan bagian bawah diameter 10 jarak 10cm. tulangan bagian atas diameter 8 jarak 15cm. untuk sloof pakai 20×30 cm dengan tulangan 4dia.12 + 2 dia.10 dan beugel 8-150cm. Kolom utama pakai ukuran 30×30 cm dengan tulangan 4dia.13 + 4dia.10 dengan beugel 8-150cm. atau kolom 12×40 dengan tulangan 10dia.13 dengan beugel 8-150cm. semoga bisa membantu

  30. Fendhiari saputro says:

    mau nanya, kalo rumah 2 lantai. .
    Tinggi dinding lantai satu 4meter trus lantai 2 3,5meter tuh udah bener ap belom. . .mohon pencerahan.a.

    1. iyok says:

      Sudah bener itu sudah bagus mas Fendhi….

  31. mukmin akbar says:

    kalau sy mo ngedak dngan luas bangunan 5*6m,berpa banyak bondek/baja ringan yg di butuhkan dan brpa pajng wiremes yg di pakai dan bahan apa saja yg harus di beli.terima kasih atas jawabannya

  32. wuryanto says:

    mau bangn rumah at renov,hub081277720983,untk wilayh jakarta,kepuasan anda saya utamakan

  33. Horasman man says:

    Saya mau bangun rumah 2 lt dan atap pakai genteng dgn baja ringan, luas bagunan 7x 8 mtr jumlah pondasi 12, utk tiang pakai besi 10 mm 6 batang dan beugel pakai besi 6 mm jarak 15cm, saya mau tanya amankah bangunan tsb. Tq

  34. kunang kusyanto says:

    mohon inforamsinya, saya mau membangun rumah 2 lantai ukuran 4X6, kira kira butuh pondasi tapak ukuran berapa pakai besi berapa (maksudn saya ukuran rangka besinya panjang berapa lebar berapa dan tinggi berapa?)selimut rangka pondasi tapak tersebut berapa cm? butuh berapa pondasi tapak?atas petunjuk dan pencerahannya terima kasih

  35. kunang kusyanto says:

    mohon inforamsinya, saya mau membangun rumah 2 lantai ukuran 4X6, kira kira butuh pondasi tapak ukuran berapa pakai besi berapa (maksudn saya ukuran rangka besinya panjang berapa lebar berapa dan tinggi berapa?)selimut rangka pondasi tapak tersebut berapa cm? butuh berapa pondasi tapak? terus pondasi batu kali rencana pakai ukuran lebar bawah 60cmlebar atas 30cm tinggi 60 cm. untuk slop saya rencana pakai slop ukuran 15 X 20 dengan besi diameter 10mm sebanyak 4 buah dan begel besi 8mm jarak 15cm, sedangkan kolom ukuran 20 X 20 dengan besi diameter 10mm sebanyak 6 buah begel besi diameter 6mm, sedangkan balok ukuran 15 X 20 dengan menggunakan besi diameter 10mm sebanyak 6mm buah begel diameter 6.dak menggunakan besi plat diameter 10mm 2 lapis.tinggi lantai 1 3meter lantai 2 3meter adapun atap kami menggunakan asbes. mohon petunjuk dan pencerahannya terima kasih

  36. purihidayah konsultan says:

    Butuh jasa Desain Arsitek & Sipil Struktur profesional, silahkan kunjungi http://purdesainoke.blogspot.com

Leave a Reply

Current ye@r *