Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Tabel berat besi

Dalam perhitungan struktur bangunan maupun pembuatan bestat besi diperlukan data berat per m sehingga dapat dihitung total berat struktur yang akan dihitung atau jumlah besi dalam kg yang harus dibeli untuk melaksanakan sebuah kegiatan pembangunan struktur beton bertulang.   Harga besi yang terkadang naik sehingga membuat biaya pembangunan melonjak dapat dihemat dengan cara menghitung struktur bangunan yang menggunakan besi sedikit mungkin namun tetap kuat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut ini tabel berat besi yang dapat digunakan untuk menghitung volume besi atau struktur besi.

besi

Untuk download file excel bisa klik

http://www.ziddu.com/download/7747421/Tabelberatbesi.xls.html

TABEL BESI
BESI BETON POLOS & ULIR
UKURAN BERAT
(mm) (Kg)
6 0.222
8 0.395
9 0.500
10 0.617
12 0.888
13 1.040
16 1.578
16 1.578
19 2.223
22 2.985
25 3.853
28 4.830
29 5.185
32 6.313
36 7.990
6p 0.22
8p 0.4
9p 0.5
10p 0.62
12p 0.89
13p 1.04
16p 1.57
16p 1.58
19p 2.23
22p 2.98
25p 3.85
28p 4.83
29p 5.19
32p 6.31
36p 7.99

Contoh perhitungan volume besi dalam kg

misalnya kita akan membangun suatu bagian struktur bangunan yang membutuhkan besi diameter 8 dengan panjang 22 meter, lalu berapa kg besi dimater 8 yang harus dibeli? karena panjang dan diamter besi sudah kita ketahui maka kita dapat melakukan langkah pertama yaitu melihat tabel berat besi dimana kita lihat berat/m besi diameter 8 menurut tabel adalah 0.395

maka volume besi : V= 0.395 x 22 = 8.69 KG

Dalam batang jika panjang perbuah 11 m maka besi yang dibutuhkan adalah 22/11 = 2 batang

Jadi setelah kita hitung total keseluruhan kg besi yang harus didatangkan adalah 8,65 Kg atau 2 batang selanjutnya tinggal datang ke toko bangunan untuk membeli besi sesuai dengan kebutuhan :-)

Ini jika yang kita hitung adalah besi bulat dan apabila menggunakan struktur baja dengan aneka bentuk maka bisa menuju ka artikel download tabel baja untuk perhitungan struktur dalam format microsoft excel yang tersedia dalam berbagai macam ukuran baja sesuai ukuran pabrik yang dijual dipasaran.

ilmu sipil
  1. tabel baja H steel
  2. Kuda-Kuda Baja Ringan
  3. Cara menghitung berat Kg profil Baja
  4. Download Tabel baja untuk perhitungan struktur
  5. Cara menghemat besi di proyek konstruksi
  6. Sejarah Baja dan Baja Ringan
  7. Attic Dan Rangka Atap Baja Ringan
  8. Perhitungan balok komposit
  9. Berat jenis BJ besi = 7850 kg/m3
  10. Membeli Baja Ringan
  11. Cara Mengitung jumlah besi balok beton bertulang
  12. Keuntungan kerugian memakai besi tulangan konvensional dan wiremesh
  13. Cara menghitung konversi besi tulangan ke Wire Mesh
  14. Contoh perhitungan struktur kolom baja
  15. Menghitung berat besi tanpa tabel
  16. Contoh hitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton
  17. berat baja per m3
  18. atap rumah tropis
  19. Cara menghitung konversi besi tulangan

69 Komentar

  • Ridwan says:

    sapa bisa bantu saya untuk Pekerjaan Penyusunan Strategi Pengembangan Pemukiman dan Infrastruktur Perkotaan.

  • ang says:

    kalo menghafal segitu banyaknya bisa lupa mas.
    asal rumusnya = 1/4 x pi x BJ x d2 x p

    didapatkan koefisien 0.006165 kg/mm2/m’ x d2 x p
    contoh :
    berat per 1 m’ = 0.006165 x (8×8) mm = 0.395 kg/m’
    berat per btg = 0.006165 x (8×8) mm x 12 m = 4.74 kg

    jadi, cukup mengingat koefisien 0.006165

    • ahadi says:

      @ang, wah itu yang ditunggu – tunggu pak, terimakasih atas rumus perhitungan besi tersebut, sedikit menambahkan : 0.006165 x d2 x p , d2 = diameter besi yang mau dihitung di kuadratkan/ pangkat dua, p = panjang besi yang mau di hitung berapa beratnya, :-)

    • sigit says:

      @ang, itu untuk besi polos,, trus bagaimana dengan ulir.?? :D

    • rustam says:

      Terimakasih sekali atas bantuannya,,semoga ilmu saya bertambah trus

  • kf48 says:

    mantabbb..saya dapet ilmu yg aplikatif di sini

  • Rumus hitungan berat besi | Surveyor Batam says:

    […] besi ada di http://www.ilmusipil.com/tabel-berat-besi/ 1.043540 […]

  • aang says:

    Thanks atas ilmunya
    sangat membantu ni

  • roytoa says:

    @ang:nah aq bingung pke 0.006165 atw 0.006162…..ada dua versi tuh……mana yg benar ya,,,,cb anda cek di berat jenis besi mreka pakai 0.006162…..kalo saya sih biasax 0.006165
    tolong donk yg mna yg bener?

    • Nurman says:

      1/4*pi*BJ*d2*p
      dimana BJ besi = 7850 kg/m3
      misalkan untuk besi diameter 8 mm dengan panjang 12 m. Kalau kita menggunakan ms excel pergunakan rumus ini : 1/4*pi()*7850*(8/1000)^2*12 = 4,73501 kg.
      Kalau mau menggunakan sistem koefisien berarti 1/4*pi()*7850/1000000 = 0,0061653756 maka 0,0061653756*8^2*12 = 4,73501 kg.
      Catatan :
      Untuk 8/1000 karena ukuran besi 8 mm dijadikan dalam meter, jadi 8/1000 atau 0,008 m.

  • Haris says:

    Terima kasih banyak atas infonya.

  • suhaemi fattah says:

    Salam, ini kebetulan ada rencana kami membuat pabrik Beton Pracetak sheet pile Tiang pancang dll mohon ada info yang lengkap atau mau kerja sama, terutam pemasok besinya tq

  • poenggoeng P says:

    barang kali bapak bapak yang pumya daftar tabel berat besi baja saya mohon di e-mailkan kepada sata

  • yono says:

    bos utk profil CNP nya gimana blom ada niiiih

  • rahmat says:

    @aang….makasih banget nih kang..
    saya lagi menghitung tulangan abudment..

    kebetulan pas banget nemu ilmu anda….

    thank u ya

  • ahmad says:

    mas kalo berat jenis pasir besi berapa?

  • ade says:

    pa..kalo rumus sambungan besi gimana yah

  • ahadi says:

    panjang sambungan besi dihitung dengan rumus 40 kali diameter besi yang digunakan

  • ade says:

    @ahdi.,trims infonya, kalo yang 1/8h itu rumus apa yah ?

  • ade says:

    @ahadi.,trims infonya, untuk yang 1/9h itu rumus apa…/

  • iva says:

    gmana ngitung berat besi menggunakan sigma ?

  • Dwi says:

    Mohon bantuannya (bung Admin ato siapa saja):
    Lantai untuk jemuran tepat di atas kamar 4×5 m (rencana panjangnya akan diubah jd kamar tidur).
    Berapa kebutuhan materialnya (besi kolom,pasir,semen,krakal…dsb), misal pasir brp kubik,semen brp sak dsb..
    Jika sudah ketemu akan sy hitung nilai rupiah material, shg bisa ketemu budget/anggaran yg harus disediakan khusus utk material (non upah).
    Atas bantuannya…Terima kasih.

  • […] sebelumya download Tabel berat Besi… berikutnya dalam berbagai pekerjaan konstruksi membutuhkan data profil baja untuk dapat […]

  • gagah nugraha says:

    siiiip ilmu yang bermanfaat…thx

  • gubraaksip says:

    seharusnya seorang engineer udah tau hal begituan, jadi gak harus di publikasikan lagi, apalagi sampe ada yg ucapin trima kasih sgala lagi lebayy ahh..

    • taufik says:

      ilmu itu berkembang bung… dengan kita saling sharing ..berarti kita menambah wawasan kita. and belum tentu apa yang kita tau sudah cukup baik..

  • Gatot Ujianto says:

    berbagi tabel ilmu sangat membantu meningkatkan SDM kita.,.

  • tri says:

    Mohon maaf, mengganggu,
    Kami bisa minta tolong, apakah bapak punya tabel untuk besi Wiremesh lengkap?
    Kalu punya apakah saya bisa minta diemailkan.
    Terima kasih, matur nuwun.

    Wasalam

  • dhenis says:

    maaf,mau tanya sofwer besi beton yg praktis ada gk????

  • umsi says:

    Infonya bermanfaat bgt…jgn bosen2 yah

  • hidayattullah says:

    Softwarenya bikin sndri aja bung, kan rumusnya sdah ada sperti yg sdah d smpaikan.

  • maryadi says:

    Tapi kalau para tukang besi di lapangan enak pakai tabel, disimpan dlm dompet sewaktu waktu tinggal baca, tak usah hitung

  • Rinaldi says:

    Jadi rumus menghitung berat besi tanpa tabel ada 2 cara (yang sebenarnya sama)
    1. 0.006165 x d2 x p
    misal : Menghitung 1m’ besi diameter 8mm
    = 0.006165 x 8 x 8 x 1 = 0.395
    atau cara ke 2
    2. 1/4 phi d2 x bj besi x p
    misal : Menghitung 1m’ besi diameter 8mm
    = 0.25 x 22/7 x 0.008 x 0.008 x 7850 x 1 = 0.395
    ketr. bj besi = 7850 kg/m3
    8mm = 0.008 m

  • ang says:

    kl p x l x t x 0.785/ 100000= n kg
    itu rumus berat ap y ? sapa yang tau

    • agus says:

      ang
      berat baja bos,cm satuannya tergantung yang dipakai.klo diliat rumusnya p=cm, l=cm, t=mm. jadi hasilnya satuannya kg.

  • bangkit says:

    assalamualaikum,,,,,
    mohon maaf sbelumnya,,,
    kami mnta tolong,,,apakah saudara memiliki tabel kekuatan besi lengkap???
    kalu ada,,,mohon di emailkan,,,,
    saya memerlukannya saat ini,,,,
    dan saya juga salah satu alumni stm pembangunan semarang jurusan konstruksi bangunan,,,angkatan 2009,,,,
    terima kasih sebelumnya,,,,,,
    wassalamualaikum,,,,,,,

    • didik says:

      tabel besi apa tabel kekuatan besi? klo tabel besi coba cari di pabrikannya via mbah google, ada banyak merek (misal, baja marga karisma utama, master stell / MS, dll )berat perpabrikan beda2 dikit…

  • Jhoy says:

    selamat siangmohon inoasmfrinya jika kami menginginkan ikatan kerja sama dengan perusahaan bapak, kami bergerak di bidang perumahan untuk tingkat ekonomi menengah kebawah, dimana untuk saya pribadi diberi kepercayaan untuk pengadaan materialnya. jika memang ada suatu kemudahan untuk kami menjadi mitra anda, shg mempermudah kami untuk meng update harga sewaktu-waktu. kami bergerak untuk diy dan jawatengah. tks

  • herimulyono says:

    wah..ribet ya.sebenernya gampang aja.

    contoh. besi dia 10
    berapa beratnya’ = 0.074x10x10/12 =0.617
    besi dia 12=0.074x12x12/12 =0.888

    dan seterusnya…thank

  • Damar says:

    Bos mau tanya,kalo besi kolom panjang 4m diameter 8 sudah jadi 1 rangkaian beratnya berapa kg ya,makasih sblmnya..

  • Toko Besi Bali says:

    Ada yang tau nggak agent besi termurah di Indonesia?

    Toko Besi Bali

  • awenu says:

    bagimana cara menghitung volume beton bertulang

  • ali hasan gayo says:

    terimakasih atas kemurahan hati teman2 tuk ber bagi ilmu disini

  • MAWARDI says:

    ini ada permasalahan yang saya hadapi di lapangan
    apa konversi yang dipakai untuk mengganti besi Ulir menjadi Besi Polos …?
    atau langkah apa yang harus saya ambil untuk menggantikan besi seharusnya Ulir 16 di rubah menjadi Besi olos 16
    bagaimana cara menghitung konversi besi ulir ke besi polos

  • aquiles pacheco gonjaga says:

    terima kasih kaka atas ilmu selengkap ini

  • prabu calax says:

    cara menghitung bera suatu benda kita harus tahu volume dan BDnya(berat jenis)
    saya beri contoh: besi diameter 10mm, panjang 1200mm(12 meter)
    kita hitung dulu volumenya : rumus volume lingkaran—– 22/7 x jari-jari x jari-jari x panjang
    jari-jari adalah setengahnya diameter. * 22/7 x 5 x 5 x 1200 mm = 9428.5714mm kubik(94.2857cm kubik)
    adapun berat jenis besi adalah 7.2 —–> jadi berat besi tsb : 94.2857 x 7.2 = 67885.7140
    67885,7140 dibagi 10000 untuk satuan KG Jadi bertnya 6.7885 KG. semoga bisa membantu

  • david pardede says:

    Mau tanya, berapakah berat (kg) PASIR Besi dlm 1 m3?

  • desain rumah sederhana says:

    Makasih banget informasi mengenai berat besi. Niche post!
    http://www.desainrumahsederhana.com

  • mbah ikrom says:

    gan blh gabungn y….. lg bngung ni cr tabel “BERAT TIANG PANCANG PIPA BAJA 120CM PANJANG 24M TEBAL 12MM” bs d bntu gan…..!!!!!

  • Didoblues2 says:

    Trimakasih info nya gan…
    Sangat bermanpaat.

  • SHCOOL OF ENGINEERING AND SCIENCE.

  • bgmna kbr bpa konsultan ??

  • I'o Norack Petualang says:

    kabar baik mas brow…!!!! gmn kabar makassar dan sekitarnya…??

  • Ricky says:

    Ada yang tauh Perhitungan konversi
    1. Besi ulir ke polos..
    2. Besi wiremesh ke besi polos
    Terimakasih…

  • marsono says:

    pak bagaimana menghitung besi lingkaran strous pile contoh saya mau buat strous pile D 300 panjang 4m berapa batang yang saya butuhkan dengan besi D 8. jarak 0.15 m mohon penjelasan dan rumusnya pak terimakasih

  • sobihin says:

    pak saya mau cor jembatan panjang 10 meter lebar 1 meter dilalui pejalan kaki saja
    berapa batang kebutuhan besi saya dan ukuran besi tersebut

  • gracelia says:

    saya mau bertanya bagiamana cara memperhitungkan kekuatan struktur kanopi membran terhadap gaya tarik membran itu sendiri dan bagaimana perhitungan struktur yang ideal agar dapat menopang kanopi membran berdasarkan luasan membran tersebut.

    dan saya mohon disharekan apabila ada metode pemasangan membran kanopi jika ada.

    treimakasih sebelumnya.

  • imam m says:

    pak saya mau membuat plat dak bentangan 12 meter tanpa tiang dan rencana balok gantung 20x60cm dan besi tulangannya.16mm ulir berisi 10 lonjor…begel 8 mm polos jarak 10 cm……dan ditengah ada kuba bentangan 4 meter tinggi 4m apakah menui syarat pak?

  • sendox says:

    joss gandos..kotos2..mantap..lanjut terus gan..sharing terus ilmunya biar sy jg ketularan pinter..suwun sedoyo nipun..

  • parulian says:

    Kalau boleh mohon bantuannya untuk menghitung BQ proyek bangunan gedung yang komposisi lokasinya pada tanah gambut khusunya di Prov. Riau. Soalnya banyak proyek-proyek gedung yang mutu dan kwalitasnya kurang memadai. trims

  • teme says:

    tolong gimana saya bisa menentukan kentungan dalam mengajukan suatu penawaran tender proyek konstruksi bangunan

  • Ramses Ramli says:

    1. ada ga perbedaan berat spesifik antara ulir dan polos?
    2. bagaimana mengkoversi kg/m3 ke kg/cm3.

    terima kasih

Komentari

*
*

Current ye@r *